ListicleAplikasi

8 Alasan Kamu Harus Menyimpan Foto di Google Photos

Platform Google memiliki banyak sekali layanan, salah satunya merupakan Google Photos yang bisa berfungsi untuk menyimpan foto pengguna secara online. Terutama bagi pengguna yang sering mengunduh foto dari Gmail. Biasanya mereka menggunakan layanan Google Photos agar tersimpan dengan aman.

Berbeda seperti aplikasi penyimpanan lainnya, Google Photos diminati oleh banyak sekali pengguna karena simple untuk digunakan dan yang terpenting gratis. Meski begitu, nyatanya masih banyak yang belum mengetahui kalau aplikasi besutan Google itu mempunyai banyak sekali fungsi lainnya selain menyimpan foto.

Untuk itulah pada artikel ini, Teknodaim bakal menjelaskan 8 alasan mengapa kamu harus menyimpan foto pada aplikasi Google Photos.

Apa itu Google Photos?

Google Photos
Google Photos | Google

Sebelum masuk ke topik utama Teknodaim bakal menjelaskan terlebih dulu secara singkat tentang apa itu Google Photos. Buat yang belum tahu, aplikasi ini merupakan sebuah layanan buatan Google yang sudah berdiri sejak tahun 2015 silam.

Pada awal perilisannya para peninjau sudah menyebutnya sebagai salah satu Media terbaik untuk menyimpan foto online.

BACA JUGA:
15 Rekomendasi HP Gaming 2 Jutaan Terbaik Akhir Tahun 2021, Gaming Sepuasnya
Made By Google
Made by Google | Google

Google Photos bukanlah sekedar tempat penyimpanan foto sederhana, layanan ini juga bisa mencadangkan foto dan perangkat pengguna. Kemudian dilengkapi pula dengan berbagai fitur menarik seperti pemilihan kategori otomatis, alat pencarian pintar dan masih banyak lagi.

8 Alasan Mengapa kamu Harus Menyimpan Foto pada Aplikasi Google Photos

Terdapat banyak sekali alasan penting mengapa kamu harus menggunakan layanan dari Google Photos ini antara lain sebagai berikut.

1. Tersedia Untuk Semua Perangkat dan Simple untuk Digunakan

Alasan Menyimpan Foto di Google Photos
Google Photos Untuk Semua Perangkat | BGR.com

Salah satu alasan utama mengapa kamu harus menyimpan foto pada layanan aplikasi Google Photos ialah karena bisa digunakan pada semua perangkat. Untuk pengguna Android, biasanya sudah mendapatkannya sejak awal penggunaan ponsel sebagai aplikasi bawaan (bisa dihapus).

Untuk pengguna perangkat iOS seperti iPhone dan Tablet, tetap bisa menggunakan Google Photos dengan cara mendownload aplikasinya terlebih dulu pada AppStore.

Sedangkan pengguna PC atau Laptop, layanan Google Photos kini sudah tersedia untuk versi Web atau kamu bisa langsung mengaksesnya melalui link berikut: Photos.Google.com

BACA JUGA:
Harga Samsung Galaxy S22, S22 Plus dan S22 Ultra di Indonesia

2. Menyediakan Ruang Penyimpanan yang Luas dan Gratis

Alasan Menyimpan Foto di Google Photos
Ruang Penyimpanan | Pricebook

Google Photos dikenal sebagai salah satu layanan penyimpanan terbaik karena menyediakan ukuran yang besar 15GB secara gratis. Kalau merasa kurang puas, kamu masih bisa memperluasnya hingga 30-100GB dengan cara berlangganan atau prabayar.

Sehingga pastinya bakal membuat ruang memori menjadi lebih hemat dari sebelumnya.
Hal ini merupakan keuntungan terbesar sekaligus menjadi alasan mengapa kamu harus menyimpan foto di Google Photos.

3. Kualitas Gambar yang Tersimpan Tidak akan Buram

Alasan Menyimpan Foto di Google Photos
Google Photos | Datainfox.com

Biasanya ketika menyimpan foto ke dalam Media, maka kualitasnya akan berkurang atau menjadi buram. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk layanan buatan Google satu ini, ketika menyimpan pada Google Photos pengguna bahkan hampir tidak bisa menemukan perbedaannya.

Sebagai informasi, pengguna hanya bisa mengunggah foto ke Google Photos dengan resolusi maksimum hingga 16MP. Jika melebihi resolusi tersebut, maka resolusi foto akan secara otomatis berubah menjadi 16MP.

BACA JUGA:
Xiaomi Redmi Note 11T 5G Resmi Meluncur dengan Chipset MediaTek Dimensity 810 5G

4. Punya Banyak Fitur Canggih

Alasan Menyimpan Foto di Google Photos
Google Photos | GSM Arena

Berbeda seperti aplikasi galeri bawaan yang hanya mempunyai beberapa fitur saja, layanan Google Photos menyediakan lebih banyak lagi fitur canggih kepada para penggunanya.

Mulai dari mesin pencarian yang canggih yang bisa memudahkan pengguna dalam menemukan foto yang mereka cari. Hingga fitur AI yang dapat menambahkan foto relevan ke dalam kategori yang sesuai tempatnya secara otomatis.

Sehingga pengguna tidak perlu repot-repot untuk memasukkannya ke dalam kategori, cukup gunakan bantuan AI Google Photos aja.

5. Animasi Stop Motion

Animasi Motion
Animasi Motion | Pinterest

Salah satu fitur paling menarik lainnya Google Photos ialah membuat animasi stop motion dari foto-foto yang tersimpan. Caranya tidaklah sulit, pengguna cukup mengambil setidaknya 3 sampai 50 foto (maksimal) kemudian mengatur ritme sesuai keinginan.

Setelah itu kamu tunggu aja soalnya proses pembuatan animasi akan ditangani oleh Google Photos. Jika proses sudah selesai, tinggal download aja hasilnya agar bisa dibagikan ke Media Sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya.

BACA JUGA:
Cara Install XAPK Installer dengan Mudah, Cepat dan Bisa Dilakukan Oleh Orang Awam

Baca juga:


6. Bisa Terhubung ke Berbagai Aplikasi

Alasan Menyimpan Foto di Google Photos
Google Photos Untuk Semuanya | Google

Memasuki tahun 2021 Google Photos sudah semakin berkembang dan kini sudah terhubung hampir ke seluruh aplikasi. Maksud terhubung ini ialah bisa langsung mendeteksi foto dari aplikasi tersebut kemudian akan meminta izin pengguna untuk menyimpannya ke Google Photos atau tidak.

7. Edit Foto atau Video dengan Mudah Menggunakan Google Photos

Alasan Menyimpan Foto di Google Photos
Edit Foto dan Video Google Photos | Google

Meski pada dasarnya sebuah galeri, layanan Google Photos ini ternyata juga menyediakan fitur edit foto dan video. Pengguna bisa melakukan crop, rotate hingga memberikan efek warna seperti yang ada pada Instagram.

Kemudian untuk bagian edit video juga kalah canggihnya, pengguna bisa mengedit video menjadi lebih stabil, crop, merotasinya dan menambahkan berbagai macam efek transisi.

BACA JUGA:
Cara Download Lagu dari YouTube di Android dengan Aplikasi SnapTube

Tergantung kebutuhan, jika hanya sekedar ingin membuat kualitas menjadi lebih bagus maka fitur edit Google Photos cukup bisa diandalkan.

8. Dapat Melakukan Backup

Alasan Menyimpan Foto di Google Photos
Ilustrasi Backup | Pixabay

Satu alasan terakhir mengapa kamu harus menyimpan foto pada Google Photos ialah karena bisa mencadangkan data. Sehingga kalau ponsel hilang atau ganti baru, kamu tidak perlu khawatir dengan data penting yang ada pada perangkatmu. Soalnya sudah tersimpan aman pada Google Photos.

Selain itu, kamu juga dapat mengakses cadangan tersebut melalui perangkat lain seperti PC, Laptop atau Tablet hanya dengan login akun Google aja loh.


Itulah tadi beberapa alasan kenapa kamu harus menyimpan koleksi foto di Google Photos. Dengan banyak manfaat yang ditawarkan, penggunaan fitur canggih ini sangat pantas untuk kamu pertimbangkan. Semoga bermanfaat!

Kamu bisa memberikan pendapat atau komentar kamu terkait artikel ini dengan menulisnya pada kolom komentar yang tersedia.

Related Posts