TutorialOut of Tech

2 Cara Menambahkan Lokasi Baru di Google Maps

Mungkin beberapa dari kamu belum tahu mengenai cara menambahkan lokasi baru di Google Maps untuk beberapa lokasi yang belum terdaftar. Beberapa dari kamu mungkin hanya menggunakan aplikasi ini untuk mencari tempat atau untuk share lokasi ke teman.

Namun gimana bila lokasi yang ingin kamu lihat ternyata belum ada di Google Maps? Misalnya lokasi tempat kamu tinggal belum masuk ke Google Maps, kamu bisa loh mendaftarkannya dengan mengikuti beberapa tutorial berikut.

Tutorial Cara Menambahkan Lokasi Baru di Google Maps Pada Smartphone

Sebelum masuk ke tutorialnya, yuk kita bahas dulu sebenarnya apa sih itu Google Maps dan apa sih kegunaannya? Google Maps sendiri merupakan sebuah layanan yang menyediakan peta online berupa web dengan teknologi terkenal bernama GPS. Yang dikembangkan oleh perusahaan internet raksasa yakni Google.

Dengan Google Maps ini, penggunanya bisa melihat lokasi tempat yang ingin mereka ketahui dan mereka juga bisa melihat beberapa foto yang ada di tempat tersebut. Bahkan lokasi yang ada dalam Google Maps juga sudah mencangkup hampir seluruh penjuru dunia. Karena tidak sepenuhnya, Google pun menyediakan fitur untuk membuat lokasi di Google Maps, penasaran gimana caranya? Kamu bisa simak tutorialnya sebagai berikut.

Untuk yang ingin mengikuti tutorial berikut, Teknodaim sarankan untuk terlebih dulu menyiapkan kuota. Sebab untuk mengakses Google Maps sendiri kamu tentunya tetap memerlukan sebuah koneksi Internet.

  1. Download Aplikasi Google Maps

    Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Google Maps,Jika belum punya aplikasinya kamu bisa download google Maps lewat link atau tautan ini.
    Download Google Maps For Android Terbaru

  2. Masuk ke Aplikasinya

    Setelah mengunduhnya, kamu tinggal masuk ke dalam aplikasi Google Maps kemudian login menggunakan akun Google kamu.
    Cara Menambahkan Lokasi Baru di Google Maps

  3. Klik ikon (+) Kontribusi

    Langkah selanjutnya klik opsi kontribusi dengan ikon (+) sebagaimana menurut gambar yang tertera
    Cara Menambahkan Lokasi Baru di Google Maps

  4. Tambah Tempat

    Klik opsi ”Tambah Tempat” untuk membuat lokasi di Google MapsCara Menambahkan Lokasi Baru di Google Maps

  5. Isi Formulir Data yang diberikan Google

    Selanjutnya isi formulir data data dari tempat yang ingin kamu masukkan ke Google Maps. Mulai dari nama, kategori, lokasi hingga kontak seperti nomor telepon atau email.
    Cara Menambahkan Lokasi Baru di Google Maps

  6. Klik ikon >

    Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan yakni mengajukannya dengan mengklik ikon > sebagaimana menurut gambar yang tertera.Cara Menambahkan Lokasi Baru di Google Maps

BACA JUGA:  Font Browser Chrome Berubah Tiba-Tiba? Ini Cara Mengatasinya

Cara Daftar Lokasi di Google Maps Pada Komputer

Gimana, cukup mudah bukan mengenai cara menambahkan lokasi baru di Google Maps dengan menggunakan Smartphone. Tapi untuk kamu para pengguna komputer atau PC, tenang saja karena Teknodaim juga punya tutorialnya berikut ini.

  • untuk bisa daftar lokasi di Google Maps, pertama-tama masuk ke halaman Google Maps melalui Browser ataupun aplikasi
  • Kemudian pilih opsi ”Add Your Business”
Cara Menambahkan Lokasi Baru di Google Maps
Screenshot Halaman depan Google Maps
  • Untuk bisa membuat lokasi di Google Maps, kamu perlu mengisi informasi data terkait lokasi yang ingin kamu masukkan
Membuat Lokasi di Google Maps
Screenshot Isi data tempat pada Google Maps
  • Setelah mengisi data yang diminta tadi, pada proses terakhir kamu tinggal klik ”Finish” dan lakukan verifikasi dengan menambahkan kontak nomor telepon.
X 2
Screenshot langkah terakhir untuk menambahkan lokasi pada Google Maps

Itulah tadi tutorial yang dapat Teknodaim sajikan kepada kamu yang ingin tahu cara daftar lokasi di Google Maps. Jangan lupa untuk tinggalkan pendapat atau opini kamu pada kolom komentar yang sudah tersedia ya.

Related Posts