Mengenal Firewall, Fungsi dan Cara Kerjanya Pada Komputer

in ,
Apa itu firewall dan apa itu fungsi firewall by teknodaim

Saat ini, berbagi file satu sama lain dapat terjadi tanpa batas dengan adanya Internet yang berfungsi pada perangkat seperti gadget dan komputer. Meskipun begitu, tidak semua jenis transaksi data adalah aman, itulah sebabnya ada Firewall. Apa itu Firewall dan apa fungsi Firewall? Silahkan simak baik-baik penjelasan berikut.

Pengertian Firewall

Firewall adalah sebuah sistem khusus yang dibuat untuk mencegah akses yang mencurigakan atau sesuatu yang aneh sedang ada menyusupi jaringan penggunanya. Karena tidak semua file yang dibagikan memiliki tujuan baik.

Yang dicegah oleh Firewall diantaranya adalah virus-virus dan juga file atau sesuatu pada jaringan yang berpotensi mendatangkan bahaya. Seperti Malware dan itu tadi, virus yang disebarkan pihak tidak bertanggung jawab di internet.


Fungsi Firewall

Apa itu firewall dan apa itu fungsi firewall by teknodaim

Adanya Firewall, adalah untuk melindungi keamanan jaringan kita serta menghindarkan dari resiko perangkat kita dimata-matai oleh orang lain. Firewall akan mengatur komunikasi antara dua jaringan yang di akses oleh pengguna.

Firewall sendiri dapat berupa sebuah Software atau perangkat lunak, dan juga Hardware atau versi perangkat keras. Biasanya, Firewall diciptakan oleh kedua kombinasi tersebut. Dalam bahasa Indonesia, Firewall artinya tembok api.

Sederhananya, Firewall berfungsi untuk membatasi akses dengan koneksi luar dan menentukan apakah jaringan tersebut berbahaya atau tidak.

Ilustrasinya seperti tembok-tembok pembatas antara dua unit bangunan yang salah satunya sedang terbakar. Maka Firewall sebagai tembok akan mencegah tersebarnya api ke bangunan yang lain. Sampai sini paham apa itu Firewall?

Jika bangunan yang dimaksud tadi memiliki 4 sisi, berarti setiap sisinya harus memasang Firewall masing-masing. Jika 3 atau bahkan hanya 1, maka api akan tetap menjalar dan pasti menghabiskan semua bangunan yang diilustrasikan.


Secara Garis Besar, Apa Fungsi Firewall?

  • Mencegah akses tanpa izin.
  • Menjadi pagar pengaman jaringan luar terhadap jaringan pribadi.
  • Menangani ganguan file atau dokumen.
  • Mencegah kehilangan informasi penting.
  • Mencatat Aktivitas Pengguna.
  • Membentengi komputer terhadap manipulasi data oleh pihak tidak dikenal.

Firewall banyak dipasang pada FTP atau File Transfer Protocol. Lalu lintas data pada jaringan data kita sepenuhnya diatur oleh Firewall, dan juga data-data penting yang bersifat privasi akan diamankan Firewall. Pengertian Firewall.

Kemudian, Firewall akan mencatat aktivitas yang dilakukan pengguna dan akan menjadi dokumentasi atau log files ketika pengguna itu mengakses data melalui jaringan. Keamanan modifikasi data oleh pihak lain, adalah tugas utama Firewall.


Cara Kerja Firewall

Apa itu firewall dan apa itu fungsi firewall by teknodaim

Firewall saat ini ditawarkan dalam produk-produk bervariasi dengan harga dan fitur yang berbeda-beda juga. Firewall menggunakan lapisan OSI (Open System Interconnection) sebagai perlindungannya. Istilahnya, Firewall itu seperti satpam.

Firewall sebagai satpam, maka setiap pengunjung yang datang akan diidentifikasi serta diseleksi apakah memang diundang atau berbahaya.

Jika orang tersebut diidentifikasi sebagai penyusup, maka Firewall sebagai satpam akan menolak dan mencegah orang itu untuk masuk lebih jauh. Saat ini, keamanan Firewall berkembang secara signifikan untuk menyaring lalu lintas.

Firewall saat ini menyaring atau mengidentifikasi jaringan menggunakan alamat IP, protokol, dan nomor port. Metode-metode cara kerja Firewall:

Packet Filtering

Metode Packet Filtering, adalah cara Firewall untuk menyeleksi paket data yang masuk atau keluar. Jika paket data tersebut di izinkan atau tidak, ditentukan oleh Firewall lewat IP, Port, dan Protokolnya. Semoga sudah paham dengan Firewall.

Packet Filtering efektif menahan serangan dari luar jaringan LAN. Packet Filtering juga disebut sebagai Firewall Statis, karena menyaring komunikasi jaringan internet.


Inspeksi Stateful

Inspeksi Stateful atau Firewall Dinamis adalah kebalikan dari metode yang pertama. Metode ini akan melindungi data-data sampai ke lapisan terdalam.

Metode ini akan memonitor status koneksi yang sedang aktif, dan metode inilah yang mencegah masuknya peretas atau Hacker melalui jaringan yang terhubung dengan pengguna. Pengertian dan fungsi Firewall sekarang selesai kita bahas.


Itulah tadi pembahasan mengenai Firewall dan hal-hal lain yang terkait dan wajib diketahui. Pekerjaan Firewall bawaan komputer akan lebih terbantu jika ditambahi oleh fungsi antivirus, karena biasanya menyediakan Firewall tambahan.


Referensi: Mas Tekno

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *