Tips

10 Penyebab Kenapa HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Kebanyakan dari pengguna Smartphone kini banyak yang mengeluh karena mengalami masalah suhu HP yang menjadi panas. Penyebab HP cepat panas sendiri ialah karena adanya penggunaan yang berlebihan baik itu ketika bermain game, terlalu sering memakai HP ketika dicas dan masih ada banyak lagi.

Untuk cara mengatasi HP cepat panas pun ada banyak cara yang bisa digunakan, salah satunya ialah dengan mengetahui penyebab kenapa HP tersebut bisa cepat panas. Untuk lebih detailnya, pada artikel kali ini Teknodaim akan memberitahukan kamu 10 penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya.

10 Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Hp Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Hp Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya | funkhabari.ir

1. Berada di Lingkungan yang Panas

Tahukah kamu bahwa bermain di lingkungan yang panas dapat menyebabkan suhu HP ikut menjadi panas. Jadi kalau bisa usahakan kamu memakai HP di lingkungan yang dingin atau tidak terlalu panas.

2. Banyak Notifikasi

Untuk kamu yang sering menerima notifikasi setiap harinya entah itu dari Media Sosial, aplikasi atau lainnya. Kamu perlu tahu bahwa notifikasi berpotensi besar dapat menyebabkan HP cepat panas apabila berkelanjutan.

3. Sinyal yang Tidak Stabil

Dasarnya menggunakan data seluler memang menguras lebih banyak baterai tapi juga dapat membuat HP menjadi panas kalau jaringannya tidak stabil. Hal ini diakibatkan oleh HP akan secara terus menerus mencari sinyal. Sehingga HP akan menggunakan daya lebih banyak dari sebelumnya.

4. Menghidupkan Wifi Secara Terus-Menerus

Selain data seluler, menghidupkan mode Wifi secara terus juga bisa membuat HP menjadi panas. Meskipun tidak cepat, tapi hal ini pasti terlebih kalau kamu sering berpindah-pindah tempat atau mengakses Wifi lainnya.

5. Cahaya Layar Terlalu Terang

Kamu biasanya memakai HP dengan kecerahan layar yang biasa saja atau maksimal? Kalau kamu memakai cahaya layar yang terlalu terang. Maka wajar bila HP kamu menjadi cepat panas, sebab kecerahan layar memang mempengaruhi prosesor dan dapat membuat baterai lebih cepat terkuras.

Baca juga:

6. Membuka Banyak Aplikasi Sekaligus

Setiap HP memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, banyak diantaranya yang memiliki kapasitas RAM tidak terlalu besar. Akibatnya pengguna hanya bisa membuka beberapa aplikasi saja dalam waktu bersamaan.

Meski begitu, tidak sedikit pula pengguna yang mencoba memaksakan membuka banyak aplikasi meskipun kapasitas RAM HP miliknya tidak memadai. Sehingga akan membuat HP menjadi cepat panas.

7. OS yang Tidak Diupdate

Siapa nih yang kalau ada update pembaruan OS atau sistem operasi tidak segera diperbarui dan malah menunda-nunda. Tahukah kamu bahwa menunda update OS ternyata dapat menimbulkan banyak bug yang dapat mempengaruhi kinerja baterai. Kalau tidak segera diupdate, biasanya HP akan menjadi lemot dan kemudian mudah panas.

8. Masalah Baterai dan Charger

Kalau kamu masih menggunakan Charger dan kabel Charger yang lama, mungkin kamu perlu mempertimbangkan untuk membeli yang baru. Sebab dapat menyebabkan masalah saat mengisi daya baterai HP. Jika memburuk, dapat membuat HP menjadi lebih lelet ketika mengisi daya baterai, sehingga keadaan suhu HP menjadi lebih panas.

9. Memakai HP ketika di Cas

Jangan memainkan HP sambil di Cas, mungkin kamu sudah sering mendengar kata-kata ini baik itu dari penjual atau orang lain. Yup hal itu benar adanya, sebab salah satu penyebab kenapa HP cepat panas ialah karena pengguna memakainya ketika sedang di Cas.

10. Adanya Virus Malware

Penyebab HP cepat panas yang terakhir ialah adanya kemungkinan virus Malware di HP. Hal ini mungkin saja bisa terjadi terutama untuk kamu yang hobi download aplikasi di luar PlayStore atau AppStore. Terlebih kalau aplikasi tersebut sejenis seperti MOD yang tidak dijamin keamanannya oleh Google.


Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Selanjutnya Teknodaim akan memberitahukan beberapa tips untuk kamu yang ingin supaya HP tidak cepat panas lagi.

Total Time: 5 menit

  1. Hindari Memakai HP dibawah Sinar Matahari

    Kenapa HP Cepat Panas

    Hindarilah memakai HP ketika sedang dibawah sinar Matahari, hal ini berpotensi besar membuat HP cepat panas

  2. Gunakan HP di Lingkungan yang Dingin

    Kenapa HP Cepat Panas

    Kamu bisa menggunakan perangkat HP milikmu pada lingkungan yang lebih dingin, setidaknya sejuk dan tidak membuat keringat terlalu banyak

  3. Gunakan Cooler atau Pendingin HP

    Kenapa HP Cepat Panas

    Kalau memang tidak ada tempat yang cocok, kamu bisa menggunakan Cooler atau Pendingin HP. Perangkat pendingin ini terbukti sangat efektif untuk menurunkan panas HP dan menjadi suhunya agar tetap dingin

  4. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

    Kenapa HP Cepat Panas

    Menurunkan tingkat kecerahan layar dapat membantu performa HP kamu menjadi lebih lancar, sehingga tidak mudah panas

  5. Jangan Pakai HP Sambil di Cas

    Kenapa HP Cepat Panas

    Lalu untuk kamu yang masih sering memakai HP sambil di Cas, sebaiknya dikurangi. Sebab selain membuat HP cepat panas, hal ini juga dapat membuatnya menjadi cepat rusak

  6. Lepaskan Casing HP

    Kenapa HP Cepat Panas

    Untuk yang belum tahu, menggunakan Casing HP juga bisa membuat HP panas. Oleh karena itu, kamu bisa melepaskan Casing HP jika sedang santai atau berada di tempat yang aman

  7. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

    Kenapa HP Cepat Panas

    Coba cek HP kamu dan lihat apakah ada aplikasi yang tidak diperlukan, kalau ada sebaiknya kamu hapus saja daripada membuat HP menjadi lebih berat

  8. Update OS

    Kenapa HP Cepat Panas

    Jika ada pemberitahuan untuk update OS dari sistem, maka sebaiknya segera lakukan update. Caranya kamu bisa pergi ke Pengaturan > Klik Pembaruan Sistem > kamu akan melihat status update, jika tersedia kamu bisa langsung lakukan update

Tools:

  • Smartphone
  • Ponsel

Materials: Fun Cooler


Demikian itulah tadi informasi terkait penyebab kenapa HP cepat panas dan cara mengatasinya dari Teknodaim. Kalau ada pertanyaan atau hal lainnya yang ingin kamu sampaikan, bisa tuliskan aja ke kolom komentar yang tersedia.

What's your reaction?

Related Posts