Teknodaim.com

Cara Mengetahui Gambar Palsu di Google Images

Gambar Editan Cristiano Ronaldo
Gambar Editan Cristiano Ronaldo

Semakin berkembangnya jaman, banyak sekali software yang menyediakan layanan untuk dapat mengedit gambar, seperti Adobe Photoshop. Dengan software tersebut, banyak orang nakal yang mengedit gambar palsu untuk disebarkan yang akhirnya akan menjadi hoax. Oleh karena itulah di artikel ini Teknodaim akan memberitahu kalian cara untuk mengetahui gambar editan dengan Google Images.

Sebenarnya masih banyak cara lain, dengan situs web online pendeteksi foto, banyak software editing dan lain-lain. Namun, untuk mengetahui hal ini dengan cara tersebut sedikit ribet, makanya lebih baik kita menggunakan layanan Google Images yang lebih simpel dan mudah.

Cara Mengetahui Gambar Palsu

Tapi sebelum mengikuti cara dibawah ini, Teknodaim ingin mengatakan bahwa layanan yang diberikan Google ini belum tentu 100% benar. Jadi kalian sebaiknya menggunakannya dengan hati-hati dan jangan langsung mempercayai apa yang ada di platform Google.

JANGAN LEWATKAN •
Begini Cara untuk Cek Keaslian Foto dengan Benar

Oh iya, sebelum mengikuti cara ini pastikan kalian memiliki alat dan bahan-bahannya ya. Untuk hal ini sendiri dapat kalian scroll kebawah dan nantinya akan terdapat list apa saja yang diperlukan

Durasi 5 menit

Buka Google Images

Petunjuk Foto Cara Mengetahui Gambar Palsu 1

Untuk langkah pertama bukalah terlebih dahulu situs Google Images di peramban web kalian, maupun itu Chrome, Firefox dan lain-lain

Tempel URL gambar/Upload gambar

Petunjuk Foto Cara Mengetahui Gambar Palsu 2

Setelah masuk kedalam situs Google Images, kliklah logo kamera yang berada di tengah. Jika sudah nantinya akan muncul menu Tempel URL gambar atau Upload gambar, disini terserah kalian memilih apa namun Teknodaim akan memilih Upload gambar.

Masukkan Target Gambar

Petunjuk Foto Cara Mengetahui Gambar Palsu 3

Jika kalian sudah memilih “Upload Gambar”, masukkan lah target gambar yang kalian inginkan.

Tunggu Upload Selesai

Petunjuk Foto Cara Mengetahui Gambar Palsu 4

Setelah memasukkan target gambar, nantinya kalian harus menunggu sedikit waktu untuk Google selesai mengupload filenya.

JANGAN LEWATKAN •
Google Akan Perketat Peraturan Pajak Aplikasi Play Store

Contoh Gambar Palsu

Petunjuk Foto Cara Mengetahui Gambar Palsu 5

Nah, jika kalian sudah melakukan semua cara diatas, biasanya jika terdeteksi sebagai gambar palsu, nantinya juga akan muncul gambar editan lainnya seperti foto Cristiano Ronaldo ini.

Jika hasilnya “Not Found” ketika kalian mengupload gambar, hal ini juga bisa dikaitkan dengan terdeteksi sebagai gambar palsu.

Tools:

  • Komputer
  • Laptop
  • Smartphone
  • Tablet dan Lain-Lain

Materials: Jaringan Internet, Peramban Web, Target Gambar


Makin update dengan berita Teknologi! Yuk subscribe ke channel Teknodaim DISINI dan Instagram Teknodaim DI SINI! Bakal ada banyak hal menarik yang bakal Dibahas dan ada banyak kejutan Menarik menanti kalian 😀


 

Nah, jadi bagaimana menurut kalian artikel ini? Jika membantu jangan lupa untuk katakan lewat kolom komentar ya!. Tapi sebelum itu, Teknodaim ingatkan sekali lagi, jangan langsung mempercayai hal yang beginian ya, pastikan dulu apakah ini benar atau tidak dengan cara melakukan riset dan lain-lain.


JANGAN LEWATKAN •
Apple dan Google Kolaborasi Bikin Pelacak Covid-19, Ampuh!

Review Black Shark 3, Smartphone Gaming Terbaik saat ini?


NB: Subscribe channel Teknodaim agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Add comment