Plugin WordPress Bisa Meningkatkan Fungsionalitas Website, Lho!

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Plugin WordPress Bisa Meningkatkan Fungsionalitas Website, Lho!

Plugin WordPress - Futureentech.com

Plugin WordPress – Futureentech.com

Plugin adalah jenis perangkat lunak yang memberikan kemampuan tambahan pada suatu program. Kadang-kadang, alat ini juga bisa kita mengenalnya sebagai penambahan atau ekstensi. Dalam WordPress, perangkat lunak ini memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan fungsional dari sebuah situs web.

Plugin WordPress Bisa Meningkatkan Fungsionalitas Website, Lho!
Sumber: Iphon.fr

Pada artikel ini, akan penulis jelaskan mengenai pengertian dan fungsi plugin WordPress, serta informasi yang berkaitan lainnya. Selamat membaca!

Pengertian Plugin WordPress

Plugin WordPress adalah alat tambahan yang kita gunakan untuk menambahkan fitur khusus pada sebuah program atau situs web. Plugin ini kita gunakan pada website WordPress untuk mengubah dan memperluas fungsi utama.

WordPress menawarkan banyak pilihan, baik yang berbayar maupun gratis. Dengan mengaktifkan pilihan yang tepat, akan meningkatkan fungsi situs dan meningkatkan pengalaman pengguna (UX) website. Selain itu, juga membuat aktivitas dan pekerjaan Anda menjadi lebih mudah.

Peran dan Manfaat Plugin Pada WordPress

Plugin berperan dalam menyediakan fitur yang dapat mengubah atau memodifikasi kemampuan suatu program. Di platform WordPress, plugin dapat kita gunakan untuk mengubah kode asli dari situs tanpa harus melakukan edit secara manual. Cukup dengan mengunduh dan menginstal plugin, maka website dapat kamu ubah menjadi toko online, majalah online, portofolio online, dan lain-lain.

BACA JUGA:  5 Website Terbaik untuk Membuat Kesimpulan Artikel Secara Otomatis

Sebagai ilustrasi, ada WooCommerce yang dapat kita gunakan untuk membuat sebuah toko online. Oh iya, selain itu ada Bookly yang berguna untuk membuat sistem reservasi online. Selain itu, ada juga Envira yang banyak para fotografer sukai. Karena biasanya mereka memiliki website fotografi.

Selain itu, ada juga orang-orang yang bekerja di belakang layar. Mereka menggunakan alat-alat ini untuk meningkatkan kinerja dan cara kerja sebuah situs web. Beberapa contohnya adalah WPSmush yang berguna untuk mengompresi gambar. W3 Total Cache yang dapat meningkatkan performa situs. WordFence yang berperan dalam meningkatkan keamanan sistem situs web.

Tentang Keamanan Plugin WordPress

Anda dapat mengunduh plugin WordPress dari berbagai marketplace dan situs web yang ada. Namun, sangat penting bagi Anda untuk berhati-hati dalam memilih situs atau marketplace yang aman. Sebabnya, ada developer yang mungkin tidak memiliki lisensi yang dapat  mereka pertanggungjawabkan ketika mengembangkannya.

Untuk memastikan keamanan situs, penulis sarankan untuk menggunakan direktori WordPress. Ada lebih dari 50.000 pilihan yang dapat kita pilih di direktori.

Selain edisi gratisnya, ada juga edisi berbayar yang menyediakan fitur-fitur canggih yang lebih banyak. Anda dapat mengunjungi pasar seperti Code Canyon, MOJO Marketplace, atau Creative Market untuk mencari pilihan yang berbayar.

BACA JUGA:  Begini Cara Mengunci Telegram Tanpa Menggunakan Aplikasi

Ketika memilih antara versi gratis dan premium, penting untuk kamu ingat bahwa versi berbayar tidak selalu lebih unggul daripada versi gratis. Ada banyak opsi gratis yang menawarkan fitur premium dengan kualitas yang sama atau bahkan lebih baik. Jadi, jika versi premium begitu mahal, Anda memiliki alternatif untuk menggunakan versi gratis.

Ada Beberapa Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Sebelumnya, penting untuk memahami kebutuhan website Anda. Tidak ada gunanya membuka repositori WordPress jika Anda tidak memiliki pemahaman tentang apa yang perlu kamu instal.

Selanjutnya, cari informasi tentang alat-alat yang penulis rekomendasikan buat kamu. Pendekatan ini sangat bermanfaat jika Anda merasa bingung dalam memilih opsi paling top untuk menginstal ke situs Anda.

Sebelum melanjutkan, periksa apakah plugin yang akan kamu pasang kompatibel dengan versi dan tema WordPress yang kamu gunakan. Beberapa plugin mungkin tidak cocok dengan versi WordPress yang lama atau baru. Jika tema yang Anda gunakan tidak kompatibel, lebih baik tidak melanjutkan proses pemasangan agar tidak merusak website.

Alasan mengapa kamu tidak dapat mengaktifkan plugin di platform WordPress adalah karena ada dua versi WordPress yang berbeda. Pertama, WordPress.com. Kedua, WordPress.org.

Pada WordPress.org, pengguna memiliki kebebasan untuk menginstal berbagai plugin, sedangkan pada WordPress.com tidak. Hanya pengguna yang memiliki Paket Business WordPress.com yang memiliki izin untuk menginstal plugin di situs mereka. Namun, pilihan plugin yang ada memiliki batas persediaan.

BACA JUGA:  Rekomendasi Buat Smart Home Kamu: LG Robot AI Agent

Apakah Menginstal Banyak Plugin itu Boleh?

Secara teknis, jumlah plugin yang kamu instal tidak akan berdampak pada performa situs. Namun, jika ada plugin yang tidak pernah kamu perbarui, hal itu dapat menyebabkan error atau bahkan menurunkan performa website.

Penting untuk kamu ingat bahwa setiap hal yang Anda tambahkan ke website Anda akan membutuhkan ruang. Jadi, jika Anda menginstal begitu banyak hal, kapasitas disk atau ruang website Anda akan berkurang secara signifikan.

Selain itu, ada beberapa pilihan yang memiliki fungsi yang serupa. Jika kamu instal secara bersamaan, fitur-fiturnya akan saling bertabrakan dan menyebabkan masalah. Oleh karena itu, sebaiknya hanya menginstal beberapa yang paling cocok dengan kebutuhan kita.

Dapat penulis katakan bahwa WordPress tidak akan sehebat sekarang jika bukan karena plugin. Plugin ini memiliki kemampuan untuk mengembangkan fungsionalitas website lebih advance, menjaga keamanan, dan memaksimalkan potensi website.

Penutup

Setelah membaca artikel ini, penulis harap Anda sekarang sudah mengerti tentang plugin, manfaatnya, dan hal-hal yang perlu kamu ketahui. Jika ada pertanyaan lain yang ingin Anda ajukan, jangan ragu untuk mengungkapkannya melalui kolom komentar di bawah ini!

Baca Juga:

Misteri Magnet: Mengapa Magnet Selalu Memiliki Dua Kutub? – Teknodaim.com

Gelombang Radio Luar Angkasa Terus Bermunculan, Ini Faktanya! – Teknodaim.com

Cuaca Panas Membuat Jalan Mendidih di Indonesia, Begini Faktanya! – Teknodaim.com

IoTPluginSoftwareWebsiteWordPress

Related Posts