Masih Gunakan Windows 7? Ini Bahaya yang Mengintaimu

in , ,
Bahaya windows 7 by teknodaim

Windows 7 adalah salah satu bagian dari serangkaian sistem operasi resmi dari Microsoft. Saat ini pun penggunanya masih tergolong cukup banyak. Namun tahukah kamu, bahaya Windows 7 kini telah diperingatkan oleh Microsoft sendiri.

Peringatan tersebut dikeluarkan mengingat dukungan untuk OS Windows 7 akan diberhentikan dalam waktu dekat ini, tepatnya pada awal tahun depan nanti.

Jadwal Penghentian Windows 7 (RIP Windows 7)

Microsoft sendiri akan mulai menghentikan dukungannya pada Windows 7 mulai Januari 2020 nanti. Tentunya ini bukanlah hal sepeleh, dan wajib diperhatikan.

Berdasarkan lansiran dari situs Detik, perusahaan antivirus Kaspersky menganalisis data Kaspersky Security Network, ada 41% konsumen yang masih menggunakan sistem operasi tersebut bahkan masih ada pengguna Windows XP.

Alexey Pankratov selaku Enterprise Solution Manager Kaspersky mengatakan memang ongkos upgrade tinggi bagi sebagian user. Namun hal tersebut lebih baik dilakukan ketimbang harus berurusan dengan masalah keamanan tak terduga.

  • Apalagi risiko terjangkit Trojan dan Malware seperti Rasomware, RIP Windows 7.
  • Dengan hilangnya dukungan keamanan dari Microsoft, maka Windows 7 akan lebih rentan.
  • Akses kompitabel terhadap software atau game baru juga akan terbatasi.

Karena saat ini, Windows 7 dan OS versi lama lainnya memang sudah tidak mendapatkan dukungan dari segi keamanan lagi. Apalagi bagi pengguna OS Windows untuk kegiatan bisnis, sangat disarankan untuk upgrade sekarang.

Microsoft sendiri sudah menyiapkan tanggal kematian Windows 7, yaitu pada 14 Januari 2020 mendatang. Matt Barlow, CVP Windows pada Maret silam menuturkan:

Mulai bulan depan, jika Anda adalah pelanggan Windows 7, Anda dapat melihat pemberitahuan muncul di PC Windows 7 Anda.

Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan mendiang Paul Allen ini mengatakan, pemberitahuan hanya akan ditampilkan beberapa kali selama 2019, dan informasi tersebut berhenti setelah dukungan Windows 7 berakhir nanti.

Itulah tadi sedikit berita tentang bahaya Windows 7 yang akan berhenti mendapatkan dukungan dari berbagai sisi oleh Microsoft. Bagi kalian yang masih menggunakan OS Windows versi lama, segera pindah dan upgrade. Semoga bermanfaat.


Sumber: Detik Inet

Jangan lewatkan •
Begini Cara Ampuh Mengatasi dan Basmi Virus Shortcut Tanpa Software