32 Istilah di instagram yang Perlu Kamu Ketahui, Biar Siap Jadi Selebgram

in , ,
Istilah di instagram

Sebagai yang sudah melekat di internet, Instagram adalah salah satu sosial media yang terus menghasilkan banyak sekali pengguna baru setiap harinya. Sama luasnya dengan internet, istilah di Instagram ternyata juga cukup banyak loh.

32 Istilah-Istilah yang Ada di Instagram

Beragam istilah itu datang dari kalangan muda hingga kalangan berusia. Jika kamu sudah lama menggunakan Instagram dan mengintip aktivitas tokoh publik atau seseorang disana, mungkin kamu familiar dengan beberapa istilah berikut:


1. Endorse

Endorse adalah istilah dari bentuk kerjasama antara satu brand dengan seorang tokoh publik atau artis yang punya banyak pengikut. Dimana akun yang di endorse akan mengiklankan produk dengan sebuah kesepakatan dari kedua pihak.


2. Caption

Sederhananya, caption adalah istilah di instagram untuk menyebutkan keterangan postingan atau deksripsi mengenai apa, dimana dan bagaimana postingan yang diunggah oleh seseorang. Caption bersifat Free atau bebas.


3. Follower

Follower adalah istilah untuk para pengikut sebuah akun Instagram, mereka yang menjadi pengikut akan mendapatkan notifikasi mengenai postingan terbaru akun yang mereka follow. Kemudian setiap postingan baru pasti muncul di beranda.


4. Activity Feed

Activity Feed berarti notifikasi atau pemberitahuan yang kita dapatkan dari pengikut akun Instagram kita. Seperti apa komentar yang mereka tulis di postingan, mention kita, dan juga notifikasi juga respon like di postingan.


5. Hashtag

Hashtag adalah bentuk tulisan yang ditulis sebagai cara untuk meramaikan pasaran sebuah topik yang diawali dengan simbol # (Pagar). Hashtag sendiri digunakan pengguna Instagram untuk menentukan tren dan spesifikasi postingan.


6. Like dan Comment

Sebagai salah satu sosial media yang punya fitur menarik dan cukup lengkap, tentunya akan terasa kurang jika tidak ada opsi untuk memberikan ekspresi dan apresiasi berupa suka dan kolom berkomentar. Keduanya ada untuk memberikan


7. Post

Post adalah isi dari konten yang kita hadirkan ke Instagram, yang berupa foto atau video. Terjemahan Post sendiri adalah berarti Kiriman, post mencangkum semaunya termasuk gambar, video, caption, hashtag, geotag, dan user tags.


8. Username

Username jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti Nama Pengguna. Username adalah nama yang wajib dibuat pengguna akun Instagram sebagai tanda pengenal unik untuk membedakan kita dengan nama serupa lain.


9. Bio

Bio adalah singkatan dari Biography. Istilah ini sendiri mengacu terhadap keterangan singkat biodata atau data diri seseorang sebagai pengguna akun Instagram. Ini diisi agar para pengikut dapat mengenal kita secara singkat.


10. Filter

Filter adalah efek-efek gratis yang dapat kita berikan atau ditambahkan ke foto yang bisa kita unggah ke Instagram. Salah satu efek yang paling umum misalnya efek foto menjadi lebih terang, sejuk, bersih, dan lain sebagainya. Ada banyak lagi.


11. Feed, Gallery, atau Album

Feed, Gallery, atau Album adalah ketiga istilah yang sama yaitu koleksi konten berupa yang bisa kita tampilkan di profil utama akun Instagram. Kamu bisa memajang momen tertentu tanpa takut akan tertimpa oleh postingan baru.


12. News Feed

News Feed adalah istilah untuk menyebutkan konten atau postingan terbaru dari akun Instagram yang kita ikuti. News Feed akan terlihat di beranda dengan menekan tombol berlogo rumah. Sebagian besar isi di beranda, itu News Feed.


13. Geotag

Geotag adalah istilah untuk lokasi yang ditunjukan di postingan yang diunggah oleh seorang pengguna Instagram. Fungsi Geotag adalah untuk menunjukkan lokasi di mana kita mengunggah postingan secara real time atau tidak.


14. Gost Follower

Istilah Gost Follower atau ghostie merujuk kepada pengikut atau follower pasif di Instagram. Gost Follower adalah sebutan untuk pengikut yang jarang atau bahkan tidak pernah memberikan like maupun komentar di postingan kita sama sekali.

Gost Follower juga bisa kita sebut sebagai Silent Reader.


15. Selebgram

Kalau yang satu ini, pasti sudah familiar nih di telinga dan mata kamu. Selebgram adalah singkatan dari selebritis Instagram yang biasanya punya banyak pengikut, mulai dari Ribuan hingga Jutaan Followers. Mereka nih sering nerima Endorse.


Baca Juga:


16. Private

Private jika diartikan ke bahasa Indonesia maka berarti privasi atau pribadi. Private sebagai istilah di Instagram sendiri adalah akun yang tidak bisa dilihat oleh pengguna lain, termasuk juga postingan yang tak bisa dilihat secara umum.


17. R4R

R4R (Recent for Recent) merupakan istilah yang sering dipakai untuk saling memberikan like pada satu atau beberapa postingan terbaru saja di Instagram.


18. Comment for Comment

Apabila R4R adalah ajakan untuk saling like ke postingan terbaru, maka Comment for Comment adalah istilah yang mengacu pada aktivitas untuk mengajak orang-orang saling berkomentar pada postingan antar pengguna akun Instagram.


19. Spam for Spam

Jika istilah spam sering dikaitkan dengan hal yang negatif atau buruk di sosmed lain. Di Instagram, istilah Spam for Spam malah sangat disukai. Karena istilah tersebut adalah ajakan untuk memberikan like berkali-kali masing-masing akun.


20. Wagelaseh

Wagelaseh sebenarnya adalah gaya bahasa yang berasal atau berarti “Wah, gila sih” istilah tersebut di era ini sering digunakan para milenial untuk mengungkapkan sesuatu yang luar biasa, keren, atau hal yang menakjubkan.


21. Warbiasa atau Warbyasah

Sama seperti Wagelaseh, Warbiasa atau Warbyasah sebenarnya memiliki arti “Luar biasa” yang kemudian digunakan untuk mengungkapkan suatu luar biasa, keren, yang menakjubkan. Pilih mana nih, gaya kamu. Warbiasa atau Wagelaseh.


22. LFL

LFL adalah singkatan dari Like for Like. Yang memaksudkan aktivitas antara dua pengguna untuk saling memberikan like pada postingan mereka masing-masing.


23. DMF

DMF adalah singkatan dari Do Mine First. Jika diibaratkan, misalnya pengguna instagram A meminta pengguna Instagram B untuk memberikan like terlebih dahulu ke postingan milik A, baru nanti A akan memberikan like ke postingan B.


24. K/D

K/D merupakan istilah atau kependekan dari Keep or Delete. Istilah tersebut biasanya dituliskan pada caption di sebuah postingan. Maksud dari istilah ini adalah untuk menanyakan apakah sebuah postingan layak untuk tetap dipertahankan atau di hapus saja kepada para pengikutnya di Instagram.


25. TnF

Tap and Follow atau Tap and Follow berarti sebagai aktivitas untuk mengajak atau meminta seseorang untuk memberikan like pada sebuah postingan serta mengikuti akun Instagram yang di tag dalam caption di postingan tersebut.


26. SFS

SFS atau singkatan dari Shoutout for Shoutout, merupakan istilah yang digunakan untuk mempromosikan produk yang dijualnya. Istilah tersebut biasanya mengacu pada aktivitas untuk saling mempromosikan produk pengguna secara bergantian.


27. F4F atau FFF

F4F atau FFF (Follow for Follow) dimaksudkan sebagai istilah ajakan untuk saling mengikuti akun Instagram satu sama lainnya.


28. QOTD

QOTD atau Question of The Day merupakan istilah yang mengacu pada aktivitas dalam Instagram untuk memberikan sebuah pertanyaan mengenai suatu hal kepada para pengikut yang dibuat hari itu dan akan di jawab hari itu juga.


29. AOTD

AOTD atau Answer of The Day merupakan sebuah istilah yang mengacu pada aktivitas yang masih berkaitan dengan QOTD, yaitu jawaban dari pertanyaan yang telah diajukan sebelumnya di postingan yang bisa disebut dengan istilah QOTD.


30. OOTD

OOTD atau Outfit of The Day merupakan sebuah istilah dalam Instagram yang sering kita temui di caption postingan yang menampilkan Foto Full Body atau full shot yang menampilkan satu badan penuh. Istilah di instagram

Istilah sosial media satu ini sering digunakan oleh para pengguna Instagram yang menampilkan pakaian apa yang sedang dipakai pada hari itu. Istilah ini biasanya sering digunakan pada fashion blogger maupun selebgram.


31. CWD

CWD (Comment When Done), merupakan istilah yang mengacu pada aktivitas para pengguna Instagram untuk menuliskan kata “Done” pada kolom komentar apabila telah melakukan sesuatu yang diminta akun Instagram yang mereka ikuti.


32. NFO

NFO New Followers Only adalah istilah yang sering digunakan pada postingan terbaru. Pada saat itu hanya boleh ada pengikut baru saja, jadi pengikut lama tidak boleh melakukan apapun pada postingan tersebut. Jarang dipakai sih.


Itulah tadi setidaknya ada 32 istilah yang bisa ditemukan di Instagram, dan sering digunakan para pengguna termasuk bisa jadi orang-orang di sekitarmu. Sekian, terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir dan semoga bermanfaat.


Referensi: Mas Tekno

5/5 (1 Review)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *