Tidak Merusak Pendengaran, Ini Tips Menggunakan Earphone

Hervi Nurul

Hervi Nurul

Apakah Anda orang yang sering menggunakan earphone? Berikut ini beberapa tips menggunakan earphone agar tidak merusak pendengaran.

Tidak Merusak Pendengaran, Ini Tips Menggunakan Earphone

Tidak Merusak Pendengaran, Ini Tips Menggunakan Earphone

Apakah Anda orang yang sering menggunakan earphone? Berikut ini beberapa tips menggunakan earphone agar tidak merusak pendengaran. Banyak orang yang sering menggunakan earphone saat bekerja atau menunggu transportasi umum. Mereka juga sering menggunakan earphone saat mengantre di toko atau sedang melakukan sesuatu.

Penggunaan earphone secara terus-menerus dan tanpa henti dapat menyebabkan kerusakan pada kemampuan pendengaran. Banyak individu mengalami gangguan pendengaran akibat terpapar secara berulang kepada suara yang intens.

Dalam upaya menjaga keamanan telinga dan kenyamanan saat mendengarkan musik menggunakan earphone, terdapat beberapa tips yang dapat Anda ikuti agar tidak menyebabkan kerusakan pada pendengaran.

Tidak Merusak Pendengaran, Ini Tips Menggunakan Earphone
Tips Agar Terhidar Dari Gangguan Pendengaran

Tips Menggunakan Earphone dengan Baik

Anda dapat melindungi pendengaran Anda dengan mengikuti beberapa tips terbaik pada penjelasan ini. Sehingga pendengaran Anda tidak akan rusak akibat kebiasaan tertentu yang sering dilakukan.

BACA JUGA:  6 TWS Bluetooth Terbaik dengan Kualitas Suara Unggul

1. Membatasi Penggunaan

Tidak Merusak Pendengaran, Ini Tips Menggunakan Earphone

Anda dapat menjaga pendengaran Anda dari efek negatif earphone dengan membatasi penggunaannya. Kami sarankan untuk memberikan waktu istirahat bagi telinga Anda setelah menggunakan earphone.

Semakin lama kamu mendengarkan musik yang volume-nya terlalu keras, maka semakin besar kemungkinan kamu akan mengalami masalah pendengaran. Untuk mendengarkan musik dengan aman, ada baiknya kamu mengikuti aturan 60 – 60, yaitu mendengarkan musik dengan volume maksimal 60 persen selama 60 menit.

Hal ini berarti kamu hanya menggunakan sebagian kecil dari volume maksimum earphone kamu selama satu jam. Setelah itu, sebaiknya kamu melepas earphone dan memberikan kesempatan bagi telinga untuk beristirahat atau bernapas.

2. Usahakan menggunakan headphone

Tidak Merusak Pendengaran, Ini Tips Menggunakan Earphone

Headphone dan earphone adalah dua istilah yang sering digunakan secara bergantian, tetapi keduanya tidaklah sama. Earphone atau earbud adalah perangkat kecil yang terbuat dari bahan silikon atau plastik keras dan memiliki bentuk yang pas di dalam telinga.

BACA JUGA:  Spesifikasi dan Harga Vivo TWS 4 dengan Fitur ANC

Headphone adalah perangkat yang dirancang untuk menutupi seluruh telinga. Daripada dengan jenis perangkat lainnya, banyak yang menganggap headphone lebih aman untuk melindungi gendang telinga.

3. Tidak memakai volume terlalu tinggi

Tidak Merusak Pendengaran, Ini Tips Menggunakan Earphone

Mendengarkan musik dengan volume tinggi memiliki sensasi yang menyenangkan, seakan-akan musik itu meresap ke dalam tubuh. Namun, kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan pada pendengaran. Oleh karena itu, kami sarankan untuk mengurangi volume, dan juga menciptakan lingkungan sekitar yang kondusif.

Ketika situasi di sekitar kamu bising, kadang-kadang kamu memutuskan untuk menaikkan volume suara agar bisa mendengar musik dengan jelas. Namun, jika hal tersebut terjadi, sebaiknya kamu mencari tempat yang lebih tenang atau ruangan yang lebih nyaman agar kamu bisa menikmati musik tanpa perlu meningkatkan volume suara.

4. Menggunakan peredam bising

Tidak Merusak Pendengaran, Ini Tips Menggunakan Earphone

Jika kamu menggunakan earphone untuk mengurangi kebisingan di sekitarmu, meningkatkan volume suara atau musik hanya akan berdampak buruk pada pendengaranmu. Sebagai alternatif, kamu dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan headphone yang memiliki fitur peredam bising.

BACA JUGA:  HUAWEI FreeBuds Pro 3, TWS Flagship Dengan Kualitas Premium

Cara kerjanya adalah dengan menyumbat telinga sehingga suara dari luar tidak dapat masuk dan mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan.

Demikian informasi mengenai tips menggunakan earphone agar tidak merusak pendengaran. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Earphoneearphone bluetoothearphone TWS

Related Posts