Mengenal Advertising, Fungsi dan Cara Kerjanya Sebagai Layanan Periklanan

in , ,
Apa itu advertising, apa fungsi advertising dan cara kerja advertising by teknodaim

Dunia digital yang terus berkembang di kalangan masyarakat saat ini terus menghadirkan hal baru terutama di bidang atau jurusan marketing. Apa itu Advertising, apa fungsi Advertising dan bagaimana cara kerja Advertising? Mari kita bahas.

Apa Itu Iklan Google dan Advertising?

Advertising adalah bentuk penyajian materi atau pesan berbentuk persuasive kepada masyarakat luas dengan melakukan promosi produk dan jasa dari perusahaan atau pengusaha melalui media dan juga sebuah platform tertentu.

Apa itu advertising apa fungsi advertising dan cara kerja advertising by teknodaim
Gambar: Lander App

Ketahuilah, Advertising pasti dijumpai oleh orang yang fokus bergelut di dunia digital marketing maupun offline marketing. Brosur juga termasuk ke dalam Advertising. Advertising menyediakan jasa membuat konsep, dan penempatan iklan.

Kesimpulannya, Advertising adalah jasa periklanan yang merancang, serta jasa pembuatan konsep iklan agar membuat konsumen tertarik dengan iklan dan apa yang sedang di promosikan dari iklan tersebut. Iklan tentunya pasti berisi pesan.


Baca Juga: Begini Cara Youtubers Menghasilkan Uang


Apa Fungsi Advertising?

Apa itu advertising apa fungsi advertising dan cara kerja advertising by teknodaim 2
Gambar: Vuroll Blog

Advertising tentu sangat penting, karena menjadi media promosi sebuah usaha ataupun bisnis yang tengah dijalani. Dengan adanya iklan, maka konsumen dapat membaca pesan dan membandingkannya dengan brand atau pesain lainnya.

Di era ini, hampir semua perusahaan atau pengusaha menggunakan jasa Advertising. Karena akan sangat menguntungkan kedua sisi, iklan yang ditayangkan akan menguntungkan produsen dan juga media yang menayangkannya.

Adanya Advertising juga untuk mendatangkan rasa suka dan kepercayaan konsumen terhadap produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan atau pengiklan. Konsumen pun akan tahu mengenai informasi barang atau jasa.


Cara Kerja Advertising

Apa itu advertising apa fungsi advertising dan cara kerja advertising by teknodaim 1
Contoh: Apa Itu Iklan Google di Channel Youtube Agung Hapsah

Advertising akan dapat dilakukan melalui Advertising Agency, atau perusahaan khusus yang menyediakan layanan untuk membuat, merancang, dan menangani iklan yang diminta oleh klien. Perusahaan iklan biasanya bekerja secara mandiri.

Dalam dunia Advertising, tentunya ada peran penting dari desainer dalam pembuatan sebuah iklan atau Ads. Sama seperti Platform besar Youtube dan Website yang banyak menggunakan layanan Advertising seperti Google Adsense.

Iklan yang Baik

Untuk terlibat ke dalam Advertising sebagai pengiklan, tentunya tidak bisa sembarang dan harus memenuhi syarat-syarat standar meliputi:

  • Tidak mengandung isu Sara atau unsur-unsur pembeda antar suku, ras, agama, dan antar golongan.
  • Bersaing secara sehat, artinya jangan merendahkan produk atau jasa lain.
  • Menawarkan keunggulan produk atau jasa yang yang jelas dan jujur.

Makanya jika kamu pernah melihat iklan di papan acara atau brosur, kata-kata dan informasi yang diberikan jelas serta dapat dipahami. Advertising yang sering kita jumpai saat ini misalnya seperti iklan media cetak, iklan media elektronik, kemudian ada juga iklan layanan masyarakat. Sekian dan semoga ini bermanfaat.