Teknodaim.com

2 Cara Membasmi Virus Ransomware paling Ampuh, Hapus Sebelum Menyebar!

Cara menghilangkan ransomware dan cara mengatasi ransomware by teknodaim
Cara menghilangkan ransomware dan cara mengatasi ransomware by teknodaim

Jika kamu pernah terjangkit atau secara tidak sengaja mengunduh virus Ransomware, apa cara mengatasi Ransomware atau cara menghilangkan Ransomware yang bisa dilakukan? Ada kok. Selain itu, unduh dan instal software Antivirus.

Jika saja malware berbahaya itu sudah ada di komputer kamu namun belum aktif untuk mengunci akses file, segera lakukan pencegahan dengan menghapusnya. Serangannya saat ini masih rentan terhadap OS Windows versi lawas.

2 Cara Menghapus Ransomware

Antivirus mungkin bisa melindungi kamu dari penyebarannya secara langsung, tapi biasanya tidak menghapus secara keseluruhan. Maka dari itu, tugas kamu untuk membersihkan file-file bagian Ransomware dan menghapus semuanya bila ada folder.

1. Hapus Manual

Cara menghilangkan ransomware dan cara mengatasi ransomware by teknodaim

Sebagai langkah awal, silahkan lepas Hard Disk yang terjangkit Ransomware, dalam hal ini adalah HDD atau SSD yang menjadi lokasi penyimpanan OS. Setelah itu, tukar lokasinya dengan slot lain dan gunakan penyimpanan cadangan.

JANGAN LEWATKAN •
Diserang Hacker, Sistem Rumah Sakit di AS Ini Lumpuh!

Dalam hal ini, kamu perlu menyiapkan HDD atau SSD lain yang punya sistem operasi supaya bisa menghapus malware yang ada pada perangkat yang sudah terjangkit tadi. Supaya bisa lebih paham, silahkan simak tahapan-tahapan berikut:

Cara Menghilangkan Ransomware

Lepas HDD atau SSD yang terkena Ransomware, tukar dengan HDD yang lain sementara.

Pasang HDD atau SSD tadi ke slot kedua (penyimpanan eksternal).

Jalankan OS dengan menggunakan HDD sementara tadi (cadangan).

Setelah itu Scan HDD atau SSD yang sudah dipasang sebagai penyimpanan eksternal.

Jika proses analisa telah selesai, pergi ke folder atau lokasi tempat Ransomware berada, lalu hapuslah seluruh datanya.

Jika berhasil, maka Ransomware akan hilang dan kamu bisa memasang kembali HDD atau SSD ke slot semula.


2. Instal Ulang OS (Cara Menghapus Ransomware)

Cara menghilangkan ransomware dan cara mengatasi ransomware by teknodaim

Instal ulang adalah pilihan terakhir jika data sudah tidak mungkin diselamatkan. Tapi sebelum itu, cobalah untuk buka Task Manager, kemudian cari program tidak dikenal yang sedang beroperasi, klik kanan lalu pilih End Task atau End Process.

JANGAN LEWATKAN •
Pengingat, 3 Hari Lagi Windows 7 Akan Tamat!

Setelah itu, buka Registery Editor dengan cara menekan tombol Windows dan R bersamaan, tulis regedit lalu tekan Enter. Di tab munculan, tekan CTRL + F dan tulis Crypt atau WannaCry, jika ketemu silahkan langsung hapus seluruhnya.

Namun jika metode ini sudah tidak bisa dilakukan lagi, tidak ada cara lain selain melakukan Instal Ulang OS. Untuk melakukannya, kamu membutuhkan CD atau USB bootable untuk menginstal Sistem Operasi seperti Windows dan Linux.

Cara mengatasi Ransomware yang satu ini bisa dibilang paling jitu, karena kamu harus merelakan data-data yang di enkripsi bersama Ransomware. Gunakan Windows 10, karena OS tersebut punya fitur khusus untuk mengatasi Ransomware.


Baca Juga:

JANGAN LEWATKAN •
Curi Kesempatan, Aplikasi Pelacak Virus Corona Ini Sematkan Ransomware

Itulah tadi dua tips yang bisa Teknodaim berikan sebagai cara penanggulangan ketika kamu secara tidak sengaja mengunduh file tidak dikenal yang kemungkinan mengandung Malware Ransomware. Sekian dan semoga bermanfaat.


Makin update dengan berita Teknologi! Yuk subscribe ke channel Teknodaim DISINI dan Instagram Teknodaim DI SINI! Bakal ada banyak hal menarik yang bakal Dibahas dan ada banyak kejutan Menarik menanti kalian 😀


 


Referensi: Dosen IT


Review Black Shark 3, Smartphone Gaming Terbaik saat ini?


NB: Subscribe channel Teknodaim agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Add comment