3 Cara Mudah Instal HyperOS di Perangkat Xiaomi, Redmi, dan Poco

Neli Rahmawati

Neli Rahmawati

HyperOS sudah rilis menggantikan MIUI, tapi kamu juga bisa melakukan upgrade sendiri. Begini cara instal HyperOS di perangkatmu.

Berikut ini akan ada penjelasan cara instal HyperOS di perangkat Xiaomi, Redmi, dan Poco.

MIUI, yang merupakan salah satu antarmuka Android yang paling populer, nampaknya akan segera digantikan oleh HyperOS. Xiaomi tidak hanya sekedar mengubah nama, tetapi juga telah melakukan banyak perbaikan pada HyperOS dan menambahkan beberapa fitur baru agar lebih baik.

Walau HyperOS menawarkan peningkatan yang menarik, peluncurannya belum berjalan dengan lancar. Xiaomi terlambat dalam melaksanakan proses ini, yang tentu saja menguji kesabaran pengguna.

Ada beberapa metode untuk meng-upgrade perangkat Xiaomi, Redmi, dan Poco ke HyperOS.

Baca Juga: Xiaomi Redmi Pad Pro Resmi Rilis, Cek Spesifikasi dan Harganya

Cara Instal HyperOS

3 Cara Mudah Instal HyperOS di Perangkat Xiaomi, Redmi, dan Poco

Menurut laporan dari Gizmochina, berikut ini ada tiga cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukan pembaruan ke HyperOS secara independen:

1. Cek Update Secara aMnual

Pada beberapa kesempatan, ponsel atau tablet mungkin tidak memberikan pemberitahuan segera setelah ada pembaruan. Oleh karena itu, sebaiknya periksa pembaruan HyperOS secara manual.

Metode ini adalah yang paling sederhana dan dianjurkan sebelum mencoba dua cara lainnya. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti:

  • Bukalah aplikasi Setting di ponsel kamu.
  • Anda dapat menggulir opsi untuk menemukan informasi tentang ponsel dan ketuk pada bagian atasnya.
  • Tekan pada versi MIUI dan periksa apakah ada update yang dapat diunduh.
BACA JUGA:  Bukan Lite, Xiaomi Akan Rilis Redmi K30 Versi Murah Ini

Jika Anda tidak dapat menemukan pembaruan HyperOS, jangan khawatir, ada dua cara lain yang bisa Anda coba di bawah ini. Pastikan Anda membuat salinan data perangkat sebelum mengikuti langkah-langkah ini.

Baca Juga: Realme P1 5G dan P1 Pro Resmi Rilis, HP Realme Series P Pertama

2. Cara Local Upgrade

HyperOS atau pembaruan perangkat lunak baru akan diperkenalkan secara bertahap di berbagai negara. Meskipun pembaruan akan tersedia di satu wilayah, perlu waktu beberapa hari hingga minggu untuk mencapai semua pengguna.

Apabila ada pembaruan HyperOS yang rilis untuk perangkat sejenis di seluruh dunia, Anda memiliki opsi untuk mengunduh dan menginstal paket pembaruan secara manual agar dapat mencoba antarmuka terbaru ini. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Silahkan mengunjungi situs xiaomifirmwareupdater.com.
  • Anda dapat memilih perangkat yang Anda gunakan untuk melihat daftar ROM yang tersedia.
  • Selanjutnya, unduh versi terbaru dari ROM pemulihan HyperOS. Pastikan bahwa baterai perangkat Anda terisi minimal 40 persen sebelum memulai proses instalasi ROM.
  • Buka aplikasi Pengaturan di ponsel dan temukan opsi yang bernama Tentang Ponsel.
  • Untuk memilih Paket Pembaruan, Anda perlu mengetuk ikon tiga titik yang berada di pojok kanan atas. Jika Anda tidak bisa menemukan opsi tersebut, cukup tekan logo versi MIUI sebanyak 7-10 kali secara berulang.
  • Setelah Anda memilih opsi untuk memilih paket pembaruan, silakan pilih ROM yang sudah diunduh dan lakukan proses instalasi.
  • Mohon menunggu sampai proses pemasangan ROM selesai dan HyperOS terinstal di perangkat Anda.
BACA JUGA:  Spesifikasi dan Harga Xiaomi Pad 6 di Indonesia

Baca Juga: Poco C65, HP Harga Rp 1 Jutaan dengan Kamera 50 MP yang Mengesankan

3. Menggunakan Komputer Pribadi atau Laptop

Jika Anda ingin memiliki ROM fastboot, maka Anda perlu menggunakan komputer untuk melakukan instalasinya.

Jika Anda belum memiliki ROM tersebut, Anda dapat mengunduhnya dari situs web pihak ketiga seperti hyperosupdates.com atau xiaomifirmwareupdater.com. Cukup kunjungi salah satu situs tersebut, pilih perangkat yang Anda gunakan, lalu unduh ROM fastboot terbaru dari HyperOS.

Setelah mendapatkan ROM Fastboot, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan instalasi:

  • Matikan perangkat terlebih dahulu. Setelah itu, tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol daya selama 6-8 detik. Dengan demikian, per
  • Setelah perangkat masuk ke Mode Fastboot, hubungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB.
  • Silakan download Xiaomi Flash Tool dan lakukan ekstraksi. Jika Xiaomi Flash Tool tidak dapat digunakan di komputer atau laptop Anda, Anda dapat mencoba XiaoMiTool V2.
  • Buatlah sebuah direktori di mana Anda akan mengekstrak Xiaomi Flash Tool dan pindahkan file ROM fastboot ke dalam direktori tersebut.
  • Buka aplikasi Xiaomi Flash Tool dengan mengkliknya dua kali.
  • Silakan pilih opsi untuk menyimpan data pengguna di bagian bawah Xiaomi Flash Tool dan tekan tombol flash untuk memulai proses mem-flash ROM fastboot. Kemajuan dan hasilnya akan ditampilkan di jendela yang sama. Anda juga akan melihat perangkat Anda dalam tabel dengan serangkaian angka dan huruf acak. Jika Anda tidak melihatnya, klik opsi Lainnya dan pilih Instal untuk memastikan bahwa driver yang diperlukan tidak hilang.
  • Setelah proses flashing selesai, silakan tutup Xiaomi Flash Tool dan lepaskan perangkat dari komputer. Sekarang Anda dapat menikmati pengalaman menggunakan HyperOS.
BACA JUGA:  Pembunuh Mid RANGE, Ini Spesifikasi Xiaomi Poco X3 NFC dan Poco X3!

Walaupun gadget masih belum mendapatkan update HyperOS, ada cara untuk mengalaminya selama Xiaomi telah mengeluarkan update tersebut di daerah lain.

Baca Juga: Redmi Buds 4 Lite TWS Xiaomi Terjangkau, Kualitas Audio Jernih

HyperOSXiaomiXiaomi HyperOS

Related Posts