Teknodaim

    Cara Cek NIK Saat Registrasi Kartu SIM

    Penyalahgunaan NIK dan KK oleh orang lain saat registrasi SIM Card sulit dihindari. Tetapi kamu bisa lakukan cara cek NIK untuk registrasi SIM card ini.

    Cara Cek Nik Saat Registrasi Kartu Sim Card

    Cara Cek Nik Saat Registrasi Kartu Sim Card | emaratalyoum.com

    Pernah tidak kamu mengalami dimana saat ingin melakukan registrasi kartu SIM (SIM card) baru tidak bisa? Harusnya registrasi kartu SIM card itu dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK), ini malah sudah habis batasnya. Padahal kamu tidak pernah mendaftarkan banyak SIM card dengan NIK tersebut.

    Ternyata tanpa sadar NIK milikmu itu telah disalahgunakan oleh orang lain yang melakukan registrasi kartu SIM. Setelah dicek ke operator ternyata ada nomor asing yang telah terdaftar menggunakan NIK tersebut.

    Cara Cek NIK untuk Registrasi Kartu SIM Card

    Cara Cek NIK Saat Registrasi Kartu SIM
    Cara Cek Nik Untuk Registrasi Kartu SIM | ghatreh.com

    Setiap penggunaan kartu SIM baru atau membeli kartu SIM card baru, semua pengguna harus melakukan registrasi dengan NIK dan KK. Satu NIK hanya boleh menggunakan tiga kartu SIM.

    Salah satu cara yang bisa kamu lakukan supaya terhindar dari penyalahgunaan NIK dan nomor KK untuk registrasi nomor HP adalah dengan mengecek secara rutin.

    BACA JUGA:  9 Cara Mengatasi Indihome Lemot Agar Menjadi Cepat dan Stabil

    Operator seluler sendiri sekarang telah menyediakan fitur cara cek NIK yang terdaftar. Buat kamu yang belum tahu cara mengetahui NIK yang ingin mendaftar kartu SIM, berikut daftarnya.

    Cara Mengetahui NIK yang Telah Terdaftar Saat Registrasi Kartu SIM Card

    • Telkomsel: telepon ke 188
    • Indosat: kunjungi: https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index atau SMS ke 4444 dengan format INFO#NIK.
    • XL Axiata: USSD dengan format *123*4444#
    • Axis: kunjungi https://axis.co.id/cek-nik
    • Tri (3): SMS ke 4444 dengan format STATUS
    • Smartfren: SMS ke 4444 dengan format CEK

    Bagi yang telah melakukan pengecekan NIK dan ternyata ada nomor asing yang tidak kamu kenali menggunakan NIK dan KK kamu. Maka langkah yang tepat untuk mengatasi penyalahgunaan tersebut dengan melakukan proses ‘UNREG’.

    Pembatalan registrasi atau unreg karu SIM adalah hal harus kamu lakukan jika mengalami hal seperti di atas. Karena seperti yang kita tahu, kalau nomor SIM card itu terdapat banyak data pribadi pengguna. Demi menjaga keamanan, maka kamu perlu melakukan unreg NIK dan KK untuk nomor kartu SIM asing tersebut.

    BACA JUGA:  Panduan Aktivasi eSIM Telkomsel di Ponsel Android dan iPhone

    Nah untuk proses unreg sendiri Teknodaim akan membahas di artikel selanjutnya. Jadi buat kamu yang belum tahu caranya, ikuti terus Teknodaim untuk mengetahui caranya.

    AxisIndosatSIM CardSmartfrenTelkomselTriXL Axiata

    Related Posts