Ilmuwan Sukses Bikin Jaringan Otak Manusia dengan 3D Printing!

Tim peneliti dari University of Wisconsin-Madison kabarnya telah sukses membuat jaringan otak manusia dengan menggunakan cetak 3D. Penasaran dengan informasinya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Ilustrasi Ilmuwan Membuat Jaringan Otak Manusia Dengan Printer 3d (detikinet)

Sebuah tim peneliti dari University of Wisconsin-Madison telah berhasil menciptakan jaringan otak manusia menggunakan teknologi 3D Printing.

Jaringan ini dapat tumbuh dan berfungsi seperti otak manusia yang normal. Penemuan ini memberikan harapan baru bagi para ilmuwan dan dokter di bidang Neurologi, termasuk dalam mempelajari penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson.

BACA JUGA:

Pernyataan Ilmuwan

Menurut Profesor Su-Chun Zhang, yang memimpin penemuan ini, penelitian ini dapat memberikan kontribusi besar dalam pemahaman mengenai jaringan otak manusia.

Penemuan ini memiliki potensi besar sebagai contoh yang kuat dalam memperoleh pemahaman tentang komunikasi otak manusia. Dalam hal ini, penemuan ini dapat mengubah perspektif kita terhadap biologi sel induk, neurosains, dan penyakit saraf.

BACA JUGA:  Hujan Meteor Menakjubkan Di Bulan Desember, Kamu Harus Tahu!

Dalam metode pencetakan 3D konvensional, lapisan-lapisan diletakkan secara vertikal. Namun, para peneliti menggunakan metode yang berbeda yaitu horizontal. Mereka menempatkan sel otak, terutama neuron yang berasal dari sel induk pluripotent yang diinduksi dalam gel yang disebut ‘bio-ink’ yang lebih lembut daripada eksperimen sebelumnya.

Ilmuwan Sukses Bikin Jaringan Otak Manusia dengan 3D Printing!
Ilustrasi ilmuwan Membuat Jaringan Otak Manusia Dengan Printer 3D (detikcom)

Meskipun demikian, gel ini masih memiliki struktur yang cukup kuat untuk menjaga integritas jaringan dan cukup lembut untuk memungkinkan pertumbuhan dan koneksi neuron. Selanjutnya, sel-sel tersebut disusun secara berdampingan seperti pensil yang diletakkan di atas meja.

Zhang menyatakan bahwa temuan penelitian ini sangat menakjubkan, karena sel-sel yang tercetak dalam struktur otak 3D mampu berinteraksi dengan efisien.

Kami melakukan pencetakan otak dan menemukan beberapa hal menarik. Meskipun sel-sel berasal dari bagian otak yang berbeda, mereka masih dapat berkomunikasi dengan cara yang istimewa.

Diklaim Penemuan Luar Biasa

Menurut Zhang, penemuan ini sangat luar biasa. Selain itu, sel-sel dalam jaringan otak yang dicetak 3D juga mampu berkomunikasi secara efektif satu sama lain. Dalam proses pencetakan, sel-sel ini membentang melalui medium sekitarnya untuk membentuk koneksi yang teratur.