Apa itu (Pengertian), Simbol, Jenis, dan Contoh Flowchart

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Berikut ini penulis bahan apa itu (pengertian), simbol, jenis, dan contoh penggunaan flowchart dalam kehidupan sehari-hari.

Apa Itu (pengertian), Simbol, Fungsi, Dan Jenis Flowchart (visme)

Apa Itu (pengertian), Simbol, Fungsi, Dan Jenis Flowchart (visme)

Apakah kamu sering mendengar tentang flowchart? Istilah ini sering digunakan dalam pembuatan konten visual. Flowchart atau diagram alir biasanya untuk presentasi atau membantu pembaca memahami urutan atau langkah dalam suatu proses. Lalu, apa itu (pengertian), simbol, jenis, dan contoh flowchart? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Flowchart

Flowchart adalah gambar atau diagram yang digunakan untuk menggambarkan alur atau langkah-langkah dalam suatu proses secara grafis. Tujuan pembuatan bagan alir untuk menjelaskan setiap langkah atau urutan dalam suatu proses. Salah satu kelebihan dari flowchart adalah kemudahan pemahaman bagi pembaca. Dengan menggambarkan alur secara visual menggunakan grafis, pembaca akan lebih mudah memahami proses tersebut daripada harus membacanya satu per satu.

Menggunakan diagram alir dapat membuat konten menjadi lebih terang, mudah untuk kita mengerti, dan sederhana. Ini tentu saja berpengaruh pada pemahaman pembaca dan mengurangi kemungkinan kesalahan penafsiran atau pemahaman.

Fungsi Flowchart

Bagan alir berguna untuk menggambarkan alur atau proses secara visual. Selain itu, diagram alir juga berguna untuk mempermudah pemahaman pembaca dengan menyederhanakan proses atau prosedur yang ada. Pada umumnya, bagan alir juga lengkap dengan simbol-simbol yang mewakili alur atau proses tersebut.

BACA JUGA:  5 Cara Mengirim File dari Laptop ke HP yang Paling Sering Digunakan

BACA JUGA:

Simbol

Dalam bagan alir, terdapat banyak simbol yang dapat kita gunakan dengan arti dan fungsi yang berbeda-beda. Menurut LucidChart, berikut adalah arti dan fungsi dari simbol-simbol yang umum digunakan dalam flowchart.

Apa itu (Pengertian), Simbol, Jenis, dan Contoh Flowchart
Ini Dia Simbol Flowchart (DetikInet)

Proses

Simbol ini termasuk dalam kategori Simbol Aksi. Pada simbol ini melambangkan suatu proses, tindakan, atau fungsi. Simbol ini sering digunakan dalam bagan alir.

Terminator

Simbol Terminator adalah sebuah simbol yang menandakan titik awal atau akhir dari sebuah jalur proses. Simbol ini juga dikenal dengan sebutan Start/End Symbol.

Dokumen

Simbol ini untuk menunjukkan masukan atau keluaran dari dokumen. Fungsinya adalah untuk menjelaskan jenis masukan yang diterima oleh dokumen dan jenis keluaran yang dihasilkan oleh bagan alur tersebut.

Predefined Process

Simbol bagan alir ini untuk menggambarkan langkah-langkah yang dilakukan. Biasanya berguna untuk menggambarkan proses atau operasi yang kompleks dalam diagram alir. Simbol ini juga menunjukkan bahwa proses tersebut merujuk ke tempat lain dalam halaman kerja flowchart.

BACA JUGA:  Mengenal Perkembangan Sejarah Komputer Secara Singkat

Decision

Simbol ini untuk pertanyaan dengan jawaban yang sudah pasti, seperti benar/salah atau ya/tidak. Setelah menggunakan simbol ini, biasanya alur cerita akan terbagi menjadi dua bagian. Kedua bagian itu untuk menjelaskan konsekuensi atau dampak dari kedua pilihan jawaban tersebut.

Connector

Simbol ini sering orang-orang sebut sebagai on-page-link. Simbol ini mengacu pada elemen atau proses terpisah yang masih berada di halaman yang sama.

Off-Page-Link

Simbol tersebut berfungsi untuk menghubungkan elemen atau proses kerja yang terpisah yang ada di beberapa halaman. Umumnya, nomor halaman lain yang menjadi referensi dalam bagan alir tersebut ditambahkan di dalamnya.

Data

Simbol ini memliki nama lain simbol Input/Output. Simbol ini mengacu pada data yang tersedia untuk kita gunakan sebagai masukan atau keluaran, dan merepresentasikan sumber daya yang ada.

Note

Biasanya, simbol Note digunakan bersama dengan teks atau kata-kata. Fungsinya adalah untuk memberikan penjelasan atau komentar tambahan.

Jenis Flowchart

Bagan alir memiliki berbagai jenis yang digunakan secara umum. Beberapa jenis flowchart tersebut adalah sebagai berikut:

Bagan Alir Dokumen

Flowchart dokumen adalah jenis bagan alir untuk menunjukkan kontrol yang terdapat dalam alur dokumen. Biasanya, diagram alir ini tersusun dari kiri ke kanan dan berfungsi untuk mendokumentasikan aliran dokumen dari berbagai sumber referensi.

BACA JUGA:  Cara Menyambungkan Internet HP ke Komputer atau Laptop

Flowchart Data

Bagan alir ini menggambarkan bagaimana kontrol mengatur aliran data dalam sistem. Diagram ini menggambarkan proses di mana data dikirim melalui beberapa tahapan.

Bagan alir Sistem

Flowchart adalah bagan yang berguna untuk menggambarkan langkah-langkah dalam menjalankan suatu sistem. Dalam bagan alir ini terdapat beberapa komponen seperti input data, program, tempat penyimpanan data, komputer atau perangkat pemrosesan lainnya, serta jaringan komunikasi.

Flowchart Program

Flowchart adalah suatu bagan yang berguna untuk mengilustrasikan suatu proses, urutan pemrograman, atau algoritma. Umumnya, bagan alir ini berguna untuk membuat daftar program dengan menggunakan bahasa pemrograman. Dalam perkembangannya, bagan alir ini juga populer sebagai Notasi Algoritma.

Penerapan

Dalam bagian ini, Teknodaim ingin memberikan contoh mengenai bagan alir. Berikut adalah contoh flowchart proses. Bagan alir ini menggambarkan langkah-langkah atau tahapan yang harus kita lakukan dalam proses penjualan barang.

Apa itu (Pengertian), Simbol, Jenis, dan Contoh Flowchart
Contoh penerapan flowchart penjualan barang (Good News From Indonesia)

Terdapat berbagai macam jenis flowchart yang dapat kita gunakan dalam membuat presentasi atau tugas. Kamu dapat membuat diagram alir tersebut menggunakan program seperti Word, Power Point, atau menggunakan layanan grafis dari website lainnya.

Jadi, itulah penjelasan tentang apa itu flowchart dan juga berbagai fungsi, simbol, jenis, dan contoh penggunaannya.

Bagan AlirDiagram AlirEduKomputerPemrograman

Related Posts