Teknodaim.com

Huawei Perkenalkan Sistem Operasi HarmonyOS 2.0, Baguskah?

Huawei Harmonyos
Huawei Harmonyos

Baru-baru ini Huawei telah memperkenalkan sistem operasi terbaru mereka. Perkenalan tersebut berjalan dalam acara Huawei Developer Conference pada hari Jumat, Danau Songshan, China. Sistem operasi terbaru mereka, yaitu HarmonyOS 2.0 yang berbasis Android 11 telah resmi diperkenalkan dan menjadi sistem operasi buatan mereka sendiri.

Selaku CEO Huawei Consumer Business Group, Richard Yu mengatakan sistem operasi HarmonyOS 2.0 juga akan digunakan sebagai sistem operasi smartphone. Rencananya sistem operasi tersebut akan dirilis tahun depan untuk perangkat smartphone.

Karena sistem operasi ini berbasis mikrokernel dan terdistribusi oleh open source, nantinya Harmony OS 2.0 juga akan ada dalam perangkat seperti smart TV, smartwatch, smart speaker, tablet, PC, dan head unit.

Sistem Operasi HarmonyOS 2.0

Penampakan Harmonyos
Penampakan Harmonyos | Kompas.com

Untuk saat ini, perangkat Internet of Thing (IoT) yang menggunakan RAM 128KB-128MB yang terbuka untuk HarmonyOS sendiri terdiri dari smart TV, perangkat weareble dan lain-lain. Perangkat yang menggunakan RAM 128MB-4GB seperti smartphone dan lain-lain, nantinya akan terbuka pada bulan April 2021. Sedangkan untuk ram 4GB keatas, sistem operasi HarmonyOS akan terbuka pada bulan Oktober 2021.

JANGAN LEWATKAN •
10 Smartphone Android yang Punya Kamera Pop-Up (Update 2020)

Selain HarmonyOS, Huawei juga memperkenalkan proyek sistem operasi terbaru mereka yang bernama OpenHarmony yang menggunakan Android versi open source (AOSP). Dan juga sistem operasi tersebut tertanam Huawei Mobile Services untuk menggantikan layanan Google.

Sistem Operasi Terbaru Huawei, Openharmony
Sistem Operasi Terbaru Huawei, Openharmony | YWNZ.com

Sebagai sistem operasi yang terbuka untuk produsen pihak ketiga, OpenHarmony merupakan platform lintas perangkat. Berkat terbukanya fitur pihak ketiga, sistem operasi tersebut menjadi lebih bagus. Mengapa? Karena nantinya para developer dapat menciptakan banyak aplikasi dalam OS tersebut.

Jadwal Rilis Sistem Operasi OpenHarmony

Tanggal Perilisan Sistem Operasi Openharmony
Tanggal Perilisan Sistem Operasi OpenHarmony | Aroged.com

Sama seperti HarmonyOS, sistem operasi ini akan mendukung perangkat dengan kapasitas RAM 128KB-128MB yang sudah ada saat ini. Untuk perangkat yang berkapasitas RAM 128MB – 4GB juga akan dapat menggunakan sistem operasi ini pada bulan April 2021. Sedangkan untuk perangkat yang menggunakan RAM 4GB keatas, akan tersedia pada bulan Oktober 2021.


JANGAN LEWATKAN •
P30 Lite Rilis Ulang dengan Pembaruan, Huawei dan Google Damai?

Makin update dengan berita Teknologi! Yuk subscribe ke channel Teknodaim DISINI dan Instagram Teknodaim DI SINI! Bakal ada banyak hal menarik yang bakal Dibahas dan ada banyak kejutan Menarik menanti kalian 😀


 

Selain itu, dalam acara Huawei Developer Conference, Huawei juga meluncurkan 6 produk baru. Yang terdiri dari HUAWEI FreeLace Pro, HUAWEI FreeBuds Pro, HUAWEI WATCH GT 2 Pro, HUAWEI Watch Fit, HUAWEI MateBook X, dan yang terakhir HUAWEI MateBook 14. Produk baru tersebut nantinya akan menjadi sebuah kontribusi dalam pengalaman Huawei.



Review Black Shark 3, Smartphone Gaming Terbaik saat ini?


NB: Subscribe channel Teknodaim agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Add comment