TipsGadgetSmartphone

8 Fitur Tersembunyi MIUI 12 di HP Xiaomi yang Wajib Kalian Tahu!

UI khas Xiaomi yaitu MIUI 12 rilis pada April 2020. Tentunya UI berbasis Android 10 ini memiliki berbagai fitur dari MIUI sebelumnya. Nah karena sudah rilis tahun lalu, tentunya sudah banyak orang yang memakai MIUI 12. Jadi pada kesempatan kali ini kami ingin mengajak kalian untuk membahas apa-apa saja rahasia fitur MIUI 12 yang jarang diketahui penggunanya.

Namun fitur yang akan kami bahas kali ini bukan fitur yang sudah pernah ada di MIUI sebelumnya. Melainkan membahas fitur tersembunyi MIUI 12 yang mungkin belum banyak dari kalian yang tau.

Fitur MIUI 12 yang Tersembunyi di HP Xiaomi

Seperti biasa kita akan membahas secara singkat apa itu MIUI, buat kalian yang belum tau nih MIUI adalah UI yang dikembangkan oleh Xiaomi untuk Smartphone yang berbasis pada perangkat lunak sistem operasi Android.

1. Dark Mode

Fitur MIUI 12 Dark Mode
Dark Mode | gizmochina.com

Fitur MIUI 12 yang pertama yaitu Dark Mode, mungkin sudah banyak dari kalian yang tau akan fitur ini. Jadi fitur ini tuh terbilang sangat populer di kalangan para pengguna, sesuai namanya fitur ini memungkinkan layar HP jadi gelap.

Fitur Dark Mode ini, biasanya digunakan oleh pengguna untuk mengatasi keterangan layar yang muncul. Terutama ketika menatap layar dalam keadaan malam hari atau di tempat gelap, tentunya untuk mengaktifkan fitur ini tidak sulit, cukup mengusap layar HP ke bawah lalu pencet Dark Mode.

2. Hemat Baterai

Fitur MIUI 12 Hemat Baterai
Hemat Baterai | jogja.tribunnews.com

Fitur MIUI 12 selanjutnya yaitu hemat baterai, jadi MIUI 12 ini menyediakan Ultra Battery Saver Mode yang tentunya bisa menghemat penggunaan ponsel. Ketika diaktifkan, fitur ini akan memotong sebagian besar aktivitas HP.

Nah ketika pengguna mengaktifkan fitur ini, pengguna cuman bisa melakukan aktivitas sederhana seperti mengirim dan menerima pesan SMS, serta melakukan panggilan telepon. buat kalian yang ingin memakai fitur ini, kalian bisa langsung ke setting lalu Battery & Performace dan pilih Ultra Battery Saver.

3. Floating Windows

Fitur MIUI 12 Floating Windows
Floating Windows | c.mi.com

Fitur MIUI 12 berikutnya yaitu Floating Windows, buat kalian yang belum tau, fitur ini bisa membuat pengguna melakukan multitasking dengan lebih mudah. Jadi fitur ini bisa membuka dua aplikasi dan menampilkannya secara bersamaan.

Nah untuk kalian yang ingin mencoba fitur ini, kalian bisa buka aplikasi terlebih dulu, lalu tekan tombol 3 garis horizontal, kemudian klik Floating Windows yang terletak di sisi kiri atas layar, terus buka aplikasi lain.

4. Mengatur Menu Layout di Kamera

Mengatur Menu Layout Di Kamera
Mengatur Menu Layout Di Kamera | c.mi.com

Kemudian MIUI 12 bisa mengatur menu Layout di kamera, jadi ketika mengakses aplikasi kamera, pengguna bisa melihat rangkaian menu dan fitur yang disajikan pada bagian bawah layar HP.

Rangkaian menu tersebut, tentunya bisa diatur sehingga memudahkan pengguna dalam mendukung kegiatan pengambilan gambar atau video. Nah untuk mengakses fitur ini cukup gampang, kalian tinggal buka aplikasi kamera, lalu buka opsi setting, pilih costumize dan camera modes.

5. Kualitas Perekam Layar

Kualitas Perekam Layar
Kualitas Perekam Layar | tekno.kompas.com

Fitur MIUI 12 selanjutnya adalah Screen Recorder yang bisa merekam aktivitas yang ditampilkan di layar HP. Bukan cuman itu saja loh, pengguna juga bisa mengatur kualitas dan resolusi rekaman video tersebut.

Nah buat kalian yang ingin menggunakan fitur ini, kalian cuman perlu buka aplikasi Screen Recorder lalu buka menu settings. Kemudian pilih resolusi dan video quality, setelah itu kalian tinggal menyesuaikan kualitas tampilan video.

6. Memburamkan Background Foto

Memburamkan Background Foto
Memburamkan Background Foto | inews.id

Fitur MIUI 12 berikutnya adalah Mode partrait yang bisa membuat latak belakang objek foto menjadi blur, sehingga objek utama akan terlihat lebih jelas. Efek yang satu ini tidak hanya bisa diatur saat melakukan pengambilan gambar saja.

Tapi bisa kalian sesuaikan setelah mengambil gambar, caranya juga gampang ko, kalian tinggal buka Galeri lalu pilih foto yang ingin kalian atur, terus pilih ikon Aperture dan geser sampai foto mendapat tingkat blur yang kalian inginkan.

7. Menonton Youtube Saat Layar Terkunci

Fitur MIUI 12 Menonton Youtube Dengan Layar Terkunci
Menonton Youtube Dengan Layar Terkunci | fossbytes.com

Kemudian pengguna MIUI 12 bisa menonton video youtube di layar yang sedang terkunci. Nah caranya cukup mudah, kalian tinggal buka Setting, lalu pilih special features, terus aktifkan Video toolbox, kemudian pilih opsi Manage video apps, terakhir buka aplikasi Youtube.

8. Tersedia Banyak Desain Jam yang Menarik

Berbagai Desain Jam
Berbagai Desain Jam | tekno.kompas.com

Terakhir yaitu MIUI 12 memiliki berbagai macam desain jam, kalian bosan dengan desain jam yang ditampilkan di lockscreen? Kalian bisa mengganti desain penanda waktu tersebut dengan mudah.

Pertama kalian buka Setting, lalu pilih Always-on Display & Lockscreen. Terus geser ke bawah dan pilih opsi Lock screen clock format, kalian bisa memilih desain jam sesuai dengan yang kalian inginkan.


Demikianlah beberapa fitur MIUI 12 yang mungkin belum kalian ketahui. Nah setelah membaca artikel ini, kira-kira nih apakah informasi yang kami sampaikan bermanfaat? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Teknodaim yah.

Related Posts