Perbedaan MySQL dan MySQLi Extension PHP, Calon Tukang Coding Wajib Tau!

in , ,
Perbedaan mysql dan mysqli by teknodaim

Secara fungsi mungkin serupa, namun ada perbedaan MySQL dan MySQLi Extension PHP yang wajib kamu pahami. Khususnya kalian yang lagi giat mendalami ilmu Coding-codingan. Sebelum itu, boleh dong Subscribe Youtube kita dulu.

MySQL sendiri adalah jenis Database Management System atau DBMS penampungan multi user, yang juga tergolong multi alur. Mungkin saat ini ada sekitar 6.000.000 orang lebih yang menggunakan instalasinya di seluruh dunia.

MySQL dan MySQLi Extension PHP

Berbeda dengan MySQL, MySQLi adalah ekstensi PHP yang mengelola database MySQL di mana huruf i yang ada pada namanya itu bermakna sebagai Improved atau yang disempurnakan. Keberadaan keduanya pun berbeda cukup jauh.

MySQL biasanya ditempatkan di sistem PHP: Hypertext Preprocessor versi 5.x kebawah dan juga MySQL Server versi 4.1 kebawah. Sedangkan MySQLi Extension umumnya ditempatkan pada versi PHP: Hypertext Preprocessor versi 7.x ke atas.

Perbedaan mysql dan mysqli by teknodaim
Ilustrasi MySQL dan MySQLi | Fatkhan.web.id

MySQLi juga bisa ditempatkan pada MySQL Server versi 4.1 keatas, karena MySQLi adalah perbaikan atau merupakan versi pengembangan yang lebih baik dari MySQL. Biar lebih spesifik, kita bakal uraikan beberapa perbedaannya berikut:


Perbedaan Penggunaan

Jika Ekstensi MySQL ditambahkan pada sistem PHP versi 2.0 dan tidak akan igunakan lagi pada PHP versi 5.5.0. Maka Ekstensi MySQLi baru ditambahkan untuk sistem PHP versi 5.5 dan berfungsi pada server MySQL versi 4.1.3 ke atas.


Perbedaan Dukungan

Jika struktur MySQL bersifat procedural dan tidak mendukung penyimpanan prosedur, maka MySQLi mendukung penulisan secara OOP atau Object Oriented Programming. Serta bisa dijadikan Store Procedure atau penyimpanan prosedur.

Perbedaan MySQL dan MySQLi selanjutnya adalah MySQL tidak mendukung peryataan yang sudah disiapkan sebelumnya, sedangkan hal tersebut tidak berlaku pada MySQli yang mendukung peryantaan yang sudah disiapkan.



Perbedaan Keamanan

Selanjutnya mengenai faktor keamanan. MySQL punya tingkat keamanan yang bisa dibilang masih cukup rendah jika dibandingkan dengan MySQLi dengan debugging yang jauh lebih tinggi. MySQLi juga sudah mendukung API (Application Programming Interface).


Perbedaan Penempatan

Dan poin terakhir adalah mengenai lokasi file ekstensi tersebut ditempatkan, MySQL ada di folder etc/mysql (linux), sedangkan MySQLi akan tersimpan di folder etc/mysqli. Yang satu ini mungkin wajar saja terjadi ya, namanya saja beda.


Baca Juga:


Sebenarnya tidak ada yang salah dengan keduanya, bukan berarti MySQL sudah tidak layak untuk digunakan. Hanya saja lebih direkomendasikan untuk memilih MYSQLi dengan perbedaan-perbedaan tadi yang bisa jadi bahan pertimbanganmu.

Penulisan querynya keduanya juga tidak berbeda jauh. Seperto contoh script koneksi ke database dimana pada MySQL ditulis mysql_query(“SELECT * FROM database”, $link) dan pada MySQLi adalah mysqli_query($link, “SELECT * FROM database”).

Mungkin dari teman-teman ada tambahan mengenai MySQL dan MySQLi Extension PHP yang Teknodaim jelaskan diatas tadi. Boleh dong bertukar informasi dan pengetahuan di kolom komentar kita. Sekian dan semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
7 Bahasa Pemrograman (Ilmu Coding) Terpopuler di Dunia yang Bisa Kamu Pelajari!