InternetTipsTutorial

5 Tips Memilih Web Hosting Indonesia yang Disarankan Sebelum Mantap Menggunakannya!

Web Hosting tentu menjadi kebutuhan banyak pengguna di berbagai dunia untuk kegiatan mereka di situsnya masing-masing, termasuk di Indonesia. Sebelum memantapkan pilihan dengan yang dirasa cocok, ada beberapa tips memilih Web Hosting.

Tips yang dimaksud perlu kamu perhatikan, karena tidak semua Web Hosting menawarkan fitur dan produk yang sesuai dengan kenyataan. Jika sudah terlanjur dan kecewa dengan hasilnya, maka akan sulit untuk Move on dan berganti ke layanan lain.

5 Cara Memilih Hosting yang Perlu Dilakukan

Sebagai pengguna dan Developer yang cerdas, kamu harus berhati-hati dalam menentukan pilihan jasa hosting, jangan sampai termakan iklan promosi yang produknya ternyata abal-abal. Buat pecengahan, silahkan perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Kapasitas dan Storage yang Ditawarkan (Cara Memilih Hosting Opsional)

Tips memilih web hosting by teknodaim
Foto Ilustrasi Kapasitas Penyimpanan Server | Robicomp

Hal pertama yang pasti adalah kamu harus memilih Hosting yang sesuai dengan kebutuhan, seperti apa aktivitas dan pengoperasian situs yang kamu kerjakan. Jangan mau menyimpan fitur-fitur yang nantinya bakal mubazir tidak terpakai.

Mungkin lebih baik kamu memilih Hosting untuk membangun halaman profil tanpa banyak fitur aneh-aneh, dalam hal ini disarankan untuk pilih paket hosting basic atau yang standar. Kemudian untuk Bandwidth, kamu harus pintar melihat kualitasnya.

Semakin besar Bandwidth yang kamu persiapkan, maka untuk kedepan kamu tidak akan terlalu kewalahan ketika mendapati Trafik yang tiba-tiba melunjak tinggi. Jangan memilih paket Web Hosting yang membatasi Bandwidth.

Atau bila perlu, pilihlah paket Bandwidth unlimited meskipun budget yang harus dikeluarkan cukup raksasa. Jangan termakan tawaran Bandwidth unlimited tapi harganya miring dan terlalu melenceng dibandingkan harga pada umumnya.


2. Melihat Rating dan Ulasan

Tips memilih web hosting by teknodaim
Foto Ilustrasi Rating | Gadgets.ndtv.com

Biasanya, penyedia Web Hosting profesional dan dapat dipercaya pasti memberikan kolom ulasan, rating dan juga cerita pengalaman penggunanya yang lain. Jadi berdasarkan pengalaman mereka itu, kita bisa tentukan layak atau tidak buat kamu.

Namun meskipun demikian, tanggapan dan cerita orang lain tetap tidak menjamin. Maka dari itu ada baiknya kamu untuk mencobanya secara langsung, anggap saja sebagai uji coba demo atau cari-cari pengalaman di tempat orang lain.

Cara mencobanya sederhana saja, siapkan budget minim dan pilihlah pula paket yang minim untuk digunakan selama 1 hingga 3 bulanan. Disini, ada salah satu contoh Hostinger yang bisa dicoba secara gratis. Kamu bisa mencobanya di id.000webhost.com.


3. Melihat Lokasi Server (Cara Memilih Hosting Opsional)

Tips Memilih Web Hosting by Teknodaim 1
Foto Ilustrasi | Jitunews

Tips memilih Web Hosting selanjutnya adalah memperhatikan lokasi server. Cari tau apakah lokasinya ada di Indonesia, Singapura, Amerika atau lokasi di negara lainnya. Hal ini diperlukan agar kita bisa mengukur efektifitas situs kita dengan pengujung.

Misalnya target visitor situsmu adalah orang Indonesia, maka pilihlah lokasi server yang ada di Indonesia. Sebaiknya pula, kamu memperhatikan soal penyimpanan hosting. Pahami detail Hosting yang ditawarkan, tipe penyimpanannya apakah SSD atau HDD.

Semakin bagus kualitas penyimpanannya, maka semakin baik kualitas loading situs yang akan kamu kelola nantinya, terutama soal masalah loading gambar. Bukan hanya itu, kamu juga harus memahami fasilitas yang disediakan Hosting tersebut.

Setidaknya kamu pilih Web Hosting yang mendukung PHP, database InnoDB, PHPMyAdmin tool, FTP, dan sebagainya. Supaya kedepan tidak ada masalah ketika kamu ingin menambahkan elemen penting terkait pemrograman alias Coding.


4. Fitur Pendukung

Tips Memilih Web Hosting by Teknodaim
Foto Ilustrasi Fitur Dukungan | Dart.ed.ac.uk

Ada beberapa fitur penting yang harus kamu dapatkan, misalnya ketersediaan untuk menambah subdomain tak terbatas atau subdomain unlimited. Lalu untuk masalah data, sebaiknya sebuah Web Hosting menyediakan backup secara berkala.

Selain itu pula, perhatikan masalah jaminan, apakah sebuah Web Hosting yang menawarkan layanan akan memberikan garansi kepada kamu. Dengan begitu akan ada tanggung jawab atau kompensasi sewaktu-waktu Hosting yang kamu gunakan bermasalah.


5. Layanan Costumer Service

Tips Memilih Web Hosting by Teknodaim 4
Foto Ilustrasi Customer Service | Mediakonsumen.com

Yang terakhir rasanya memang harus benar-benar dirasakan sendiri sebagai tips memilih Web Hosting yang terakhir di daftar ini. Pilihlah hosting yang menyediakan pelayanan terbaik yang siap melayani Anda jika ada masalah dan gangguan.

Sederhananya, carilah Hosting yang punya CS handal sehingga bisa dengan mudah membantu kamu ketika ada kendala atau pertanyaan dengan langsung berkomunikasi dengan mereka. Mungkin hal ini harus didapatkan sendiri secara pribadi.


Mungkin sekian saja cara memilih Hosting alias tips yang bisa Teknodaim bagikan ke kalian. Sebagai seorang Programmer atau Developer yang baik, tentu kamu harus bisa memilih Web Hosting yang tepat. Semoga bermanfaat.

What's your reaction?

Related Posts