Jaringan Ethernet: Yuk Kepoin Pengertian, Sejarah, dan Fungsinya!

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Ada berbagai jenis jaringan, salah satunya ethernet. Penting bagi Anda untuk memahami apa itu ethernet, yang merupakan generasi penerus kabel LAN.

Ethernet cable socket - lifewire.com

Ethernet cable socket – lifewire.com

Jaringan Ethernet: Yuk Kepoin Pengertian, Sejarah, dan Fungsinya!
Ilustrasi Jaringan Ethernet (motech360)

Pada era modern seperti sekarang, teknologi jaringan ethernet sudah menjadi hal yang umum bagi masyarakat. Perkembangannya terus berlanjut, mulai dari yang sederhana hingga yang sangat kompleks. Selain itu, ethernet sangat berguna dan berbagai kalangan menggunakannya, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Apa Arti dari Ethernet?

Jika Anda mempelajari tentang jaringan komputer, pasti sudah familiar dengan istilah ethernet. Ethernet adalah salah satu jenis jaringan yang masuk  dalam kategori Local Area Network (LAN) atau jaringan area lokal.

Sistem komunikasi menggunakan ethernet akan mengemas data ke dalam frame. Setiap frame memiliki alamat tujuan dan sumber data. Selain itu, frame juga memiliki mekanisme pengecekan data untuk mendeteksi kerusakan dan error agar dapat kita perbaiki.

Dalam computer networking, ethernetmerupakan salah satu jenis Lokal Area Network (LAN), setiap komputer memiliki kesempatan untuk bersaing dalam mengakses jaringan. Meskipun demikian, jaringan ethernet saat ini menjadi jenis LAN yang paling banyak orang-orang gunakan.

BACA JUGA:  Begini Cara Mengembalikan Akun Twitter yang kena Suspend

Baca Juga:

Hal ini karena kelebihan jaringan ethernet yang mudah kita instal dan biayanya yang mudah kita jangkau. Apakah Anda sudah mengerti apa itu ethernet?

Sejarah Ethernet

Setelah Anda memahami konsep ethernet, penting juga untuk mengetahui sejarahnya. Ethernet adalah jaringan LAN yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980. Kemudian, pada tahun 1985, ethernet diresmikan dan diakui sebagai standar IEEE 802.3.

Pada saat yang sama, teknologi ethernet berhasil mengambil alih dominasi pasar dari jenis kabel LAN lainnya yang bersaing di sektor yang sama.

Bagaimana sejarah terciptanya ethernet? Awalnya, para pengembang Wide Area Network (WAN) mengembangkan ethernet di University of Hawaii.

Pada akhir tahun 1960, ada pengembangan proyek yang bernama ALOHA untuk menghubungkan komputer di satu universitas ke dalam satu jaringan kampus. Adanya proyek ini karena kampus tersebut memiliki luas geografis yang cukup besar.

Pertanyaannya adalah kapan ethernet pertama kali diluncurkan? Menurut catatan sejarah, Xerox adalah perusahaan yang pertama kali mengeluarkan ethernet pada tahun 1975. Pada saat itu, ethernet menggunakan 100 komputer yang bisa connect dan memiliki kecepatan networking hingga 2,94 megabit per detik.

BACA JUGA:  UU AI di Uni Eropa, Era Baru dalam Regulasi Teknologi A

Pada saat itu, panjang kabel yang mereka gunakan untuk membuat jaringan bisa mencapai satu kilometer. Kemudian, pada tahun 1983, ethernet disetujui dan memenuhi standar protokol jaringan lokal yang digunakan secara luas dalam industri.

Sesuai dengan standarnya, ethernet memiliki komponen berupa kabel-kabel dan sinyal-sinyal dari lapisan OSI. Sejak awal rilis jaringan ethernet, kualitasnya telah konsisten dan stabil dalam menjaga kesesuaian antar perangkat yang baik.

Penggunaan Ethernet

Memahami ethernet memang sangat penting, namun akan lebih baik jika Anda memiliki pemahaman yang mendalam tentang fungsinya. Tentu saja, Anda akan membutuhkan kontroler ethernet atau kartu ethernet sebagai dasar untuk membangun jaringan LAN.

Ethernet controller adalah sebuah perangkat yang berguna untuk mengirim dan menerima file dan data melalui jaringan komputer.

Komputer yang connect dalam satu jaringan dan dapat berkomunikasi dengan bantuan akses fisik ke media jaringan. Sistem yang digunakan untuk ethernet juga melibatkan penggunaan alamat tingkat rendah.

BACA JUGA:  Hati-Hati, Ada Aplikasi yang Tidak Aman di Google Play Store!

Alamat MAC yang digunakan juga memiliki panjang 48 bit yang unik dan tersimpan dalam ROM kartu ethernet. Oleh karena itu, setiap komputer dalam suatu jaringan tentu memiliki kartu alamat MAC yang unik.

Penutup

Setelah mengetahui definisi ethernet, Anda pasti menyadari betapa cepatnya perkembangan teknologi. Seiring berjalannya waktu, muncul berbagai jenis jaringan ethernet baru dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Anda bisa menggunakan Ethernet jika ingin network yang cepat, aman, dan handal. Selain itu, biaya pemasangannya juga mudah kita jangkau jika kita bandingkan dengan jaringan nirkabel. Apalagi lagi, jika Anda ingin menghubungkan banyak komputer dalam satu network, menggunakan ethernet akan lebih mudah.

Baca Juga:

EthernetInternetJaringanJaringan Komputer

Related Posts