Mengenal Arti Universal yang Sebenarnya

in , ,
Mengenal apa itu universal by teknodaim

Universal adalah salah satu hal yang bisa berkaitan dengan banyak hal, mulai dari seni, sosiologi, filsafat dan sering ditemukan dalam pelajaran IPS. Lantas sebenarnya apa itu Universal? Silahkan simak artikel ini sampai habis dengan baik.

Tahukah kamu, Universal dapat digunakan oleh kalangan apa saja, anak-anak, dewasa hingga yang tergolong manula ataupun termasuk kalangan atas, menengah dan bawah. Agar bisa memahami makna sebenarnya, yuk lanjut ke poin pembahasan.

Mengenal Pengertian Universal

Universal adalah sesuatu yang bersifat umum dan berlaku bagi semua orang. Bisa diartikan sebagai satu konsep yang bisa digunakan untuk semua. Pengertian Universal.

Kata Universal sendiri sebenarnya banyak digunakan pada berbagai bidang, termasuk dalam dunia seni budaya, sosiologi, matematika, dan lain-lain. Hal yang bersifat Universal juga ada di kehidupan kita sehari-hari. Mungkin kamu tidak sadar.

Mengenal apa itu universal by teknodaim 1

Universal yang umum atau secara publik misalnya konsep kemanusiaan yang harus berlaku secara Universal dan dimiliki semua manusia tanpa membedakan agama, suku, warna kulit, dan ras. Seperti apa yang ada pada Pancasila Negara kita.


Universal Dalam Kehidupan

Mengenal apa itu universal by teknodaim 3

Kesimpulannya, Universal artinya umum. Sebagai contoh, adalah konsep kemanusiaan seperti tak membedakan apakah seseorang berkulit hitam, putih, beragama Islam atau Kristen, apakah dia orang Tionghoa atau orang Amerika.

Lawan kata dari Universal tersebut bisa khusus, dan bisa juga diskriminatif. Universal dalam seni misalnya adalah seni yang dapat diterima dan dinikmati oleh siapa saja dan di mana saja. Universal adalah sesuatu yang memang harus ada.

Tentunya setiap orang memiliki tanggapan atau statement berbeda-beda terhadap sebuah karya seni. Ada yang menyukai, dan juga ada yang tidak menyukainya. Menyampaikan pendapat atau kritik adalah sebuah hal yang bersifat Universal.


Baca Juga: Mengenal Dark Net, Sisi Internet paling Berbahaya


Kemudian Universal dalam Sosiologi, yaitu keadaan dimana kelompok atau individu dari kalangan yang berbeda, melakukan kegiatan secara bersama-sama dan mempunyai tanggung jawab masing-masing. Seperti kegiatan gotong royong.

Sedangkan pada Filsafat, Universal berbentuk seperti kebenaran yang berlaku kapan saja dan dimana saja. Kalau menurut kamu, Universal itu seperti apa sih? Coba sampaikan tanggapan dan apapun yang bersifat Unversal di kolom komentar.


Referensi: Wikipedia

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *