Ukuran Kertas F4 dalam cm, mm, inci dan Pixel Lengkap

Fahmi Fefriandi

Fahmi Fefriandi

Ukuran kertas F4 ini sering digunkan untuk mencetak dokumen penting seperti ijazah atau dokumen penting

Kertas F4 Kualitas Terbaik

Kertas F4 Kualitas Terbaik

Penggunaan kertas F4 tidak sepopuler A4 karena lebih dominan kepada kertas A4 terutama dalam mencetak dokumen. Namun bukan berarti kertas F4 tidak digunakan, karena pemilihan mencetak dokumen juga sering pada kertas F4 dalam waktu tertentu. Ukuran kertas F4 ini sering digunkan untuk mencetak dokumen penting seperti ijazah atau dokumen penting lainnya.

Tidak sedikit pula yang mencetak foto dalam ukuran kertas F4 serta dokumen lainnya yang di cetak dalam ukuran kertas ini. Nah, untuk mencetak dokumen dalam ukuran kertas F4 kamu juga harus memilih opsi terlebih dahulu didalam software atau aplikasi.

Ukuran kertas juga bisa kamu atur baik dalam inch, cm, mm, pixel atau dalam ukuran lainnya. Untuk tekstur serta jenis kertas, kertas F4 juga sama dengan A4 hanya dibedakan pada ukurannya saja. Untuk kelengkapan dalam mengulas lebih rinci, maka teknodaim akan membahas nya pada artikel ini.

Apa Itu Ukuran Kertas F4?

Ukuran Kertas F4 dalam cm, mm, inci dan Pixel Lengkap
Ukuran Kertas F4

Ukuran kertas F4 bisa dimaksudkan juga dengan ukuran folio, penyebutan memang lebih dominan pada folio. Karena penyebutan lebih dominan kepada folio, maka nama F4 jadi asing bagi beberapa orang, terutama saat disebutkan dalam ukuran F4 maka banyak yang bingung karena asing bagi mereka.

Ukuran kertas F4 ini tentu lebih besar dari kertas A4. Dalam satuan inch kertas ini berukuran (8,27 inch x 13,0 inch), dalam satuan cm kertas ini berukuran (21 cm x 33 cm), untuk satuan mm kertas ini berukuran (210 mm x 330 mm), dan dalam pixel sendiri ukuran kertas F4 ini (793,7 pixel – 1247,2 pixel).

Dalam pembuatan desain grafis kertas F4 ini sangat dibutuhkan, dikarenakan kertas ini dapat diatur menggunakan perhitungan konfigurasi DPI atau titik per inci (dots per inch). Konfigurasi DPI menyatakan jumlah titik warna pada setiap inci kertas, semakin padat jumlah titik maka akan semakin detail pula warna nya.

Titik warna disebut juga dengan pixel, jadi dalam beberapa software menggunakan nama pixel untuk memudahkan pengguna dalam menentukan detail sebuah foto ataupun desain mereka. Perhitungan DPI ini sangat penting terutama dalam mencetak dokumen yang amat sangat penting. Seringkali penggunaan pixel atau perhitungan DPI dalam ukuran kertas F4 ini digunakan untuk mencetak foto, peta, buku, majalah, surat dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  2 Cara Membuat Cover Makalah di Word yang Menarik

Ukuran Kertas F4 Secara Umum

Ukuran Kertas F4 dalam cm, mm, inci dan Pixel Lengkap
Ukuran Kertas F4 Dan Legal

Kertas F4 memiliki ukuran lebih panjang dari ukuran kertas A4 dan telah mengikuti standar ISO 2016.

  1. Kertas F4 memiliki panjang serta lebar kertas 8,27 x 12,99 dalam ukuran satuan inch.
  2. Berukuran 21 cm x 33 cm dalam satuan centimeter.
  3. Berukuran panjang dan lebar 210 mm x 330 mm dalam ukuran milimeter.
  4. Dalam satuan pixel nya, kertas F4 memiliki satuan atau ukuran yang ditentukan berdasarkan konfigurasi seperti yang telah Teknodaim jelaskan sebelumnya. Banyaknya titik warna yang dinyatakan oleh DPI dalam tiap inci menjelaskan ukuran kertas F4 sebagai berikut.
  • 72 DPI, kertas F4 memiliki ukuran 595 x 935 pixel
  • 96 DPI, kertas F4 memiliki ukuran 793 x 1247 pixel
  • 150 DPI, kertas F4 memiliki ukuran 1240 x 1948 pixel
  • 300 DPI, kertas F4 memiliki ukuran 2481 x 3897 pixel

Nah, ukuran pixel ini tersedia dalam beberapa software atau aplikasi terutama yang berhubungan dengan desain grafis, dan sangat berguna untuk mencetak dokumen dengan jelas dan sempurna dalam ukuran kertas F4.

Download Driver Printer Terbaru:

Ukuran Kertas F4 dalam Aplikasi

Ukuran Kertas F4 dalam cm, mm, inci dan Pixel Lengkap
Uuran Kertas F4 Menurut Aplikasi

Setiap aplikasi atau software memiliki pengaturan sendiri dalam memilih ukuran kertas yang akan di cetak. Oleh karena itu sangat penting buat kamu untuk mengetahui ukuran kertas F4 pada tiap aplikasi berbeda.

1. Ukuran Kertas F4 Aplikasi Microsoft Word

Kamu dapat mencetak dokumen dalam ukuran kertas F4 di aplikasi microsoft word . Dalam aplikasi ini ukuran kertas disebutkan dalam satuan inci dengan tampilan 8.5” x 13”. Jika kamu tidak menemukan ukuran tersebut, kamu harus membuatnya terlebih dahulu menggunakan fitur custom size paper. Berikut cara yang harus kamu ikuti.

  1. Pilih fitur Custom Size Paper, pilih Page lalu klik tombol Options pada pojok kanan bawah lalu akan keluar menu Printer Properties.
  2. Pilih Pengesetan Cepat lalu pilih Ukuran Kertas Pencetak, pilih Sesuaikan.
  3. Isi keterangan dengan ukuran F4 dalam satuan inci 8.5” x 13”. Jika langkah ini telah kamu lakukan, maka kamu sudah dapat mencetak dalam ukuran kertas F4.

Jangan lupa simpan dokumen yang sudah kamu buat tadinya, dengan begitu kamu tidak perlu khawatir ukuran kertas akuan berubah.

Kamu akan menemukan banyak ukuran kertas dan bervariasi didalam microsoft word. Mulai dari ukuran yang disediakan oleh aplikasi dan bisa juga kamu buat secara manual pada fitur custom size paper seperti yang telah Teknodaim jelaskan di atas.

BACA JUGA:  Cara Mengubah File PDF ke Word Dengan Mudah dan Cepat

2. Ukuran Kertas F4 di Excel

Hampir sama dengan yang dijelaskan pada poin sebelumnya di microsoft word, kamu harus membuat ukuran kertas F4 dengan cara manual. Berikut cara mengatur ukuran kertas F4 dalam Microsoft Excel secara manual:

  1. Pilih fitur Page Layout pada menu tools, lalu tekan tombol Page Setup dan pilih Options.
  2. Klik Custom dan pilih Paper size. Pilih custom lalu isi sesuai ukuran kertas F4 dalam satuan mm.
  3. Isikan ukuran kertas, pada kolom width 210 dan 330 pada kolom Height. Lalu klik OK
  4. Pastikan Printer Properties pada bagian Printer Paper Size telah tertera Custom.

Jika kamu telah melakukan cara diatas maka kamu tinggal menyimpan dokumen dan dokumen siap di cetak dalam ukuran kertas F4. Pilih menu OK dan pada Page Setup di bagian Paper size terlihat kosong karena ini merupakan tanda jika kamu mengubah ukuran kertas secara manual di microsoft excel. Lalu klik menu OK yang muncul setelahnya. Dokumen kamu bisa langsung kamu cetak dengan aman dalam ukuran kertas F4 yang telah kamu buat tadi.

3. Ukuran Kertas F4 di CorelDraw

Jika sebelumnya di ranah microsoft atau lebih ke dokumen, mungkin bidang desain grafis juga sangat akrab dengan kertas F4 karena selain ukurannya yang lebih luas dari ukuran A4 dan sangat banyak digunakan untuk mencetak hasil editan. Buat para pemula, tentu sangat perlu diketahui jika di aplikasi ini kamu bisa ubah ukuran kertas menjadi F4. Nah, jika kamu ingin mencetak dalam ukuran kertas F4 di aplikasi CorelDraw silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  1. Sebelum Menyesuaikan ukuran kertas, sesuaikan orientasi kertas terlebih dahulu dalam bentuk portrait atau lanscape guna memudahkan kamu dalam menentukan ukuran kertas menjadi F4
  2. Pada menu bar pilih menu posisi atau logo yang telah diatur orientasinya.
  3. Dalam Menu Bar pilih bagian view lalu pilih halaman atau Page dan klik menu Bleed lalu pilih Printable Area.

Jika telah kamu sesuaikan kamu dapat mencetak dalam ukuran kertas yang telah kamu tentukan tadi, jika kamu memilih orientasi portrait maka dokumen yang dicetak dalam bentuk vertikal maupun sebaliknya. Sebelum mencetak, aplikasi juga akan memberikan preview desain yang akan di cetak.

Jika terjadi Bleed maka klik tampilan orientasi pada ukuran kertas yang akan di cetak tadinya. Kamu akan menemukan menu Pilihan Printable area yang akan menampilkan orientasi kertas yang akan kamu cetak pada aplikasi Corel Draw.

BACA JUGA:  Cara Mengubah File PDF ke Word Dengan Mudah dan Cepat

Bedakah Kertas F4 dan Kertas Folio?

Kertas F4 dan kertas folio memiliki ukuran lebar yang sama dan panjang yang sedikit berbeda, penyebutan nya tentu juga berbeda. Fungsi dan jenisnya semuanya sama.

Beberapa Aturan dalam Ukuran Kertas F4

Dalam menggunakan kertas untuk mencetak dokumen tentu memiliki aturan penggunaan nya. Terdapat banyak series tipe kertas F mulai dari F0, F1, F2, F3, F4, dan seterusnya yang semuanya dapat kamu gunakan untuk kepentingan tertentu. Kertas kertas seri F seri genap mulai dari F0, F2, F4 dan seterusnya ini memiliki ukuran panjang dibagi lebarnya memiliki nilai 1,5714.

Untuk ukuran kertas F1, F3, F5 dan seterusnya memiliki ukuran panjang dibagi lebar memiliki nilai 1,27. Kertas F0 memiliki ukuran paling besar dilanjutkan dengan F1 yang memiliki ukuran setengahnya, F2 seperempat dari F0, F3 setengah dari F2, F4 Seperempat dari F2 dan seterusnya.

Cara Memilih Kertas F4 yang Berkualitas

Ukuran Kertas F4 dalam cm, mm, inci dan Pixel Lengkap
Kertas F4 Kualitas Terbaik

Kamu dapat memilih dan membeli kertas F4 di toko buku maupun di toko fotocopy dan ATK. Kertas F4 ini dijual dengan merek yang berbeda beda dan setiap merek memiliki kualitas kertas yang berbeda pula. Dengan memilih jenis kertas yang baik, maka akan lebih baik buat hasil cetakan kamu nantinya.

1. Perhatikan Gramasi Kertas F4

Skala berat kertas dalam satuan GSM disebut dengan Gramasi. Banyak beredar di pasaran kertas ukuran F4 dengan gramasi yang berbeda beda. Banyak yang menggunakan kertas F4 ukuran 70 GSM, 80 GSM dan 60 GSM dalam mencetak dokumen.

Kertas dengan ukuran 80 GSM memiliki berat diatas ukuran 70 maupun 60 GSM sehingga hasil cetak nya juga menjadi lebih bagus. Kertas dengan ukuran 70 GSM atau 60 GSM lebih banyak digunakan di toko fotocopy untuk mencetak dokumen. Kertas dengan ukuran 80 GSM biasa digunakan untuk mencetak dokumen penting karena hasil nya pun cukup bagus.

2. Warna Kertas F4

Kertas F4 ini tidak hanya dijual dalam warna putih, akan tetapi banyak pilihan warna lainnya yang dapat kamu temukan dalam ukuran kertas F4. Kertas berwarna sering digunakan untuk mencetak dokumen spesial atau keperluan seperti brosur, pembatas dokumen dan lain lain. Untuk harganya sendiri tentu kertas yang berwarna lebih mahal dibandingkan kertas putih yang biasa digunakan.

3. Pilih Kertas dengan Merk Terbaik

Untuk memilih kualitas yang baik tentu ada merek yang baik pula sebagai dasar dalam melakukan pemilihan. Merek juga menjual produk dengan harga yang berbeda beda, jadi setiap merek pasti menawarkan informasi seperti kualitas kertas yang dijualnya.

Maka jika kamu ingin mencetak dokumen penting, kamu juga harus menggunakan kertas dengan kualitas terbaik maupun sebaliknya.

Nah, itulah ulasan Teknodaim mengenai ukuran kertas F4, semoga dapat menjadi pedoman bagi kamu dalam mencetak dokumen dan semoga bermanfaat bagi kamu. Beberapa dokumen tentunya memiliki kebutuhan kertas yang berbeda begitu pun jenis kertas maupun warna kertas.

kertas f4Microsoft Word

Related Posts