5 Cara Restart Wifi Indihome di Ponsel dan Laptop Dengan Gampang

Fahmi Fefriandi

Fahmi Fefriandi

Buat kamu yang mengalami masalah dengan WIFI Indihome, berikut cara Restart Wifi Indihome sendiri dengan mudah.

Cara Restart Wifi Indihome Di Ponsel Dan Laptop

Cara Restart Wifi Indihome Di Ponsel Dan Laptop

Kali ini Teknodaim akan mengulas tentang Cara Restart Wifi Indihome. Metode ini memang sangat populer karena merupakan salah satu solusi yang sering digunakan untuk mengatasi masalah koneksi jaringan. Meskipun tampak sederhana, cara ini bisa sangat efektif dalam menyelesaikan masalah tersebut. Jadi, mari kita simak ulasan lengkapnya.

Wifi Indihome menjadi operator favorit yang sering digunakan untuk akses internet. Banyak orang memilih operator ini karena jaringannya yang cepat dan stabil. Indihome juga meliputi banyak area terpencil, menjadikannya salah satu penyedia jaringan internet teratas. Jadi, tidak mengherankan jika hingga sekarang Indihome masih bertahan.

Bukan selalu mulus, kadang-kadang jaringan internet Indihome bermasalah seperti lambat atau bahkan tidak ada sambungan. Dan biasanya, kamu sebagai pengguna tidak langsung meminta bantuan teknisi, melainkan mencoba solusi alternatif yaitu dengan merestart router.

Metode ini sangat biasa dan memang terbukti efektif, sehingga merestart router menjadi langkah awal setiap kali ada hambatan.

Namun, walaupun sering dilakukan, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara merestart router wifi, khususnya Indihome. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang mencari informasi tentang Cara Restart Wifi Indihome. Jadi, jika kamu adalah salah satu dari mereka yang mencari metode tersebut, teruslah membaca ulasannya.

Cara Restart Wifi Indihome Kamu

5 Cara Restart Wifi Indihome di Ponsel dan Laptop Dengan Gampang
Cara Restart Wifi Indihome Di Ponsel Dan Laptop 1

Cara restart Wifi Indihome ternyata harus memiliki aplikasi yang sangat beragam, sangat membantu sekali sebagai langkah penanganan awal. Tidak hanya pada router wifi, tetapi juga pada perangkat lain seperti komputer, smartphone, dan lainnya jika mengalami masalah, hal pertama yang kamu lakukan adalah melakukan restart. Jadi, restart ini memiliki fungsi yang sangat bermanfaat.

Sebenarnya, cara melakukan restart pada router Indihome itu sangat gampang. Kamu juga tidak harus meminta bantuan teknisi untuk melakukannya, tapi terkadang sebagai pengguna baru, kamu mungkin belum mengetahuinya. Ditambah lagi, banyak orang yang merasa khawatir jika melakukan sendiri justru akan merusak dan bisa memperburuk keadaan.

BACA JUGA:  Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel

Oleh karena itu, beberapa orang lebih suka meminta bantuan teknisi untuk melakukan reparasi meskipun masalahnya kecil seperti lambat atau kehilangan koneksi. Tentu saja ini akan memakan waktu jika teknisi yang dipanggil tak kunjung datang karena sibuk melayani klien lain. Jadi solusinya, memang kamu harus paham cara untuk merestart router wifi Indihome.

5 Cara Restart Wifi Indihome Sendiri

5 Cara Restart Wifi Indihome di Ponsel dan Laptop Dengan Gampang
5 Cara Restart Wifi Indihome Di Ponsel Dan Laptop

Ada 5 cara restart wifi Indihome jika kamu menemui masalah pada jaringan internet. Kamu bisa melakukannya sendiri tanpa harus meminta bantuan teknisi. Hal ini juga bisa mempersingkat waktu dan membuat kamu tidak bergantung pada teknisi.

Untuk cara restart wifi Indihome, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Tekan Tombol Mulai Ulang/Restart

5 Cara Restart Wifi Indihome di Ponsel dan Laptop Dengan Gampang
Tekan Tombol Mulai Ulang Restart

Cara restart wifi indihome yang pertama dan termudah yaitu menekan tombol restart yang terdapat di router. Hanya dengan satu kali klik, router akan otomatis melakukan proses restart. Tapi sayangnya, tidak semua router memiliki tombol restart ini. Jadi bagi kamu yang memiliki router dengan tombol restart, ini akan sangat mudah, cukup tekan satu kali dan semua selesai.

Dengan menekan tombol restart di router, maka router akan secara otomatis memuat ulang seakan-akan baru dihidupkan. Tombol restart ini biasanya berada di belakang router, sama seperti tombol power dan lubang soket untuk kabel LAN atau adaptor. Berikut ini adalah petunjuk bagaimana cara melakukan restart menggunakan tombol restart.

  • Pertama, kamu harus memeriksa router dan mencarinya di bagian belakang.
  • Tombol untuk memulai ulang biasanya ditandai dengan tulisan RST/RESTART.
  • Kamu bisa menekan tombol tersebut.
  • Saat tombol ditekan, biasanya ditunjukkan dengan lampu indikator yang mati lalu menyala lagi.
  • Dengan melakukan aksi tersebut, router akan melakukan restart.
  • Setelah itu, kamu bisa memeriksa jaringan dengan browsing. Jika koneksi berjalan baik, berarti masalah bisa ditangani.

2. Restart WiFi Melalui Tombol Power

5 Cara Restart Wifi Indihome di Ponsel dan Laptop Dengan Gampang
Mulai Ulang Dengan Tombol Power

Cara restart Wifi Indihome yang lainnya yaitu dengan menekan tombol power. Metode ini mirip seperti restart, hanya saja router akan mati saat tombol off ditekan, dan akan kembali menyala saat tombol on ditekan. Tapi fungsinya tetap sama, yaitu untuk merestart sistem sehingga performa router bisa kembali normal.

BACA JUGA:  2 Cara Menyambungkan Wifi Tanpa Password di HP Android Dengan Mudah

Jika router kamu tidak dilengkapi dengan tombol restart, kamu bisa mencoba metode restart menggunakan tombol power. Biasanya, letak tombol power ini tidak jauh berbeda dengan tombol restart, yaitu berada di bagian belakang router. Tombol power biasanya berdekatan dengan tombol restart. Berikut ini adalah langkah-langkah restart dengan tombol power.

  • Lihat router Indihome dan periksa bagian belakangnya.
  • Tombol power ditandai dengan tulisan on/off. Silahkan kamu tekan tombol itu.
  • Ketika tombol ditekan, lampu indikator akan mati dan tunggu sejenak.
  • Setelah menunggu beberapa detik, silahkan kamu tekan lagi tombol power agar router kembali hidup dan lampu indikator akan menyala lagi.
  • Dengan melakukan itu, sistem pada router akan melakukan restart.
  • Lakukan tes internet dengan browsing, jika sukses maka internetan akan lancar.

3. Menarik Kabel Daya

5 Cara Restart Wifi Indihome di Ponsel dan Laptop Dengan Gampang
Menarik Kabel Daya 1

Cara Restart Wifi Indihome bukan hanya tentang menekan tombol restart, menekan tombol daya atau mencabut sumber daya juga akan memberikan efek yang sama, yaitu inisiasi ulang. Oleh karena itu, jika di router kamu tidak ada tombol restart dan power, maka kamu bisa melakukan hal yang sama dengan mencabut kabel daya dan memasukkannya kembali.

Dengan menarik dan memasukkan kembali kabel listrik, sistem router akan melakukan inisialisasi ulang atau reboot. Kabel listrik ini tentu sangat mencolok, karena tanpa diragukan lagi kabel ini adalah sumber tenaga yang bisa menyalakan router. Jadi, saat kamu ingin melakukan reboot, kamu hanya perlu mencabutnya sejenak dan kemudian menancapkannya kembali.

4. Mencolok Lubang Reset Pada Router

5 Cara Restart Wifi Indihome di Ponsel dan Laptop Dengan Gampang
Mencolok Lubang Reset Pada Router

Cara Restart Wifi Indihome yang keempat yaitu dengan menekan tombol reset. Ini adalah alternatif lain yang setara dengan melakukan restart. Menekan tombol reset adalah cara manual jika memang tidak bisa dilakukan secara otomatis dari perangkat komputer atau smartphone kamu.

BACA JUGA:  Telkomsel Kembali Hadirkan Promo Paket Internet Murah #SurpriseDeal

Cara kerjanya tidak berubah, namun metode ini lebih menuju pada melakukan reset router yang berarti mengembalikan ke pengaturan awal ketika router pertama kali dipasang. Dengan melakukan reset, tentu semua konfigurasi mulai dari kata sandi dan lainnya akan kembali ke kondisi asal. Dan tentu saja, kamu perlu melakukan pengaturan ulang.

Posisi lubang untuk reset ini terletak di bagian belakang router, biasanya berada di antara lubang LAN dan kabel listrik. Ukurannya sangat kecil sehingga hanya bisa dimasuki oleh jarum. Jika kamu ingin melakukan reset, silakan ambil jarum dan tusuk ke lubang tersebut. Dengan begitu, router akan secara otomatis melakukan reset dan restart.

5. Melakukan Restar Melalui Website

5 Cara Restart Wifi Indihome di Ponsel dan Laptop Dengan Gampang
Melakukan Restar Melalui Website

Cara Restart Wifi Indihome yang terakhir adalah dengan membuka alamat router atau jaringan wifi. Namun di sini, kamu perlu terkoneksi dengan internet untuk bisa mengakses halaman atau alamat IP Router, baik lewat handphone atau komputer. Dengan mengunjungi alamat IP router Indihome tersebut, kamu bisa melakukan restart melalui opsi yang tersedia.

Metode ini cukup berlainan dibanding sebelumnya karena tidak memerlukan alat keras seperti tombol ulang, tombol daya dan sebagainya. Kamu bisa melakukan pengulangan dengan cara masuk di alamat IP. Jadi, kamu akan melakukan pengulangan secara online. Untuk lebih jelasnya, silahkan kamu ikuti panduan cara pengulangan secara online.

  • Nyalakan perangkat komputer atau HP kamu.
  • Selanjutnya, buka browser seperti chrome atau yang lainnya.
  • Ketikkan alamat IP router Indihome, contohnya 192.168.1.1.
  • Setelah berhasil masuk ke halaman tersebut, kamu perlu masuk menggunakan username dan password yang telah dibuat sebelumnya.
  • Setelah berhasil masuk, langkah berikutnya adalah memilih menu Administration kemudian klik System Management.
  • Di sini, kamu dapat memilih menu Restart, Reboot atau Restore Default.
  • Dengan begitu, sistem akan melakukan restart, tunggulah sampai proses selesai dan sistem akan mulai ulang.
  • Selesai.

Inilah beberapa Cara Restart Wifi Indihome dengan sederhana dan cepat menurut Teknodaim. Dengan mempraktekkan metode tersebut, kamu akan mampu melakukan pengulangan sendiri untuk mengatasi masalah seperti jaringan lambat, tidak ada koneksi internet, dan lainnya. Selamat mencoba dan semoga sukses.

IndihomeInternetTelkomselWiFiWiFi IndiHome

Related Posts