Teknodaim

Cara Menentukan Arah Kiblat dengan Kompas di HP atau Smartphone Tanpa Aplikasi

Cara Menentukan Kiblat Dengan Kompas Di Hp Atau Smartphone
Cara Menentukan Kiblat Dengan Kompas Di Hp Atau Smartphone

Kiblat adalah arah yang dituju oleh umat islam dalam beribadah, terutama sekali salat. Penentuan arah kiblat itu haruslah menuju kepada bangunan suci Ka’bah berlokasi di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi.

Nah menariknya kini kiblat sudah bisa ditentukan dengan HP atau smartphone. Hal tersebut tentu sangat membantu kita saat melakukan perjalanan ke daerah yang baru didatangi, outdoor atau tempat lainnya.

Kompas serta layanan untuk mendeteksi lokasi adalah fitur yang cukup sering digunakan di HP atau smartphone dalam menentukan kiblat yang akurat. Selain itu sekarang juga sudah banyak sekali aplikasi arah kiblat yang bisa kita dapatkan secara gratis di App Store untuk (iOS) dan Play Store untuk Android.

Cara Menentukan Kiblat dengan Kompas di HP atau Smartphone Tanpa Aplikasi

Namun bagi yang belum tahu cara menentukan kiblat dengan kompas di HP. Yuk lihat tutorialnya yang Teknodaim bagikan di bawah ini.

Total Time: 3 menit

Buka browser Google Chrome

Jika sudah, kunjungi halaman ini https://qiblafinder.withgoogle.com/. Pada halaman utama, Qibla Finder, kamu harus menentukan bahasa yang ingin digunakan. lalu tekan tombol Let’s go.
Cara Menentukan Arah Kiblat Dengan Kompas (1)

Berikan akses kamera dan lokasi

Nanti aplikasi akan meminta akses kamera dan lokasi supaya bisa mendapatkan titik arah yang lebih akurat. Jika kamu bersedia, tap pada tombol Go it. Setelah itu kamu bakal diminta untuk mengalibrasi kompas di HP. Setelah menekan tombol Calibrate Compass, goyangkan HP berbentuk angka 8 sebanyak tiga kali.
Cara Menentukan Arah Kiblat Dengan Kompas (2)

Calibrate Compass selesai

Jika sudah selesai, tinggal tap pada tombol Done
Cara Menentukan Arah Kiblat Dengan Kompas (3)

Menentukan kiblat dengan kompas

Sekarang mengakses kamera belakang dan layar bakal menampilkan arah kiblat secara Augmented Reality. Nah di sini kamu tinggal mengikuti jalur yang sudah dibuat dan hadapkan HP kamu ke titik arah kiblat yang sudah ditunjukkan aplikasi.
Mencari Arah Kiblat Di Kompas

JANGAN LEWATKAN •
Bagaimana Nasib Pengguna HP Black Market di Indonesia Setelah Diblokir?

Arahkan lingkaran putih yang terlihat di layar ke titik arah kiblat. Lalu tunggu beberapa saat sampai muncul halaman yang menunjukkan jarak lokasi saat ini kamu dengan lokasi Ka’bah.

Pada halaman tersebut, kamu juga bisa membagikan titik arah kiblat di Qibla Finder ke media sosial seperti Facebook, Twitter, WhatsApp dan sosmed lainnya.

Qibla Finder ini adalah platform berbasis web yang bisa kamu gunakan langsung dari browser tanpa harus download dan installnya di smartphone. Cara ini cocok banget bagi kamu yang tidak ingin ribet dalam menentukan arah kiblat dengan kompas.

Bagaiman pendapatmu dengan tutorial di atas?

Itulah cara menentukan kiblat dengan kompas di HP atau smartphone tanpa aplikasi dengan mudah dan cepat. Cara ini sangat membantu kamu yang sedang pergi jauh ke negeri orang, tapi tidak tahu mau tanya ke siapa arah kiblat. Jadi tinggal buka HP atau smartphone lalu ikuti tutorial di atas. Jika kamu ada cara lain yang lebih praktis, yuk langsung saja dibagikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Add comment