ListicleGadgetKameraRekomendasi

10 Pilihan Kamera DSLR Full Frame Terbaik 2020

DSLR mungkin sudah mulai tergantikan dengan adanya kamera Mirrorless, Namun hal tersebut tidak sepenuhnya terjadi untuk semua lini. Untuk urusan photographer, ada banyak rekomendasi kamera DSLR Full Frame yang dicari bahkan pada tahun 2020 ini.

DSLR full frame memiliki keunggulan yang sangat mendukung kegiatan fotografer, karena fungsi dan kemampuan lensa-lensanya sudah sangat bagus. Canon dan Nikon merupakan 2 brand besar yang memiliki produk-produk kamera DSLR full frame unggulan.

Kali ini, Teknodaim akan memberikan beberapa rekomendasi DSLR full frame yang bisa menjadi pilihan untuk kamu pertimbangkan. Simak terus untuk menemukan pilihan yang cocok.

10 Pilihan Kamera DSLR Full Frame Terbaik 2020

Namun sebagai seorang calon fotografer profesional, kamu tentunya harus memahami urusan auto-fokus, pilihan lensa mana yang bagus untuk out door atau in door, dan pengaturan internal dalam software kamera (ISO, Shuuter Speed, dan lain-lain). Bila sudah cukup memahami soal beberapa ilmu tadi, berikut adalah daftar rekomendasinya:

1. Rekomendasi Kamera DSLR – Nikon D610

1 1
Kamera Nikon D610 | Wikipedia.com

Kalau kamu merupakan seorang jurnalis atau wartawan yang sering membawa kamera dan mengabadikan setiap momen yang merupakan bagian dari pekerjaan. Tentunya membutuhkan sebuah kamera yang dapat mendukung proses pekerjaan tersebut. Salah satu nya yaitu kamera Nikon D610 dengan DSLR full frame ini. 

Kamera ini mempunyai harga menengah yang sangat dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kamu beli. Selain itu, bobot kamera tersebut juga hanya 0,76 kg yang sudah tergolong cukup ringan untuk dapat kamu bawa bepergian.

2. Nikon D750

1 2
Nikon D750 | Nikon.com

Bagi fotografer yang sudah biasa menggunakan kamera landscape, tentunya tidak asing lagi dengan kamera satu ini. Nikon D750 punya fitur tambahan yang wajib dimiliki yaitu Polarized dan Neutral Density (ND). Namun sayangnya, tidak semua kamera DSLR mempunyai fitur yang seperti ini.

Kalau kamu merupakan penggemar fotografi landscape, Nikon D750 dapat kamu jadikan sebagai pilihan kamera yang tepat. Karena mempunyai mode efek khusus yang bernama Creative Mix. Fitur tersebut dapat memungkinkan pengguna untuk menghasilkan foto yang jelas dengan tambahan efek lebih dramatis. Sebagai contoh, pengguna bisa menggabungkan objek gunung, laut, dan langit menjadi satu gambar.

3. Nikon D780

1 4
Nikon D780 | Wikipedia.com

Salah satu cara berfoto yang banyak digemari yaitu Genre Astrofotografi. Akhir-akhir ini memang banyak peminat yang mencoba metode fotografi tersebut. Tetapi untuk dapat melakukan metode tersebut, tentunya kamu memerlukan sebuah produk kamera yang mumpuni. Untuk itu, Teknodaim merekomendasikan salah satu kamera profesional yang dapat melakukan metode fotografi tersebut, yaitu Nikon D780.

Kamera Nikon D780 ini memiliki exposure yang jauh lebih lama ketimbang kamera DSLR pada umumnya. Dengan mode foto manual, kamu juga dapat menggunakan exposure dengan kurun waktu hingga 15 menit. Dengan adanya potret milky way lewat mode perekaman ini, pastinya akan menghasilkan foto yang lebih menakjubkan.

4. Nikon D850

1 5
Nikon D850 | cameralabs.com

Kali ini ada kamera Nikon D850 yang punya jumlah piksel dalam kategori terbilang cukup besar agar bisa menghasilkan foto yang lebih detail. Selain itu, produk ini juga merupakan upgrade dari versi sebelumnya yaitu Nikon D780. Sebagai versi upgrade, tentunya memiliki kecepatan Auto fokus yang lebih tinggi sehingga objek gambar dapat terekam dengan jelas. Terdapat juga teknologi Expeed 5 untuk meminimalkan noise saat mengambil foto.

Untuk kamu yang merupakan photographer dengan tingkat mobilitas padat, Nikon D850 ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menemani perjalanan kamu. Selain itu, ada juga fitur XQD Storage yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan memori penyimpanan cadangan sekaligus. Dengan demikian, penggunanya jadi tidak kesusahan lagi ketika ingin memindahkan file foto atau video dalam kamera.

5. Canon EOS 6D Mark II

1 6
Canon EOS 6D Mark II | Amateurphotographer.com

Selain brand Nikon, ada juga brand lain yang kami masukan ke rekomendasi dengan teknologi kamera DSLR yang terus mengalami perkembangan pada fitur yang cukup pesat, yaitu Canon. Salah satu produk yang sudah mempunyai fitur canggih yaitu EOS 6D Mark II.

Kamera ini dapat memungkinkan pengguna untuk mencari dan mengatur titik fokus dengan lebih mudah. Terdapat juga fitur Touch Screen yang dapat membuat penggunanya untuk mengoperasikan kamera secara lebih sederhana.

6. Canon EOS 5D Mark IV Kit (EF 24-105 IS II USM)

Canon Eos 5d Mark Iv 24 105 L Is Ii Usm 4549292075786 14
Canon EOS 5D Mark IV | Canon.com

Produk dari brand Canon ini tentunya tidaklah seidikit, bahkan sudah melebihi produktivitas yang cukup banyak. Kali ini ada kamera Canon EOS 5D Mark IV Kit yang dapat memuaskan hobi para photographer dalam membuat video atau film web series dengan gaya sinematik. Kalau kamu merupakan seseorang yang berfikir seperti itu, produk ini wajib untuk kamu masukkan ke dalam keranjang belanjaan.

Kamera Canon EOS satu ini juga mempunyai fitur bernama Canon Log yang dapat membantu kamu untuk menampilkan detail warna yang lebih jelas. Dengan demikian, sinematik pada video film kamu akan menjadi lebih semuprna. Canon sendiri mengatakan bahwa kamera ini memang mereka peruntukan untuk pengguna yang ingin melakukan grading yang lebih jelas saat mengedit video. Terlebih lagi, bisa merekam video dengan resolusi 4K.

7. Canon EOS-1D Mark II

Rekomendasi Kamera Dslr Full Frame 2020
Canon EOS-1D Mark II | Canon.com

Kemudian ada pula salah satu rekomendasi kamera DSLR terbaik pada tahun 2020 yang punya kecepatan Autofokus dan kemampuan mengambil foto dengan mode burst, yaitu Canon EOS EOS-1D Mark II. Dengan sekali tekan tombol shutter saja, maka kamera ini akan menghasilkan gambar sebanyak 14 frame per detik. Fitur ini tentunya sangat berguna untuk pengguna yang ingin mengoleksi atau mengambil objek gambar yang aktif bergerak.

Menariknya lagi, terdapat juga fitur akurasi GPS yang mampu merekam dan memberitahukan lokasi pengambilan pada foto. Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna untuk mengingat lokasi tempat dia mengambil foto sebelumnya.

8. Canon EOS-1D X Mark III

Rekomendasi Kamera Dslr Full Frame 2020
Canon EOS-1D X Mark III | The Verge

Kemudian ada seri EOS-1D X Mark III yang memiliki desain dengan bentuk yang kokoh dan tahan banting ketika pengguna bepergian ke mana pun. Tidak hanya itu, fitur yang disajikan pada kamera ini pun cukup menarik, yang Canon khususkan untuk format perekaman film dengan kualitas tinggi.

Ketika pengguna menggunakan format dengan kualitas tertinggi, Maka fitur dari Autofokus tidak dapat berfungsi. Namun, Jika menggantinya ke format lebih rendah yaitu 4K, fitur Autofokus pun dapat berfungsi kembali layaknya normal. Kualitas mengambil foto atau video pada kamera ini memang sangat mendukung kinerja para Film Maker profesional yang ingin memproduksi proyek film layar lebar.

9. Kamera DSLR Terbaik Canon – EOS 5DS R

Rekomendasi Kamera Dslr Full Frame 2020 1
Canon EOS 5DS R | Wikipedia.com

Produk yang termasuk sebagai salah satu kamera DSLR full frame dengan jumlah piksel paling besar, yaitu EOS 5DS R. Besaran piksel pada kamera ini mampu memberikan kepuasan ketika mengambil foto dengan hasil yang detail dan tajam. Kamera satu ini memang dirancang khusus untuk para photographer profesional yang sering melakukan cropping atau pemotongan ketika mencetak foto dengan keperluan komersial. 

Selain itu, kamera ini juga cukup kokoh untuk kamu bawa ke segala situasi dan cuaca. Sebab terbuat dari bahan konstruksi magnesium alloy, yang membuatnya dapat tahan terhadap air dan debu. Jadi penggunanya pun dapat dengan tenang membawa kamera dalam setiap penugasan dari sebuah agensi foto komersial.

10. Rekomendasi Kamera DSLR Terakhir – Nikon D5

Rekomendasi Kamera Dslr Full Frame 2020 2
Nikon D5 | Nikon.com

Nikon D5 punya keunggulan pada kemampuan mengambil foto dengan kecepatan penuh selama 12 frame per detik. Sekaligus juga mempunyai fitur Auto fokus yang sangat cepat sehingga memudahkan penggunanya untuk dapat mengambil foto dengan objek gambar yang bergerak.

Nikon D5 ini sangat kami rekomendasikan untuk kamu yang tengah atau ingin menekuni dunia photographer. Dengan menawarkan sensitivitas ISO yang cukup baik sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto walaupun dalam kondisi pencahayaan yang tidak baik.


Itulah tadi 10 Rekomendasi Kamera DSLR Full Frame Terbaik 2020 yang dapat Teknodaim sajikan. Kalau kamu punya informasi tambahan mengenai kamera terbaik, bisa langsung aja tulis di kolom komentar yang sudah kami sediakan.


Referensi: MyBest.ID

What's your reaction?

Related Posts