4 Cara Cek IMEI Samsung Terdaftar atau Tidak dengan Simpel

Fahmi Fefriandi

Fahmi Fefriandi

Buat kamu pengguna HP Samsung, Berikut Cara Cek IMEI Samsung dengan mudah untuk memastikan IMEI Terdaftar atau tidak

Cara Cek Imei Samsung

Cara Cek Imei Samsung

4 Cara Cek IMEI Samsung yang akan Teknodaim ulas pada artikel ini sangat bermanfaat karena hampir semua orang sekarang ini sudah memiliki smartphone untuk berkomunikasi agar dapat saling terhubung dengan yang berada jauh. Namun, apakah kamu sudah memeriksa apakah IMEI smartphone yang kamu gunakan sudah terdaftar atau belum?. Oleh karena itu, perhatikan ulasan Cara Cek IMEI Samsung.

Siapa sih yang tak familiar dengan Samsung, sebuah merek besar dari Korea Selatan. Pada dasarnya, Samsung terkenal dengan Smartphone-nya yang memiliki tampilan-tampilan yang sangat mewah dan menjadi salah satu pemilik telepon unggulan yang sering dipakai di seluruh penjuru dunia.

Memiliki ponsel Samsung bisa memberikan nuansa unik. Tetapi, sayang sekali jika kamu memiliki ponsel yang hebat tapi ternyata IMEI-nya tidak terdaftar. Semua itu akan sia-sia karena kamu tidak akan bisa menggunakan ponsel tersebut untuk berkomunikasi dan melakukan kegiatan seperti biasanya.

Bukan hanya itu, IMEI juga dapat berfungsi sebagai tanda apakah ponsel Samsung yang kamu pakai itu asli atau bukan. Sebab, dalam IMEI itu terdapat semua data lengkap tentang ponsel yang kamu miliki. Jika ternyata data yang diberikan tidak sesuai dengan data pada IMEI, bisa dipastikan bahwa ponsel tersebut bukanlah asli.

Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana cara memeriksa IMEI Samsung sehingga kamu bisa menghindari penipuan dan memastikan ponsel yang kamu pakai berfungsi dengan baik. Untuk mengetahui apakah IMEI terdaftar atau tidak, kamu perlu memperhatikan ulasannya.

Cara Cek IMEI Samsung

4 Cara Cek IMEI Samsung Terdaftar atau Tidak dengan Simpel
Cara Cek Imei Samsung 1

IMEI atau Identitas Peralatan Seluler Internasional adalah nomor identifikasi atau seri yang ada di setiap ponsel atau smartphone. Fungsi dari IMEI itu sendiri adalah untuk mengenali telepon seluler seperti GSM, IDEN, WCDMA, serta beberapa telepon satelit lainnya.

BACA JUGA:  Intip Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S23 FE

Setiap ponsel pintar yang diproduksi pasti punya nomor IMEI yang bisa kamu periksa keotentikannya. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa ponsel yang akan kamu pakai itu asli dan sudah terdaftar. Sebab setiap ponsel yang dihasilkan memiliki nomor seri uniknya sendiri sehingga sulit untuk dipalsukan.

Meski dalam skala internasional sekalipun, setiap ponsel hanya memiliki satu nomor seri IMEI. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu yang memiliki smartphone untuk mengetahui cara memeriksa IMEI. Dan jika memang belum terdaftar di negara masing-masing, kamu harus segera mendaftarkannya agar dapat segera digunakan.

Sangat penting bagi kita untuk tahu bagaimana cara memeriksa IMEI. Meski ada berbagai kegunaan dari memeriksa IMEI, salah satu yang paling sering digunakan adalah untuk memastikan bahwa ponsel tersebut adalah asli dengan semua informasi yang sudah disertakan.

BACA JUGA

Fungsi Nomor IMEI

4 Cara Cek IMEI Samsung Terdaftar atau Tidak dengan Simpel
Fungsi Imei

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, penting bagi kamu untuk mengetahui nomor IMEI pada ponsel milik kamu. Karena semua data dicantumkan disitu sehingga kamu bisa mengetahui secara rinci tentang informasi tanggal produksi dan lainnya.

Jadi, selain untuk mencari tahu informasi yang telah diuraikan sebelumnya, apa lagi yang bisa kamu lakukan dengan nomor IMEI tersebut. Berikut penjelasannya:

BACA JUGA:  Harga dan Spesifikasi Infinix Smart 8, Punya Fitur Magic Ring

1. Memastikan Handphone Asli atau Palsu

4 Cara Cek IMEI Samsung Terdaftar atau Tidak dengan Simpel
Memastikan Handphone Kamu Asli Atau Palsu

Fungsi utama yang sering diaplikasikan pada nomor IMEI adalah untuk mengecek apakah ponsel yang akan kamu beli itu original, bukan tiruan atau palsu. Semua informasi akan disimpan pada nomor tersebut.

2. Untuk Mencari HP Saat Kehilangan

4 Cara Cek IMEI Samsung Terdaftar atau Tidak dengan Simpel
Bisa Ditemukan Saat Kamu Kehilangan

Fungsi tambahan dari nomor IMEI yaitu, kamu bisa menemukan ponsel yang hilang dengan melacak nomor IMEI yang sudah kamu ketahui.

3. Identitas Ponsel

4 Cara Cek IMEI Samsung Terdaftar atau Tidak dengan Simpel
Identitas Handphone Kamu

Nomor IMEI dapat kamu gunakan sebagai tanda pengenal ponsel milik pribadi. Ini karena setiap ponsel yang dibuat hanya memiliki satu nomor IMEI, yang berarti tidak ada yang sama dengan itu meskipun di seluruh dunia.

4. Memblokir Ponsel

4 Cara Cek IMEI Samsung Terdaftar atau Tidak dengan Simpel
Memblokir Smartphone

Manfaat lainnya adalah kamu bisa melakukan pemblokiran ponsel ketika ponsel tersebut raib atau karena diambil maling. Ini bisa dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan yang akan dilakukan oleh pelaku pencurian tersebut. Jadi, sebelum terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, kamu bisa melakukan pemblokiran.

Begini Cara Cek IMEI Samsung Terdaftar atau Tidak

4 Cara Cek IMEI Samsung Terdaftar atau Tidak dengan Simpel
Cara Cek Imei Samsung Kamu Terdaftar Atau Tidak

Selain pentingnya kamu mengetahui nomor IMEI, kamu juga harus memeriksa apakah IMEI ponsel kamu sudah terdaftar atau belum. Ini penting untuk mencegah pembatasan telekomunikasi pada ponsel yang kamu pakai.

Sudah ada banyak kasus di mana banyak pemilik handphone tidak sadar bahwa IMEI yang mereka gunakan belum terdaftar. Alhasil, handphone tersebut jadi tidak bisa dipakai dan penggunaannya dibatasi.

1. Cara Cek IMEI Samsung Melalui Menu Pengaturan Ponsel

4 Cara Cek IMEI Samsung Terdaftar atau Tidak dengan Simpel
Cara Cek Imei Samsung Melalui Pengaturan Handphone

Metode pertama dan termudah untuk cara cek IMEI Samsung yang bisa dilakukan melalui menu pengaturan di ponsel Samsung. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu Settings di handphone Samsung kamu.
  • Lalu, carilah menu About Phone atau Tentang Ponsel.
  • Selanjutnya, pilih menu Status.
  • Jika kamu menggunakan ponsel dengan dua kartu, maka akan ada dua IMEI.
  • Sekarang kamu sudah tahu nomor IMEI di handphone tersebut.
BACA JUGA:  Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Series dengan Fitur Kamera 200 MP

2. Cara Cek IMEI Samsung Melalui Kode Dial *#06#

4 Cara Cek IMEI Samsung Terdaftar atau Tidak dengan Simpel
Cara Cek Imei Samsung Dengan Menggunakan Kode Dial

Metode yang kedua adalah cara cek IMEI Samsung yang lebih sederhana, yaitu dengan memakai kode dial. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, mohon buka ponsel kamu dan masuk ke menu dial atau panggilan.
  • Selanjutnya, ketikkan kode dial *#06# dan kemudian klik panggil.
  • Dengan cara ini, nomor IMEI yang terdaftar akan muncul secara otomatis.

3. Cara memeriksa IMEI Samsung di website online

Berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa IMEI adalah dengan memanfaatkan situs online.

  • Buka browser yang kamu miliki di perangkatmu.
  • Selanjutnya, kamu bisa mengunjungi situs IMEI.info.
  • Di kolom yang telah disediakan, silakan kamu masukkan nomor IMEI dan klik Check.
  • Sekarang, informasi nomor IMEI sudah muncul dengan semua informasi yang lengkap.

4. Cara Cek IMEI Samsung Melalui Website Kemenperin

Langkah terakhir adalah cara cek IMEI Samsung melalui website resmi Kemenperin.

  • Tolong kamu masuk ke situs Kemenperin.
  • Lalu, masukkan nomor IMEI di kolom yang disediakan.
  • Setelah itu, klik Search dan tunggu sampai proses pengecekan selesai.
  • Nanti, akan ada informasi lengkap tentang ponsel.
  • Sekarang, kamu hanya perlu membandingkan informasi itu dengan informasi di dus ponsel.

Untuk informasimu, sejatinya di dalam kotak ponsel nomor IMEI sudah tercatat. Tetapi, tujuan dari pengecekan ini adalah untuk memverifikasi keakuratan informasi yang sudah tertera di kotak ponsel tersebut. Tujuannya adalah untuk memastikan apakah IMEI yang tertera sama dengan yang kita periksa melalui metode-metode diatas.

Setelah Cara Cek IMEI Samsung dan membuktikan IMEI handphone tersebut benar-benar asli, tentu saja tidak akan ada selisih. Namun, jika ada selisih atau bahkan tidak terdaftar, bisa dipastikan bahwa handphone itu adalah tiruan.

Inilah alasan mengapa penting untuk melakukan pengecekan ulang sesuai dengan metode yang sudah kamu jelaskan. Dan untuk memastikannya, kamu bisa memeriksanya melalui situs Kemenperin.

Itulah ulasan Teknodaim mengenai cara cek IMEI Samsung agar kamu tahu IMEI kamu Terdaftar atau tidak. Tentunya, kamu sebagai pengguna Samsung tidak mau handphone yang kamu gunakan terpengaruh pembatasan karena IMEI handphone tidak terdaftar. Jadi, silakan untuk melakukan pengecekan dengan langkah-langkah yang telah aku jelaskan sebelumnya.

AndroidIMEIsamsung

Related Posts