Cara Upload File di Google Drive dari HP dan PC

Fahmi Fefriandi

Fahmi Fefriandi

Buat kamu yang masih bingung tentang cara upload file di Google Drive dari HP dan PC, berikut cara mudah yang dapat

Cara Upload File Di Google Drive Dari Hp Dan Pc

Cara Upload File Di Google Drive Dari Hp Dan Pc

Satu aplikasi bawaan dari Google adalah G-Drive yang dapat secara otomatis mem-backup semua file yang kamu punya di HP. Tapi bagaimana jika kamu ingin mencoba mengunggah data ke G-Drive? Artikel Teknodaim ini mungkin berguna untukmu karena kita akan membahas bagaimana Cara Upload File di Google Drive dari HP dan PC.

Seperti yang saya tahu, setiap Smartphone Android yang saya gunakan pasti memiliki akun Google. Google Drive adalah platform layanan penyimpanan online yang dimiliki oleh Google. Jadi setiap file data yang saya simpan di ponsel saya akan langsung terbackup ke penyimpanan di Google Drive.

Ada banyak sekali layanan penyimpanan online yang tersedia di internet saat ini, baik yang gratis maupun berbayar. Beberapa contohnya adalah Terabox, Dropbox, dan mediaFire. Tentu saja, layanan gratis memiliki batasan kapasitas maksimal. Sebagai contoh, Google Drive hanya dapat digunakan hingga 15GB untuk versi gratisnya.

Google Drive sangat terkenal karena banyak pengguna android yang secara otomatis menggunakannya. Selain itu, kegiatan pekerjaan kantor seperti mengirim email dan file juga lebih akrab dengan layanan email Gmail, sehingga Google Drive sering digunakan.

Baca Juga:

Bagi yang belum mengerti bagaimana cara mengunggah file di Google Drive, berikut ini akan kami bagikan caranya. Namun sebelum itu, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu Google Drive dan apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan darinya agar kamu dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Apa Itu Google Drive?

Cara Upload File di Google Drive dari HP dan PC
Cara Upload File Di Google Drive

Sebelumnya, Teknodaim sudah membahas sedikit tentang apa itu Google Drive. Jadi, Google Drive adalah sebuah platform layanan penyimpanan online yang dimiliki oleh Google. Tujuan utamanya adalah untuk menyimpan berbagai jenis data dan file. Bahkan, kamu juga dapat berbagi file dengan pengguna lain melalui link yang ada pada setiap file yang kamu unggah di Google Drive.

BACA JUGA:  Cara Membuat Atau Menambah Channel Baru di YouTube

Secara keseluruhan, Google Drive adalah layanan penyimpanan awan atau penyimpanan online yang memungkinkan Anda menyimpan file di luar kapasitas hard disk drive perangkat Anda. Dengan cara ini, tentu saja Anda dapat menghemat ruang penyimpanan di memori internal komputer atau smartphone Anda.

Namun, kelemahan dari layanan ini adalah bahwa pengguna hanya dapat menggunakan kapasitas penyimpanan hingga 15GB. Meskipun gratis, menurut kami 15GB sudah cukup untuk menyimpan file-file penting di Google Drive.

Namun, jika kamu ingin tahu berapa banyak ruang yang ditawarkan untuk layanan berbayar di Google Drive ini, ada beberapa pilihan mulai dari 100GB, 200GB, dan bahkan hingga 1TB. Tentu saja, setiap pilihan memiliki harga layanan yang berbeda. Kamu tinggal memilih sesuai dengan kebutuhanmu.

BACA JUGA

Manfaat Google Drive

Cara Upload File di Google Drive dari HP dan PC
Manfaat Google Drive

Ada beberapa fungsi utama dari Google Drive yang bisa kamu perhatikan. Selain digunakan untuk menyimpan file dan data, Google Drive juga memiliki banyak fitur dan manfaat lainnya. Dengan demikian, kamu bisa memanfaatkan Google Drive ini secara maksimal. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Berbagi Dokumen

Cara Upload File di Google Drive dari HP dan PC
Manfaat Google Drive Berbagi Dokumen

Selain sebagai wadah penyimpanan online, Google Drive juga bisa kamu gunakan untuk berbagi file yang kamu punya dengan orang lain. Kamu bisa membagikan file milikmu di Google Drive hanya dengan menggunakan link. Mereka juga bisa memberikan komentar pada file yang kamu bagikan. Tentu saja, kamu perlu mengatur pengaturan file tersebut terlebih dahulu.

2. Menyimpan Tautan atau Link

Cara Upload File di Google Drive dari HP dan PC
Manfaat Google Drive Menyimpan Tautan

Selain file dan data yang bisa disimpan, ternyata kita juga bisa menyimpan link alamat website atau halaman web. Ini bisa terjadi saat kita sedang browsing internet dan menemukan website keren atau link download file.

Anda dapat memanfaatkan fitur ini dengan menginstal ekstensi G-Drive di browser Chrome Anda. Setelah terpasang, logo segitiga Drive akan muncul di sudut kanan atas Chrome. Penggunaannya sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengunjungi sebuah website, klik kanan, dan pilih opsi “simpan tautan ke Google Drive”.

BACA JUGA:  Sangat Mudah, Ini 3 Cara Membuat Suara Google Dengan Sound of Text

3. Dengan Google Keep Bisa Membuat Catatan

Cara Upload File di Google Drive dari HP dan PC
Dengan Google Keep Bisa Membuat Catatan

Jika Anda sering menggunakan catatan di ponsel pintar, pasti tidak asing dengan aplikasi Gogole Keep. Nah, dengan fitur ini, Anda dapat menyimpan catatan Anda di Google Drive secara otomatis dan membagikannya kepada pengguna lain dengan mudah.

Dengan fitur ini, Anda dapat berbagi catatan Google Keep Anda hanya dengan membagikan tautan G-Drivenya.

4. Backup File

Cara Upload File di Google Drive dari HP dan PC
Backup File

Fungsi yang sebenarnya sangat pokok bagi pengguna Android adalah bahwa Google Drive adalah salah satu layanan dari Google. Jadi, bagi pengguna Android, Google Drive menjadi salah satu aplikasi yang sudah ada di smartphone mereka. Dengan menyinkronkan perangkat dengan akun Google Drive, data secara otomatis akan terbackup.

5. Backup Chat

Cara Upload File di Google Drive dari HP dan PC
Backup Chat

Selain file dan data di ponsel Anda, Anda juga dapat mencadangkan semua percakapan chat WhatsApp ke Google Drive. Dengan menghubungkan akun WhatsApp dan Google Drive Anda, Anda dapat secara otomatis mencadangkan chat tersebut.

Caranya gampang banget, tinggal ubah pengaturannya di menu setelan dan atur akun Googlemu untuk dimasukkan ke akun Backup. Jangan lupa juga aktifkan sinkronisasi di menu setelan di smartphone dan tambahkan Whatsapp sebagai salah satu aplikasi yang di-backup ke akun Googlemu.

6. Mengubah file

Cara Upload File di Google Drive dari HP dan PC
Changing Files

Selain menyimpan dan membagikan file kepada orang lain, ada juga kegunaan lain yang sangat berguna yaitu fitur Edit file dokumen. Kamu dapat menggunakan aplikasi bawaan Google seperti Google Docs, Google Sheet, Google Slides, dan lain-lain. Semua dokumen yang kamu simpan di Google Drive dapat kamu buka dan sunting.

Kelebihan ini juga pastinya berguna untuk meningkatkan produktivitas kerja. Karena kamu dapat berkolaborasi dengan orang lain dengan cara membagikan tautan kepada mereka untuk mengisi dan mengedit dokumen tersebut. Setelah selesai, kamu bisa melihat kontennya untuk melakukan pengecekan.

Baiklah jika kamu sudah memahami fitur-fitur di atas, sekarang kita akan membahas bagaimana cara mengunggah file di Google Drive. Sebenarnya caranya cukup sederhana, tetapi tentu saja sedikit membingungkan bagi kamu yang belum pernah menggunakannya.

Cara Upload file ke Google Drive dengan mudah

Cara Upload File di Google Drive dari HP dan PC
Cara Upload File Di Google Drive Dari Hp Dan Pc

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan tentang cara mengunggah dan menyimpan file di akun Google Drive milik Anda. Langkah-langkah berikut dapat Anda lakukan baik melalui komputer maupun smartphone. Namun, sebelum melakukannya, pastikan Anda sudah memiliki akun Google atau Google Drive.

BACA JUGA:  Google Play Store Meluncurkan Fitur Autentikasi Biometrik Saat Pembelian

Cara Upload File di Google Drive dari PC/Komputer

1. Buka Browser

Pertama, buka browser di laptop kamu dan masuk ke akun Google (G-Mail) milikmu

2. Login Akun Gmail

Kemudian, login ke akun Gmail dan jika sudah berada di halaman utama email, kamu bisa klik ikon titik-titik kanan atas yang berisi beberapa aplikasi Google lainnya yang tersinkron dengan akun Google mu.

3. Pilih Google Drive

Klik logo Google Drive untuk masuk ke menu utama G-Drive.

4. Klik +New/Baru

Setelah berada di halaman utama, klik tombol +New/Baru di bawah logo G-Drive untuk mulai menambahkan file.

5. Pilih Upload File

Klik tombolnya dan akan muncul beberapa opsi, klik saja upload File untuk membuka jendela baru.

6. Pilih File Untuk di Upload

Di jendela baru, cari file yang akan kamu upload. Pilih file tersebut dan klik open untuk mulai menguploadnya.

7. Selesai

Tunggu beberapa saat hingga file terupload ke Google Drive. Sekarang file sudah tersimpan pada akun G-Drive milikmu.

Kamu dapat melakukan langkah-langkah di atas berulang kali sesuai kebutuhanmu. Dengan mengunggah file ke Google Drive, kamu dapat mengurangi penggunaan penyimpanan data pada harddisk PC-mu.

Belum puas dan ingin menggunakan metode ini untuk mengunggah file melalui ponsel pintar. Sebenarnya, mekanisme dan cara melakukannya sama persis. Berikut ini kami telah merangkum tutorialnya khusus untukmu.

Cara Upload File di Google Drive Melalui Ponsel

Cara Upload File di Google Drive dari HP dan PC
Cara Upload File Di Google Drive Dari Hp

Langkah berikut ini memerlukan aplikasi Google Drive yang harus terpasang di smartphone kamu. Tetapi jika kamu adalah pengguna android, biasanya aplikasi G-Drive sudah menjadi aplikasi bawaan yang terpasang secara otomatis saat kamu pertama kali membelinya.

  • Pertama, kamu harus mengunduh dan menginstal aplikasi Google Drive jika belum terpasang.
  • Setelah aplikasi tersedia, buka aplikasi Google Drive di layar smartphone kamu.
  • Setelah berada di layar utama, klik ikon tambah di pojok kanan bawah layar untuk melihat opsi lainnya.
  • Pilih opsi Unggah untuk membuka menu pencarian file di smartphone kamu.
  • Pilih file yang ingin kamu unggah dan klik pilih untuk memulai proses unggah file.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, file dari smartphone kamu akan disimpan dengan baik di Google Drive.
  • Selesai.

Cara upload file di Google Drive menggunakan HP dapat kamu lakukan berulang kali sampai kamu merasa file yang kamu pilih sudah cukup. Pastikan saja koneksi internetmu stabil saat kamu mengunggah file ke G-Drive karena jika sinyal terputus, proses unggah akan gagal dan harus diulang.


Sampai di sini pembahasan Teknodaim tentang cara upload File di Google Drive dari PC dan HP dengan mudah. Semoga dengan artikel ini, kamu dapat meningkatkan produktivitas dan memanfaatkan fitur-fitur dari platform Google.

Cloud ComputingGoogleGoogle Drive

Related Posts