Mengenal Apa itu Deep Web, Bahaya dan Cara Memasukinya

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Deep Web beda dengan Darknet. Lantas apa itu Dark Net, bagaimana cara masuk serta apa bahaya Deep Web? Yuk, simak informasinya!

Apa Itu Deep Web

Apa Itu Deep Web

Apa itu Dark Net? Sosial media, situs jual beli online, Youtube dan platform dunia maya lainnya adalah bagian internet dari sejak lama yang juga menyediakan Deep Web? Apa itu Deep Web, apa bahaya dan bagaimana cara masuk Deep Web?

Di antara semua hal yang berjalan dan ada di internet saat ini, ada bagian gelap yang tak bisa kita masuk ke deep web sembarangan dan tidak bisa dengan sembarang cara pula. Sisi gelap yang kami maksud itu bernama Deep Web. Apa itu? Mari kitas bahas.

Mengenal Apa itu Deep Web, Bahaya dan Cara Memasukinya
Apa itu deep web dan dark web (headbng.com)

Pengertian

Sebagai bagian dari kemajuan teknologi, internet terus menyediakan berbagai konten baru yang masing-masingnya memiliki perbedaan. Meskipun demikian, banyak orang yang belum mengenal bagian gelap internet.

Deep Web adalah bagian dari World Wide Web atau WWW, tetapi tidak termasuk ke dalam internet yang dapat kita telusuri, jelajahi ataupun kita cari dengan mudah.

Jika menggunakan alat pencarian atau mesin pencari terpercaya seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Yahoo dan sebagainya, maka kita pastikan seseorang akan sulit untuk memasukinya. Namun, ingat, Deep Web berbeda dengan Dark Net.

Kesimpulan apa itu Deep Web adalah memang bagian dari World Wide Web namun tidak ter-Index oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing.

Perbedaan Deep Web dan Dark Net

Jika Deep Webbsite bukan bagian dari internet yang dapat kita selancari atau kita sentuh dengan mesin pencari, maka Dark Internet adalah jaringan untuk menukarkan data. Namun tergolong sebagai bagian kecil dari Deep Web. Paham?


BACA JUGA:

BACA JUGA:  Niat Cari Video Mirip Gisell, Netizen Dapat Siksa Kubur

Apa Bahaya Deep Web Ketika Kita Memasukinya?

Ketika kamu sudah penasaran dan memberanikan diri untuk terlibat dengan Deep Website, Deep net, Dark Net, Invisible Website, Undernet atau yang disebut juga dengan Hidden Web, maka berbagai resiko akan kamu temui. Mengapa bisa demikian?

Namun, pahami dulu, Situs lokal Intranet termasuk dalam jaringan Deep Website, seperti server kampus, kantor dan aplikasi online yang hanya bisa diakses oleh orang kantoran. Begitu pun aplikasi private message yang berisi pesan tak ter indeks.

Semua pesan atau chat tidak bisa di Indeks oleh mesin pencari. Jika kamu kamu bertanya apa bahaya dari Deep Web? Maka jawabannya adalah tidak ada sama sekali. Yang berbahaya itu adalah jika kamu memasuki Dark Net atau Dark Web.

Apa itu Dark Net?

Pengertian Dark Net atau Dark Web adalah jaringan overlay atau lapisan yang hanya bisa diakses seseorang menggunakan perangkat lunak tertentu, dengan konfigurasi dan otorisasi menggunakan protokol dan Port komunikasi non-standar.

Dua tipe Dark Net yang saat ini adalah tipikal friend-to-friend yang umumnya pengguna gunakan untuk berbagi file menggunakan koneksi peer-to-peer dan private koneksi atau jaringan privasi seperti Tor Browser (Anonymity Network).

Poin yang wajib kamu paham adalah bahaya atau hal-hal yang ada di dalam Dark Net dan semuanya bersifat Deep Web atau sangat sulit untuk kita temukan.


Berbagai Macam Bahaya Dark Net

Dibanding dengan Deep Web yang hanyalah konten tak ter indeks oleh mesin pencari Legal, maka Dark Net atau Dark Web dibangun sebagai tempat yang dilindungi privasi dan kebanyakan diisi oleh hal-hal ilegal oleh para penjahat.

Berbagai macam konten Ilegal dan mengerikan yang ada di Dark Net:

  • Tempat untuk bisa menemukan kejahatan komputer seperti Cracking dan Virus-Virus berbahaya dengan mudah.
  • Tempat sekumpulan orang yang bernama Hacker bertukar data, berjualan serta menawarkan jasa.
  • Tempat para Politikus berlindung dari kejahatan.
  • Tempat bisa bertukar atau membeli file ilegal, rahasia dan palsu.
  • Tempat menemukan konten pornografi dengan mudah.
  • Tempat pasar gelap yang berisi bermacam barang Ilegal.
  • Tempat Whistleblowing dan kebocoran berita.
  • Tempat menemukan jasa Ilegal dan mengerikan seperti jasa pembunuh bayaran.
  • Tempat yang menolak pengawasan pada jaringan komunikasi di mana tidak ada hak untuk secara resmi diakui atau dihormati antara Penyedia Layanan Internet dan pengguna akhir.
BACA JUGA:  5 Rekomendasi HP Snapdragon 710 Murah Terbaik, Harga 2 Sampai 4 Jutaan!

Kesimpulannya, Deep Web itu tidaklah berbahaya. Banyak orang yang salah tafsir atau menganggap Dark Net itu adalah Deep Web. Sebenarnya, Dark Net juga bukanlah tempat yang benar-benar berbahaya! Tidak semuanya.


Dark Net Tempat paling Berbahaya?

Yang berbahaya dari Dark Net itu adalah kebanyakan penduduk dan para penggunanya. Jika kalian punya keinginan untuk mengunjungi Dark Net, sebaiknya urungkan saja karena di sana bukan tempat untuk bermain-main.

Menggunakan VPN untuk menjelajahi Dark Net adalah sebuah Alternatif untuk menjaga informasi seperti lokasi kamu sebagai pengguna, tapi jangan pernah memasukkan identitas kalian sama sekali. Ini yang akan berakibat fatal.

Jangan sampai nama, alamat, email atau data-data pribadi lainnya tertulis ketika kamu sedang memasuki sisi gelap internet tersebut.

Jika kamu memang dalam keadaan mau-tidak mau harus ke sana untuk suatu tujuan, maka gunakan identitas palsu, mematikan JavaScript, jangan pernah mengunduh apapun di Dark Web atau Dark Net termasuk video, gambar, software dan aplikasi apapun.

Tujuan masuk kesana adalah hanya sekedar untuk menjelajahi dan mendapatkan informasi, bukan bergelut di dunia Ilegal. Jadi jangan pernah melakukan transaksi apa pun di sana. Jangan mengotak-atik Browser yang kita gunakan saat berselancar di Dark Net.


Cara Memasuki Dark Net

Saat ini Browser yang aman digunakan untuk mengunjungi Dark Net adalah Tor Browser (Wajib disertai penggunaan VPN). Browser ini pun umumnya sudah mematikan JavaScript secara otomatis. Tapi tetap, Kejahatan Cyber mengintai.

Pada gambar ilustrasi diatas, bisa diumpamakan bagian atas yang terang dan bahkan aman dilihat langsung adalah konten-konten dari internet yang biasa kita temukan seperti Google, Facebook, Twitter, Youtube dan berbagai situs berita.

BACA JUGA:  5 Kelebihan Blogger dari Platform Serupa yang Lain

Konten yang memang diperuntukkan bisa dilihat dan aman untuk pengguna internet bisa diilustrasikan hanya sekitar 5% saja, dan sisanya adalah Deep Web.

Jadi, semua hal yang ada di Dark Net adalah konten-konten Deep Web yang nyaris semunya berbahaya. Misalnya nama dan identitas kamu yang disalahgunakan orang lain serta perangkat yang digunakan mengalami kerusakan terkena Hack.

Jadi, pikirkan matang-matang lagi jika kamu punya keinginan menelusuri Dark Net hanya untuk memuaskan rasa penasaran saja. Tapi jika kamu paham dengan konsekuensinya, berikut adalah cara masuk Deep Web yang ada di Dark Net:


Menggunakan Tail OS

Lah pertama untuk bisa mengakses konten-konten Dark Net, disarankan untuk tidak menggunakan OS Windows karena memiliki sistem keamanan rentan terhadap Dark Net atau Dark Web. Tail OS adalah pengembangan dari OS Linux.

Tails adalah singkatan dari The Amnesic Incognito Live System, yaitu sistem operasi yang berfokus terhadap tingkat keamanan dan privasi pengguna.

Klik Di sini: Tautan Unduh Tail OS


Menggunakan Tor Browser

TOR Browser adalah salah satu Browser yang sering orang-orang gunakan untuk menjelajahi Dark Web atau Dark Net. Tor Browser dapat kita manfaatkan sebagai pengganti Google Chrome dan sejenisnya yang tak bisa kita gunakan untuk pergi ke Dark Net.

Browser ini terdapat rancangan khusus sehingga memang untuk mengakses apapun yang bersifat Deep Web di Dark Net. Tor Browser tidak melakukan Direct Acces ke sebuah situs tapi terlebih dahulu melakukan Virtual Tunnels.

Klik Di sini: Tautan Unduh Tor Browser


  • Pengingat: Jangan lupa untuk menggunakan VPN ketika akan memasuki Dark Net, karena ini akan membantu melindungi informasi pribadi serta apapun privasi kamu sebagai pengguna agar tidak asal tersebar.
  • Jangan mau jadi mangsa empuk Hacker dan para pelaku kejahatan yang ada di sana.

Tutorial | Cara Masuk Deep Web di Dark Net dengan Tor Browser

Jika sudah siap, mulai dari rencana dan mencatat apa yang akan kamu lakukan di sana serta dibekali VPN dan alat pendukung lainnya. Serta sudah paham apa itu Dark Net, Mari kita mulai. Kamu bisa mengunjungi situs-situs Deep Web berikut:

Nama SitusAlamat SitusKeterangan
DuckDuckGohttp://3g2upl4pq6kufc4m.onionMesin Pencari
0day Forumhttp://qzbkwswfv5k2oj5d.onionForum Deep Web
Hidden Wikihttp://zqktlwi4fecvo6ri.onionWikipedia Khusus
Jabberhttp://cryjabkbdljzohnp.onionLayanan Chatting

Itulah tadi pengertian Dark Web, apa itu Deep Web, bahaya serta penjelasan detail mengenai Dark Net dan hal-hal yang terkait. Kuharap sekarang kalian bisa membedakan mana Deep Web dan mana Darknet. Semoga bermanfaat.


Referensi: Medium.com, Wikipedia, Jalantikus

Dark WebGoogleHackerIndonesiaInternet

Related Posts