Sains

Pahami Istilah Endemi, Epidemi dan Pandemi yang Punya Arti Masing-Masing

Setelah menyebarnya virus Covid-19 ke seluruh penjuru dunia, WHO menetapkan bahwa keadaan dunia sekarang dalam keadaan Pandemi. Namun tahukah kamu bahwa ada istilah lain dari Pandemi yakni Endemi dan Epidemi.

Sesungguhnya setiap istilah memiliki arti masing-masing, Pandemi merupakan situasi yang bersifat International atau di luar kendali. Seperti yang sedang terjadi saat ini dimana penyebaran Covid-19 di seluruh dunia hampir tidak dapat terkendali.

Perbedaan Endemi Epidemi dan Pandemi

Pandemi adalah
Ilustrasi Pandemi | Freepik

Kebanyakan orang lebih sering menggunakan istilah Pandemi sebab memang keadaan itulah yang sedang terjadi saat ini. Sedangkan Endemi dan Epidemi memiliki arti lain yang mungkin belum kamu ketahui.

Apa itu Endemi

Endemi adalah istilah untuk keadaan atau kemunculan dari suatu penyakit dalam suatu populasi atau are geografis tertentu. Penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan masyarakat.

Contoh penyakit Endemi yang pernah ada antara lain seperti demam malari dan demam berdarah dengue (DBD).

Apa itu Epidemi

Epidemi adalah keadaan ketika terjadinya peningkatan angka penyakit di atas normal yang terjadi secara tiba-tiba dalam suatu populasi atau geografis tertentu. Penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban.

Contoh penyakit yang pernah menjadi Epidemi adalah virus Ebola di Republik Demokratik Kongo (DRC) di 2019, virus flu burung di Indonesia pada di 2012, dan SARS di 2003.

Apa itu Pandemi

Pandemi adalah wabah penyakit atau virus yang berjangkit dalam waktu bersamaan di seluruh negara di dunia meliputi daerah geografis yang luas.

Pandemi merupakan evolusi dari epidemi yang semakin menyebar epidemi yang menyebar hampir di seluruh negara atau benua, biasanya mengenai banyak orang.

Contoh salah satu penyakit yang sampai sekarang pernah menjadi pandemi adalah Coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Baca juga:


Demikian itulah tadi informasi terkait penjelasan antara Endemi, Epidemi dan Pandemi yang dapat Teknodaim berikan. Kalau ada pertanyaan atau hal lainnya yang ingin kamu sampaikan, bisa tuliskan aja ke kolom komentar yang tersedia.

What's your reaction?

Related Posts