7 Tips Ampuh Untuk Jadi Seorang Youtuber Sukses

in , , ,
Cara jadi youtuber sukses atau tips jadi youtuber by teknodaim

Youtube adalah platform tempat orang-orang menemukan konten, serta tempat bagi sebagian orang pula untuk membuat konten hiburan, bermanfaat dan jadi sumber penghasilan mereka. Gimana cara jadi Youtuber sukses atau tips jadi Youtuber?

7 Tips Jadi Youtuber Sederhana

Youtuber kini sudah menjadi salah satu profesi yang diminati oleh banyak orang, terutama oleh generasi muda. Dimana di akun mereka, seseorang bisa berbagi hobi, cerita-cerita dan pengalaman mereka dengan penonton yang mendatangkan uang.


1. Di Sisi Konten Video

Cara jadi youtuber sukses atau tips jadi youtuber by teknodaim

Sebelum mulai membangun sebuah Channel di Youtube, pikirkan terlebih dahulu apa yang mau kamu bagikan atau sebuah materi yang ingin terus kamu kembangkan. Jika sudah menemukan yang tepat dan paling, maka mulailah.

Pikirkan apakah Youtube akan jadi sebuah tempat yang akan selalu kamu isi, serta membagi waktu dengan aktivitas lainnya yang kamu punya. Yang pertama, temukan materi atau apapun sesuatu yang bisa kamu bahas dengan penonton.

Jika kamu punya hal lain, seperti bakat menyanyi, Beatbox, suka melihat reaksi orang, coba jadikan konten. Misalnya dengan membawakan Cover lagu, sesi Beatbox dan melakukan Sosial Eksperimen. Lakukan dengan teman satu Passion.

Intinya kamu harus pandai melihat apa yang diminati dan sedang menarik perhatian pengguna internet. Mulai dengan banyak melihat materi Viral yang bisa dibahas untuk dijadikan materi konten, atau karya-karya terbaru yang Viral di saat ini.


Baca Juga: Bagaimana Cara Youtubers Menghasilkan Uang.


2. Punya Ciri Khas

Cara jadi youtuber sukses atau tips jadi youtuber by teknodaim

Tips jadi Youtuber berikutnya yang perlu kamu perhatikan adalah ciri khas. Artinya sebagai konten kreator kamu harus bisa membuat penonton mengingat sesuatu dari konten milikmu yang berbeda dengan Youtuber lain, jadi ada kesan uniknya.


3. Merapikan Beranda

Cara jadi youtuber sukses atau tips jadi youtuber by teknodaim

Pada halaman utama sebuah Channel Youtube, sebenarnya sudah disediakan fitur-fitur untuk membuat desainnya jadi enak dipandan dan tersusun. Mulai Manfaatkan fitur menampilkan video yang punya View terbanyak di halaman utama.

Kemudian susun video-video yang ditampilkan berdasarkan kategori, maka dari itu pentingnya untuk kita mengisi Deskripsi, Tag dan Kategori saat mengunggah sebuah video. Susun juga tab Tentang, agar orang bisa tau apa sih isi Channel-mu.


4. Konteks Video

Cara jadi youtuber sukses atau tips jadi youtuber by teknodaim

Ketika membahas atau memproduksi video, pastikan apa yang ada di dalam video bisa bermanfaat bagi orang lain yang menonton, atau setidaknya bisa menghibur mereka. Misalnya dengan menyampaikan isi pesan dan mengungkap makna video.

Karena dengan begitu, maka penonton yang baru pertama kali melihatmu akan mau untuk berlangganan terus nontonin video-video baru kamu. Dan elemen terpenting pada konten video adalah Sound Effect, seperti efek suara ketawa dll.


5. Judul dan Thumbnail

Perhatikan materi yang ada pada video baru kamu, banyak sekali konten kreator yang membuat video dengan judul Full Caps Lock. Misalnya seperti INILAH GADGET HARGA 2 JUTAAN PERTAMA YANG PUNYA SENSOR KAMERA 128 MP.

Hal itu disebut dengan Click Bait, dan masih wajar-wajar saja asal masih fair dengan ekosistem Youtube. Ingatlah untuk tidak berlebihan, terutama judul video yang menyimpan dengan isi video. Thumbnail pun juga bersifat seperti demikian.


6. SEO Youtube

Kolom Deskripsi, Tag dan Kategori disediakan adalah untuk keperluan SEO. Disarankan kamu untuk mengisi deskripsi sesuai isi video, membuat tag yang tepat dengan topik video, serta memasang kategori yang benar pada tab Upload.

Dengan melakukan hal tersebut, maka akan membuat video kamu berpotensi ada di urutan teratas pencarian judul-judul tertentu yang sesuai dengan konteks atau materi konten video kamu. Jangan lupa juga untuk memasang Pin Komentar.


7. Kolaborasi dan Metode Ekstrim

Cara jadi Youtuber sukses yang terakhir di daftar artikel ini adalah dengan mengajak kerjasama Youtuber tenar. Cobalah kontak dan ajak Youtuber yang punya Subscribers tinggi untuk membuat video sama-sama, aKa bikin Konten Kolab.

Kemudian cara atau metode ekstrim yang bisa dilakukan adalah dengan berani terjun ke Drama, Konflik hangat yang ada di publik. Tapi bukan untuk tujuan memperkeruh keadaan, melainkan memberi membahas dan memberikan kritik.


Pada dasarnya, semua Platform punya Algoritma serta Syarat dan Ketentuan masing-masing. Jadi ada baiknya kamu untuk mempelajari hal itu juga di Youtube sebelum mulai mengembangkan Channel dan Konten, Sekian dan semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
5 Konten Video Game yang Paling Banyak Ditonton di Youtube

Tinggalkan Balasan