7 Fungsi Google Photos yang Harus Kamu Ketahui

Lam

Lam

Banyak pengguna yang belum mengetahui bahwa Google Photos ternyata memiliki banyak fungsi selain menyimpan foto, simak daftarnya berikut ini

Fungsi Google Photos

Ilustrasi Google Photos | Pinterest

Layanan Google Photos memang memiliki banyak sekali manfaat bagi pengguna karena bisa menyimpan banyak foto secara online dengan aman. Terdapat tiga opsi kualitas penyimpanan mulai dari Low Quality, Medium Quality dan High Quality. Kemudian yang terakhir ada pula Original Quality.

Meski begitu, layanan buatan Google yang sudah berdiri sejak tahun 2015 itu sebenarnya memiliki banyak fungsi selain menyimpan foto. Mulai dari menghemat ruang penyimpanan hingga mencadangkan perangkat dan masih banyak lagi.

7 Fungsi Utama Google Photos

Setelah Memasuki tahun 2021, sudah ada banyak sekali kegunaan lain dari Google Photos selain menyimpan foto antara lain sebagai berikut.

Menghemat Ruang Penyimpanan

7 Fungsi Google Photos yang Harus Kamu Ketahui
Ruang Penyimpanan Habis | Shutterstock

Fungsi utama dari Google Photos ialah menyimpan konten digital berupa foto atau gambar secara online. Hal ini pastinya bakal membuat ruang memori pengguna menjadi lebih hemat dari sebelumnya.

BACA JUGA:  Poco Resmi Meluncurkan HP Poco C65 dengan Harga Terjangkau

Terlebih lagi layanan Google Photos bisa digunakan secara gratis tapi dengan ruang penyimpanan terbatas sebesar 15GB. Kamu bisa memperluasnya lagi menjadi 30GB hingga 100GB dengan cara berlangganan atau berbayar perbulannya.

Sebagai informasi tambahan, pengguna hanya bisa mengupload foto ke Google Photos dengan resolusi maksimum 16MP. Jika melebihi resolusi tersebut, maka foto akan secara otomatis dikompres menjadi 16MP.

Mengatur Kategori

7 Fungsi Google Photos yang Harus Kamu Ketahui
Kategori Google Photos | The Verge

Untuk foto yang tersimpan pada Google Photos, pengguna juga bisa memasukkannya ke dalam sebuah kategori masing-masing sesuai dengan keinginan. Sehingga dapat memudahkan pengguna dalam mencari jenis foto yang mereka simpan.

Lalu kini Google Photos juga sudah mempunyai fitur canggih yang bisa menambahkan foto relevan ke dalam kategori sesuai tempatnya secara otomatis. Jadi pengguna tidak perlu lagi repot-repot mengaturnya, cukup mengandalkan bantuan AI saja.

Bisa Mencari Foto dengan Lebih Mudah

7 Fungsi Google Photos yang Harus Kamu Ketahui
Ilustrasi Google | Pixabay

Fungsi Google Photos yang ketiga ialah pengguna bisa mencari foto dengan mudah berdasarkan lokasi, waktu dan jenis kategori lainnya. Soalnya pada layanan ini, tersedia sebuah mesin pencarian canggih yang akan memudahkan pengguna untuk menemukan foto yang mereka cari.

Edit Foto Lebih Simple dengan Google Photos

7 Fungsi Google Photos yang Harus Kamu Ketahui
Edit Foto dengan Google Photos | Google

Setelah menyimpan foto, pengguna juga dapat mengeditnya dengan menggunakan fitur yang sudah Google Photos sediakan. Meliputi crop, rotate dan terdapat pula fitur efek warna keren seperti yang ada pada Instagram.

BACA JUGA:  Turun 16 Persen, Penjualan iPhone di Tiongkok Kurang Peminat

Meski fitur yang tersedia terbilang sedikit, tapi hasil edit yang pengguna dapatkan tidak terbilang jelek kok. Kualitasnya bagus tidak ada buram dan rapi, lalu pengguna juga bisa menambahkan Watermark berupa keterangan waktu pada foto tersebut.

5. Berbagi Foto atau Video dengan Lebih Mudah

7 Fungsi Google Photos yang Harus Kamu Ketahui
Share Foto Menggunakan Google Photos | 9to5Google

Lebih lanjut, foto yang tersimpan dalam Google Photos bisa pengguna bagikan ke platform Media Sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya Kemudian pengguna juga bisa memasukkan foto dalam bentuk tautan yang bisa dibagikan ke email.

Menyediakan Berbagai Macam Emoji Gratis

7 Fungsi Google Photos yang Harus Kamu Ketahui
Kumpulan Emoji Gratis | Pinterest

Selain menyimpan atau berbagi, Google Photos juga menyediakan berbagai macam emoji menarik dan keren yang bisa pengguna pakai secara gratis. Pengguna bisa memilih jenis emoji seperti Anime, Game dan masih banyak lagi sesuai keinginan.

Terlebih lagi, emoji yang Google Photos sediakan itu bisa digunakan pada WhatsApp, Mesengger, Telegram dan aplikasi pesan instan lainnya.

Backup Data Ponsel

7 Fungsi Google Photos yang Harus Kamu Ketahui
Cadangkan File ke Google Photos

Fungsi Google Photos selanjutnya bisa mencadangkan data, sehingga kalau ponsel pengguna hilang atau ganti yang baru. Data miliknya tetap akan aman soalnya sudah tersimpan. Data yang bisa kamu cadangkan gak hanya berupa foto aja tapi video, dokumen dan file dengan format lainnya juga bisa dicadangkan.

BACA JUGA:  2 Cara Screenshot iPhone 11 yang Sering Digunakan

Cukup login akun dan masuk ke layanan Google Photos, lakukan pencadangan dan tunggu proses sampai selesai. Kalau sudah, kamu gak perlu khawatir lagi soal keamanan data yang ada pada ponsel.


Baca juga:


Cara Menggunakan Fitur Google Photos

7 Fungsi Google Photos yang Harus Kamu Ketahui

Mengedit dan Mengubah Ukuran Foto

Melakukan hal ini tidaklah sulit, kamu hanya perlu membuka foto yang tersimpan dalam Google Photos dan klik Edit. Selanjutnya tinggal edit aja foto sesuai dengan keinginan.7 Fungsi Google Photos yang Harus Kamu Ketahui

Membagikan Foto

Buat yang hobi share, membagikan foto yang tersimpan dalam Google Photos tidaklah sulit. Cukup klik aja menu share atau bagikan yang ada pada foto tersebut lalu pilih platform yang kamu inginkan.7 Fungsi Google Photos yang Harus Kamu Ketahui

Backup Data

Fungsi lain dari Google Photos ialah menyimpan backup data untuk jaga-jaga apabila ponsel pengguna hilang atau ganti dengan yang baru. Caranya mudah banget, masuk ke pengaturan akun dan pilih cadangkan.7 Fungsi Google Photos yang Harus Kamu Ketahui

Menghapus Penyimpanan Google Photos

Jika ingin menghapus atau membersihkan foto yang tersimpan dalam layanan Google Photos. Kamu bisa pergi ke pengaturan akun dan pilih kosongkan penyimpanan. Biasanya memerlukan verifikasi untuk akun Google yang memiliki tingkat keamanan tinggi.7 Fungsi Google Photos yang Harus Kamu Ketahui

Kira-kira itulah tadi 7 kegunaan dari Google Photos yang banyak orang tidak ketahui. Kalau kamu punya pendapat atau komentar terkait artikel ini, bisa tambahkan aja ke kolom yang sudah kami sediakan.

AndroidGoogleGoogle Photosios

Related Posts