Penjualan iPhone Menurun, Samsung Jadi Pemenangnya

Hervi Nurul

Hervi Nurul

Pada awal tahun 2024, terjadi penurunan sebesar 10%, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa penjualan iPhone menurun.

Penjualan iPhone Menurun, Samsung Jadi Pemenangnya

Penjualan iPhone Menurun, Samsung Jadi Pemenangnya

Pada awal tahun 2024, terjadi penurunan sebesar 10%, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa penjualan iPhone menurun. Pengiriman iPhone sebagai dampak dari persaingan sengit dengan produsen smartphone Android yang tengah berusaha merebut posisi terdepan.

Berdasarkan laporan dari perusahaan riset IDC, pengiriman smartphone di seluruh dunia mengalami peningkatan sebesar 7,8% menjadi 289,4 juta unit pada periode Januari-Maret. Dalam hal ini, Samsung berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 20,8%, mengungguli dominasi Apple.

Pada bulan Desember 2023, penjualan pembuat iPhone mengalami penurunan yang signifikan. Pengetahuan akan hal ini setelah berhasil melampaui Samsung sebagai pemimpin pasar telepon seluler di seluruh dunia.

Penjualan iPhone Menurun, Samsung Jadi Pemenangnya
iPhone

Apple berada di posisi kedua

Pangsa pasar Apple kembali naik ke posisi kedua dengan persentase sebesar 17,3%. Penyebabnya karena merek Tiongkok seperti Huawei juga mengalami peningkatan dalam perolehan pangsa pasar. Xiaomi, sebuah perusahaan ponsel terkemuka di Tiongkok, berhasil mencapai posisi ketiga dengan pangsa pasar sebesar 14,1%.

BACA JUGA:  Kapan Sih iPhone 14 Rilis di Indonesia?Yuk Intip Jadwalnya!

Pada awal tahun, Samsung telah mengeluarkan seri terbaru dari smartphone unggulannya yaitu Galaxy S24. Selain itu dalam periode tersebut, mereka telah mengirimkan lebih dari 60 juta ponsel.

Menurut lembaga riset Counterpoint, penjualan smartphone Galaxy S24 secara global mengalami peningkatan sebesar 8%. Hal ini terjadi dalam tiga minggu pertama setelah meluncur, daripada dengan seri Galaxy S23 tahun sebelumnya.

Menurut IDC, Apple mengirimkan 50,1 juta ponsel iPhone dalam kuartal pertama, mengalami penurunan dari jumlah pengiriman sebesar 55,4 juta unit pada periode yang sama tahun sebelumnya. Pada kuartal terakhir tahun 2023, terjadi penurunan sebesar 2,1% dalam pengiriman iPhone di Tiongkok daripada tahun sebelumnya.

China Melarang Penggunaan iPhone

Tantangan yang perusahaan AS hadapi di pasar terbesar ketiganya semakin terlihat jelas dengan penurunan ini. Beberapa perusahaan China dan lembaga pemerintah telah membatasi penggunaan perangkat Apple oleh karyawannya, memberikan dampak yang signifikan terhadap penjualan perusahaan tersebut.

BACA JUGA:  Sengit, Petarungan Perebutan Hak Paten Antara Apple VS Masimo

Tindakan ini sebagai respons terhadap kebijakan pemerintah AS yang membatasi penggunaan aplikasi Tiongkok karena alasan keamanan.

Pada bulan Juni nanti, perusahaan teknologi yang berpusat di Cupertino, California akan mengadakan Worldwide Developers Conference (WWDC), sebuah acara di mana mereka akan memperkenalkan berbagai pembaruan software untuk iPhone, iPad, dan produk Apple lainnya.

Baca juga:

AppleiosiPhonepenjualan iphone

Related Posts