Microsoft Hentikan Dukungan Aplikasi dan Game Android di Windows 11

Neli Rahmawati

Neli Rahmawati

Microsoft akan menghentikan dukungan untuk pengguna Windows 11 yang menjalankan aplikasi dan game Android melalui WSA dan Amazon Appstore.

Pengguna Windows 11 memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi dan game Android melalui Windows Subsystem for Android (WSA) dan Amazon Appstore.

Namun, Microsoft akan menghentikan dukungan untuk kedua sistem tersebut pada tahun depan.

Pada tanggal 5 Maret 2025, Microsoft akan menghentikan WSA. Ini berarti bahwa setelah tanggal tersebut, pengguna Windows 11 tidak akan dapat menggunakan aplikasi dan game Android di komputer mereka.

Microsoft menyatakan bahwa mereka tidak akan lagi memberikan dukungan untuk Windows Subsystem for Android (WSA). Hal ini mereka ungkapkan dalam dokumen terbaru mereka mengenai dukungan, seperti laporan oleh The Verge pada hari Jumat, tanggal 7 Maret 2024.

Baca Juga: Cara Download File Scribd Gratis Tanpa Perlu Login Lewat ‘AutoGenerateLink’ Mudah Banget!

Mulai Tahun Depan Aplikasi Android Tak Didukung oleh Microsoft

Microsoft Hentikan Dukungan Aplikasi dan Game Android di Windows 11

Mulai tanggal 5 Maret 2025, Amazon Appstore di Windows dan semua aplikasi serta game yang bergantung pada WSA tidak akan mendapat dukungan lagi.

BACA JUGA:  5 Game Android Terhits Masa Kini yang Wajib Juga Kamu Coba

Pengguna Windows 11 masih boleh menggunakan aplikasi Android yang telah mereka unduh melalui Amazon Appstore sampai tanggal 5 Maret 2025. Pengembang juga masih dapat mengeluarkan pembaruan untuk aplikasi yang sudah ada di Amazon Appstore hingga batas waktu tertentu.

Mulai tanggal 6 Maret 2024, pengguna Windows 11 tidak akan dapat lagi mencari dan mengunduh Amazon Appstore atau aplikasi terkait lainnya melalui Microsoft Store. Selain itu, developer juga tidak akan dapat mendaftarkan aplikasi baru ke Amazon Appstore setelah tanggal 5 Maret 2024.

Baca Juga: Windows 12 Kabarnya Dalam Pengembangan! Fiturnya Apa Saja?

Alasan Penghentian Aplikasi oleh Microsoft

Dalam wawancara dengan Engadget, seorang perwakilan Microsoft mengungkapkan bahwa mereka memutuskan untuk mencabut dukungan untuk WSA. Alasannya karena penyesuaian dengan kebutuhan pelanggan yang terus berkembang. Ini mengejutkan semua orang. Mengingat dukungan untuk aplikasi Android adalah salah satu fitur menonjol dari Windows 11 ketika rilis tiga tahun yang lalu.

BACA JUGA:  3 Cara Download Video di Pinterest Melalui Smartphone Android

Sepertinya Microsoft merespons dukungan aplikasi iOS di perangkat Mac yang menggunakan chip Apple Silicon dengan menyediakan dukungan aplikasi Android di Windows 11.

Namun, mereka memilih untuk bekerjasama dengan Amazon daripada Google, sehingga pilihan aplikasi Android tidak sebanyak yang ada di Google Play Store.

Meskipun dukungan untuk WSA telah dicabut, pengguna tetap dapat menjalankan aplikasi Android di Windows 11. Dengan menggunakan beberapa alternatif lain seperti Waydroid dan BlueStacks.

Baca Juga: Apple Rilis 3 Aplikasi Baru Pengganti iTunes di Windows

Aplikasi AndroidGame AndroidWindows 11

Related Posts