menu
Teknodaim.com
Teknodaim.comOS10 Sistem Operasi di Smartphone yang Perlu Kamu Tahu!

10 Sistem Operasi di Smartphone yang Perlu Kamu Tahu!

Macam Macam Sistem Operasi Di Smartphone

Semakin berkembangnya zaman, saat ini sudah sangat banyak sistem operasi di smartphone. Namun, walaupun banyak sistem operasi yang bertebaran, belum tentu semua sistem tersebut sama bagusnya.

Oleh karena itulah sebelumnya Teknodaim telah membahas sistem operasi terbaik di smartphone yang bisa kamu lihat melalui tautan ini. Sistem operasi yang berada di dalam artikel tersebut Teknodaim riset secara rata agar semua orang dapat memilih sistem yang mereka sukai.

10 Sistem Operasi di Smartphone

Oke, jika barusan Teknodaim membahas sistem operasi terbaik di smartphone, maka pada kesempatan ini Teknodaim akan membahas apa saja sistem operasi yang ada di smartphone nih. Jadi, apakah kamu penasaran dengan pembahasan kita kali ini? Jika iya, tunggu apa lagi, berikut ulasannya!

JANGAN LEWATKAN •
Cara Download Lagu dari YouTube di Android dengan Aplikasi SnapTube

1. Android

Sistem Operasi di Smartphone, Android
Android | Kompasiana.com

Android adalah sistem operasi yang di rancang khusus menggunakan basis Linux untuk perangkat dengan layar sentuh seperti smartphone dan tablet. Sistem operasi ini awalnya di kembangkan oleh Android, Inc., bersama dengan Google, lalu pada tahun 2005, salah satu perusahaan terbesar di dunia tersebut telah membeli sistem operasi ini.


2. iOS

Sistem Operasi di Smartphone, iOS
iOS | Forbes

iOS adalah sistem operasi selular yang di buat dan di kembangkan oleh Apple Inc. Seperti yang di klaim oleh perusahaan, sistem operasi ini hanya di khusus kan untuk perangkat keras milik mereka saja. Selain itu, sistem operasi ini sendiri hanya berjalan pada smartphone iPhone dan iPod Touch saja.


3. Fire OS

Sistem Operasi di Smartphone, Fireos
FireOS | Astavera

FireOS adalah sistem operasi di smartphone yang berbasis Android dan di buat oleh salah satu perusahaan paling besar di dunia, yaitu Amazon. Pada awalnya, sistem operasi ini mereka buat hanya untuk tablet Fire PhoneFireEchoFire TV dan perangkat sejenis lainnya.

JANGAN LEWATKAN •
Ini Jajaran Ponsel Realme yang akan Kebagian Update Android 11

4. Palm OS

Sistem Operasi di Smartphone Palm Os
Palm OS | Talkandroid.com

Palm OS adalah sistem operasi mobile smartphone yang sudah di hentikan pengembangan serta karirnya. Pada awalnya, sistem operasi ini di kembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Palm, Inc., untuk personal digital assistant pada tahun 1996 lalu. Sebagai sistem operasi yang sudah lumayan lama ada, Palm OS dulunya di gunakan dengan layar sentuh berbasis Graphical User Interface.


5. Bada OS

Sistem Operasi di Smartphone, Bada Os
Bada OS | Korea Bizwire

Samsung Bada atau Bada OS merupakan sistem operasi di smartphone yang di luncurkan oleh perusahaan Samsung Electronics Co.Ltd di smartphone. Sistem operasi ini memang tidak terlalu terkenal, soalnya Samsung mengatakan ini hanyalah hasil percobaan saja. Oleh karena itulah Bada OS sampai saat ini hampir di lupakan.


6. Firefox OS

Firefox Os
Firefox OS | Tech Altar

Firefox OS adalah sistem operasi berbasis open-source, sama seperti Android. Sebelumnya Firefox OS ini sudah di hentikan oleh perancangnya, yaitu Mozila dan kontributor eksternal. Namun kabar baiknya, sistem operasi ini akan berlanjut, namun dengan nama yang berbeda, yaitu Kai OS.

JANGAN LEWATKAN •
Siapkan Budget! Xiaomi Note 10 Akan Segera Mendarat ke Indonesia

7. Lineage OS

Lineage Os
Lineage OS | Digi Statement

LineageOS adalah sistem operasi di smartphone yang berbasis Android open-source. Sistem operasi ini sebelumnya hanya tersedia pada beberapa perangkat saja. Hal tersebut sendiri bisa terjadi karena sistem operasi ini memang di khusus kan untuk pengguna yang mengerti soal oprek, seperti custom-kernel, custom-ROM dan sejenisnya.


8. Symbian OS

Symbian Os
Symbian OS | Kajian Informatika

Symbian OS adalah sistem operasi yang di kembangkan oleh Symbian Ltd. untuk peralatan bergerak. Sistem operasi ini biasanya di gunakan dalam berbagai jenis perangkat, seperti jadul maupun baru. Selain itu, sistem operasi yang sebelumnya di beli oleh Nokia ini kabarnya akan segera di tinggalkan.


9. Harmony OS

Harmonyos
HarmonyOS | XEETECHCARE

Sistem operasi di smartphone selanjutnya adalah HarmonyOS. Ini adalah sistem operasi terbaik di smartphone yang di kembangkan oleh Huawei untuk perangkat seperti smartphone dan smart TV.

Memang sistem operasi ini tidak terlalu di kenal oleh kalangan pengguna smartphone. Namun hal tersebut terbilang wajar saja, mengingat sistem operasi ini memang belum lama di rilis secara resmi oleh Huawei.

JANGAN LEWATKAN •
Berikut Perubahan Besar yang Dibawa iPhone 12!

10. Windows Phone

Windows Phone
Windows Phone | The Verge

Windows Phone adalah sistem operasi yang di kembangkan oleh Microsoft untuk perangkat mereka, yaitu Windows Mobile atau Phone. Namun sayangnya, setelah lama bergelut dengan sistem operasi sendiri, akhirnya Microsoft terpaksa menggunakan sistem operasi lain untuk perangkat mereka, yaitu Android.


Nah, itulah tadi macam-macam sistem operasi di smartphone. Jadi, bagaimana menurut kamu, apakah pembahasan kali ini membantu? Jika iya, jangan sungkan untuk mengatakan pendapat kamu lewat kolom komentar ya!

Tambah Komentar