Cara Cek Bantuan UMKM Terbaru 2023 Serta Syarat dan Cara Mendaftar

Fahmi Fefriandi

Fahmi Fefriandi

Berikut Cara Cek Bantuan UMKM serta cara dan syarat daftar UMKM tahun 2023. Dengan cara ini tentu kamu dapat

Cara Cek Bantuan Umkm

Cara Cek Bantuan Umkm

Cara Cek Bantuan UMKM ini sangat diperlukan karena menerima bantuan bisnis dari Pemerintah pasti sangat berguna untuk pemilik bisnis kecil dan mikro. Bisnis yang kamu jalankan akan mendapatkan peningkatan modal dari pemerintah melalui bantuan UMKM. Kemudian, bagaimana cara cek bantuan UMKM menjadi pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon penerima bantuan tersebut.

Sejak pandemi berkecamuk dua setengah tahun yang lalu, pelaku usaha kecil dan mikro merasakan masalah pada total pendapatan mereka. Mereka mengalami kerugian yang signifikan akibat penyebaran virus ini ke berbagai negara. Hal ini memberikan dampak kepada pelaku usaha di semua sektor.

Sebab pada periode itu, kamu tak diizinkan untuk berinteraksi secara langsung dengan orang lain. Hal ini membuat bisnis yang kamu jalankan mengalami penurunan drastis dalam hal pengunjung dan penghasilan. Hanya dengan metode penjualan online, kamu bisa mulai berjualan lagi.

Tapi bagi orang baru, ini adalah sesuatu yang sangat baru dan membutuhkan adaptasi baru dalam hal pengepakan dan harga. Untuk kelangsungan bisnis kecil dan mikro, Pemerintah memberikan bantuan kepada pelaku UMKM. Supaya bisnis yang kamu jalankan bisa bertahan hingga akhir. Tidak hanya cara cek bantuan UMKM saja, Teknodaim juga akan memberikan tips serta syarat mendaftar menjadi penerima bantuan UMKM.

Apa Itu UMKM?

Cara Cek Bantuan UMKM Terbaru 2023 Serta Syarat dan Cara Mendaftar
Bantuan Umkm

Sebelum masuk ke Cara cek bantuan UMKM ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang Bantuan UMKM. Bantuan UMKM merupakan suatu bentuk dukungan finansial langsung dari pemerintah. Jumlah bantuan yang akan diterima oleh pengusaha kecil dan mikro adalah sekitar Rp. 2.4 juta. Kamu akan mendapatkannya dalam empat kali pembayaran selama satu tahun.

Tujuan dari bantuan UMKM ini adalah untuk membantu para pelaku usaha kecil dan mikro agar bisa bertahan di tengah pandemi. Pemerintah membidik bantuan BLT UMKM ini untuk 12,8 juta pelaku UMKM. Dengan total dana yang telah disalurkan mencapai 15,36 triliun rupiah.

BACA JUGA:  3 Rekomendasi Bisnis Rumahan Buat Kamu yang Malas Keluar

Bantu UMKM yang diadakan Pemerintah terbagi dalam beberapa tipe yang tidak sama. Seperti yang dilansir dari situs resmi kemenkopumkm.go.id, tipe bantuan subsidi UMKM dibedakan menjadi 4 kategori. Yaitu KUR, LPDB KUKM, Program Pemulihan Ekonomi Nasional (Program PEN) dan program Banpres untuk bisnis mikro (BPUM).

BACA JUGA

Syarat Mengusulkan UMKM

Cara Cek Bantuan UMKM Terbaru 2023 Serta Syarat dan Cara Mendaftar
Syarat Mengusulkan Bantuan Umkm 2

Supaya bisnis kecil yang kamu jalankan bisa menerima bantuan UMKM dari Pemerintah, kamu harus memastikan memenuhi semua persyaratan yang diperlukan. Tapi sebelumnya, kamu perlu mengajukan permohonan bantuan untuk bisnis kecil yang sedang kamu jalankan.

Apabila kamu sudah mendaftar, kamu dapat mencari informasi tentang bagaimana cara mengecek bantuan UMKM dan apakah kamu termasuk dalam daftar penerima manfaat dari bantuan tersebut? Mohon untuk memastikan persyaratan pengajuan bantuan UMKM telah dipenuhi terlebih dahulu seperti berikut:

1. Penduduk Negara Indonesia

Cara Cek Bantuan UMKM Terbaru 2023 Serta Syarat dan Cara Mendaftar
Syarat Mengusulkan Bantuan Umkm 1

Syarat utama yang harus kamu lengkapi untuk mengajukan bantuan UMKM adalah status sebagai WNI. Target Pemerintah diarahkan untuk pelaku usaha mikro dan kecil yang merupakan Warga Negara Indonesia asli. Dan jangan lupa pastikan kamu memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang asli ya.

2. Bukan Lembaga Pemerintah

Cara Cek Bantuan UMKM Terbaru 2023 Serta Syarat dan Cara Mendaftar
Bukan Lembaga Pemerintah 1

Selanjutnya yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan bantuan UMKM, kamu harus memenuhi syarat ini. Di mana kamu bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai BUMD atau BUMN. Karena bantuan ini ditujukan pada penerima manfaat di sektor kecil seperti rakyat biasa.

3. Memiliki Bukti Bisnis Mikro

Cara Cek Bantuan UMKM Terbaru 2023 Serta Syarat dan Cara Mendaftar
Memiliki Bukti Bisnis Mikro

Bisnis mikro yang saat ini kamu jalankan dan memiliki bukti pengajuan sebagai penerima bantuan BPUM dari yang mengusulkan BPUM. Dilengkapi dengan lampiran yang lengkap seperti :

  • Nomor Identitas Penduduk (NIK).
  • Nomor Identitas Keluarga (KK).
  • Nama lengkap dan alamat rumah.
  • Sektor bisnis.
  • Nomor Kontak.

4. Sedang Tidak Menerima Kreditur Usaha Rakyat (KUR).

Cara Cek Bantuan UMKM Terbaru 2023 Serta Syarat dan Cara Mendaftar
Sedang Tidak Menerima Kreditur Usaha Rakyat Kur

Jika kamu berkeinginan untuk mendaftar sebagai penerima UMKM, maka informasi dari semua KK yang dimiliki tidak boleh sedang menerima pinjaman. Jika ada satu nama dari KK yang memiliki pinjaman dari bank BRI (KUR), maka kamu tidak bisa mengajukan untuk mendapatkan bantuan UMKM dari pemerintah.

BACA JUGA:  Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis Dalam 5 Menit!

Cara Mendaftar UMKM

Cara Cek Bantuan UMKM Terbaru 2023 Serta Syarat dan Cara Mendaftar
Tata Cara Mendaftar Bantuan Umkm

Untuk kamu yang memiliki usaha kecil atau mikro dan terkena dampak pandemi corona, kamu bisa mencoba untuk mendaftar bantuan UMKM yang disediakan Pemerintah. Dalam proses pendaftaran ini, kamu juga harus memastikan bahwa usaha kamu memenuhi persyaratan yang diberikan. Agar kamu bisa mendaftarkan usaha yang sedang kamu jalankan, berikut ini adalah cara mendaftar bantuan UMKM:

  • Pertama kamu perlu melampirkan dokumen yang diperlukan seperti NPWP, SIU (Surat Izin Usaha) dan KTP.
  • Silahkan datang ke Dinas terkait Koperasi dan UMKM di wilayah kamu masing-masing.
  • Lalu kamu isi formulir pendaftaran dengan benar dan lengkapi semua lampiran yang diperlukan.
  • Pihak Dinas Koperasi dan UMKM terkait akan memproses dan memverifikasi permohonan yang kamu ajukan untuk mendapatkan BLT UMKM.

Kamu dapat memeriksa status pengajuan BLT UMKM yang kamu ajukan di laman eform.bri.co.id/bpum. Jika semua dokumen pendukung telah kamu siapkan, kamu dapat langsung mendaftar sebagai calon penerima manfaat BLT UMKM. Jika sudah mendaftar jangan lupa cara cek bantuan UMKM ini sangat perlu karena demi bantuan untuk mengembangkan bisnis kecilmu.

Cara Cek Bantuan UMKM Lewat Website

Cara Cek Bantuan UMKM Terbaru 2023 Serta Syarat dan Cara Mendaftar
Cara Cek Bantuan Umkm Lewat Website

Pada tahun 2023, Pemerintah masih mengalirkan dukungan sebesar 2,4 juta rupiah kepada pemilik UMKM, yang didistribusikan oleh dua Departemen – Departemen Koperasi dan UKM. Untuk cara cek bantuan UMKM apakah kamu berhak atas BLT UMKM atau tidak, kamu bisa mengeceknya melalui situs web. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

  • Langkah awal, silahkan pakai mesin pencari seperti Browser dan Google.
  • Ketik link eform.bri.co.id/bpum di kolom pencarian.
  • Nantinya kamu akan diarahkan ke halaman resmi website tersebut.
  • Terdapat kolom data yang harus kamu lengkapi.
  • Mohon masukkan nomor KTP/ NIK.
  • Kemudian masukkan kode verifikasi.
  • Terakhir, tekan submit untuk mengetahui info apakah kamu penerima bantuan BLT UMKM.
BACA JUGA:  Cara Pesan Makanan di ShopeFood, Banyak Promo Gratis Ongkir dan Bisa COD

Jika nama kamu masuk dalam daftar penerima bantuan UMKM dari Pemerintah, maka akan ada konfirmasi bahwa kamu merupakan penerima BLT UMKM. Tapi, halaman tersebut masih menunggu konfirmasi dari Pemerintah tentang apakah bantuan tersebut akan dilanjutkan atau tidak. Itulah metode sederhana untuk cara cek bantuan UMKM via website.

Keuntungan Dukungan Pemerintah untuk UMKM

Cara Cek Bantuan UMKM Terbaru 2023 Serta Syarat dan Cara Mendaftar
Keuntungan Dukungan Pemerintah Untuk Umkm

Ketika bisnis kamu berada dalam situasi krisis dikarenakan ketidakstabilan antara pemasukan dan pengeluaran. Ada kemungkinan bisnis kamu bisa jatuh atau bangkrut. Kamu tentu tidak menginginkan hal ini terjadi, bukan? Maka dari itu, Pemerintah memberikan dukungan kepada pelaku UMKM.

Setelah melakukan cara cek bantuan UMKM, jika kamu penerima bantuan, maka ini merupakan suatu modal yang berupa dukungan dari pemerintah.

Sebagai bentuk bantuan dari Pemerintah untuk para pengusaha kecil yang berperan dalam pertumbuhan ekonomi Negara. Bantuan UMKM akan sangat membantu untuk pengusaha UMKM yang sedang menghadapi masalah dana dan pemasaran. Dengan adanya bantuan ini, pengusaha UMKM bisa merasakan keuntungannya seperti :

1. Menaikkan Modal Bisnis Kamu

Di luar memberikan dukungan ketika dalam situasi pandemi yang sangat memerlukan bantuan dana. Bantuan BLT UMKM juga sangat berguna bagi para pengusaha karena menerima dana ekstra melalui jenis bantuan yang disalurkan. Baik itu bantuan KUR atau bantuan lainnya yang diberikan Pemerintah.

2. Meningkatkan Keterampilan Kamu Sebagai Pengusaha

Berjalan berkat adanya dukungan UMKM dalam aspek pendidikan tentang berbisnis dan strategi bisnis. Ini disediakan oleh pemerintah melalui seminar bersama dengan badan dan institusi yang relevan. Mengenai promosi produk dan informasi vital bagi UMKM untuk tetap tumbuh.

Selain itu, ada keuntungan yang bisa dirasakan dengan keberadaan tempat konsultasi bisnis sebagai fasilitas bagi UMKM. Semua ini diberikan pemerintah sebagai bentuk dukungan non tunai kepada pelaku UMKM di Indonesia.

3. Mengembangkan Jaringan Pemasaran Kamu

Sebagai wujud keterlibatan pemerintah terhadap pelaku UMKM dan bisnis kecil lainnya, mereka menggelar bazaar. Pasar besar ini diorganisir oleh pemerintah untuk mempromosikan bisnis kecil dan menengah melalui pasar bazaar. Atau kamu bisa berpartisipasi dalam pameran yang diadakan oleh pemerintah seperti GEBYAR UMKM.

Hanya itu yang bisa Teknodaim jelaskan mengenai cara cek bantuan UMKM serta informasi lainnya tentang UMKM. Kamu bisa mencoba untuk mendaftar sebagai penerima manfaat dari Pemerintah sebagai UMKM. Semoga informasi yang disampaikan bisa berguna untuk semua dan terima kasih.

Bisnis OnlineUMKM

Related Posts