2 Cara Mudah Mematikan Auto Update di Windows 10

in , , , , ,
Cara mematikan auto update windows 10 by teknodaim

Berbeda dengan produk OS Microsoft yang sebelum-sebelumnya, Windows 10 membawa fitur yang lebih lengkap dan salah satunya Auto Update. Mungkin kamu merasa terganggu dengan fitur tersebut, gimana sih mematikan Auto Update itu?

Update sendiri merupakan fitur yang disediakan untuk memperbarui versi komponen-komponen atau software yang digunakan oleh sistem operasi. Sayangnya fitur pembaruan akan disetel otomatis saat Windows 10 masih di versi Default.

2 Cara Menghentingkan Update Otomatis di Windows 10

Pembaruan yang terjadi secara otomatis mungkin bakal menghambat beberapa kegiatan atau aktivitas penggunanya. Misalnya seseorang yang mau daftar sesuatu dengan cepat, tapi malah diperhambat oleh adanya pembaruan secara otomatis.

Update Windows akan tersedia bila komputer atau laptop yang kita gunakan sedang terhubung dengan jaringan internet. Memang sih Update diperlukan, tapi lebih cocok mungkin ya kalau Update Windows dilakukan secara manual oleh penggunanya.

Dan berikut ada dua metode yang bisa dilakukan untuk mematikan Auto Update di Windows 10. Gimana langkah-langkahnya? Silahkan simak baik-baik berikut ini:

1. Lewat Service

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menghentikan otomatis pembaruan menggunakan pengaturan Service. Disini, coba matikan koneksi internet terlebih dulu.

  • Buka Start, ketik Services dan klik menu tersebut.
Cara mematikan auto update windows 10 by teknodaim
  • Kemudian cari Windows Update pada opsi yang muncul.
  • Jika ketemu, klik dua kali dan ubah Startup Type menjadi Disable lalu klik OK.
Cara mematikan auto update windows 10 by teknodaim
Cara mematikan auto update windows 10 by teknodaim
  • Selesai.

Baca Juga:


2. Lewat Pengaturan Regedit

Metode berikutnya agak sedikit rumit, namun boleh dicoba kalau metode yang pertama mengalami error atau tidak mau bekerja. Buka Start terlebih dahulu:

  • Buka Start, ketik Regedit, dan tekan Enter.
  • Lalu buka HKEY_LOCAL_MACHINE, klik SYSTEM, klik CurrentControlSet dan pilih Service.
  • Selanjutnya, Scrool ke bawah dan cari dan klik wuauserv (Windows Auto Update Service).
  • Disini, kamu pilih opsi nomor 2, yaitu DependOnService.
  • Ubah rpcss menjadi rpcssX kemudian silahkan tekan OK.
  • Setelah itu klik ImagePath dan ubah isi file dari %systemroot%\system32\svchost.exe -k netsvcs menjadi %systemroot%\system32\svchostX.exe -k netsvcs. Jika sudah, klik OK.
  • Selesai.

Sebagai tambahan, agar penghentian benar-benar efektif, silahkan Restart atau Booting Ulang perangkat komputer yang kamu gunakan. Mungkin, masalah update otomatis dikira menganggu karena cenderung dianggap menyedot data kuota saja.

Itulah tips atau tutorial yang bisa Teknodaim bagikan kali ini, untuk kalian yang mau tau banyak seputar pembahasan teknologi dari kita dalam bentuk konten video, Subscribe Teknodaim di Youtube ya. Kalau Tutorial ini bermanfaat, bagikan ke yang lain ya.

Jangan lewatkan •
Kenalan Sama Smartphone Terbaru dari Microsoft