Pastikan Kamu Tak Gunakan Produk Ilegal, Berikut Cara Cek IMEI Smartphone Resmi atau Tidak

in , , , , ,
Cara cek imei legal atau tidak by teknodaim

Cara Cek IMEI Smartphone – Nomor IMEI adalah nomor identitas unik yang dibuat dari Global System for Mobile Communications Association (GSMA) dan tersedia pada masing-masing slot kartu. Bagaimana cara mengetahui IMEI smartphone?

Jika sebuah ponsel atau smarthone memiliki dua slot SIM Card atau menyediakan ruang untuk memasukan dua kartu, maka akan ada dua masing-masing untuk IMEI dari smartphone itu. Kini situs cek IMEI resmi atau tidak kembali tersedia.

Internasional Mobile Equipment Identity Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sudah kembali tersedia. Selain itu, bagaimana untuk mengetahui nomor IMEI ponsel atau semartphone kita sebelum cek status di situs Kemenperin?

Cara Cek Nomor IMEI pada Smartphone

Semua nomor IMEI seharusnya sudah didaftarkan ke Kemenperin sebelum produk itu dijual ke pasaran tanah air kita ini, termasuk smartphone berbasis Android. Resmi atau tidaknya sebuah IMEI saat ini sangat berpengaruh.

Saat ini Kemenperin tengah berupaya untuk mengumpulkan semua data IMEI di Indonesia untuk ditindak lanjuti legal atau tidaknya. Berikut 3 metode cek IMEI:

1. Lihat di Fitur Tentang | Pengaturan

Cara cek imei legal atau tidak by teknodaim
Cek IMEI Android

Metode pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengecek nomor IMEI adalah melalui fitur Pengaturan atau Setting pada smartphone seperti Android. Masuk ke menu setting atau pengaturan, pilih About Phone dan nomor IMEI akan tampak.


Baca Juga:


2. Via *#06#

Cara cek imei legal atau tidak by teknodaim
Cek IMEI Android

Cara berikutnya untuk mengetahui nomor IMEI adalah dengan melakukan panggilan terhadap Code Dial *#06# pada smartphone. Ketik kombinasi angka tersebut kemudian tekan tombol panggil, nomor IMEI akan terlihat setelahnya.

3. Temukan Pada Kemasan

Cara cek imei legal atau tidak by teknodaim 1
Cek IMEI Android

Cara terakhir yang dapat kamu tempuh untuk mengetahui nomor IMEI adalah dengan melihat informasi yang tertera pada bungkus atau kardus. Biasanya nomor IMEI dan informasi lainnya tercamtum pada kotak kemasan produk.


Jika sudah mengetahui nomor IMEI pada ponsel yang kamu gunakan, sekarang kamu bisa langsung mengunjungi situs Kemenperin untuk mengetahui apakah nomor tersebut terdaftar atau belum. Masukan nomor pada kolom situs itu.

Saat ini berbagai kementerian diantaranya Kementrian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kominfo tengah berupaya keras untuk menerapkan aturan IMEI yang tepat di Indonesia.

Regulasi tersebut akan diberlakukan untuk mengurangi angka ponsel black market (BM) di Indonesia. Semoga kalian jadi lebih paham, semoga bermanfaat.


Sumber: Dafunda Tekno

5/5 (1 Review)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *