iOSListicle

10 Fitur Baru iOS 16 yang Sangat Keren dan Wajib Kamu coba!

Beberapa waktu yang lalu Apple telah mengumukan kalau mereka sedang mengembangkan iOS baru untuk perangkat mereka yaitu iOS 16. Menurut informasi yang kami dapatkan iOS 16 diperkirakan rilis pada September 2022, tapi bocoran mengenai fitur barunya sudah keluar. Nah oleh karena itu kali ini kita akan membahas fitur baru iOS 16 yang wajib kamu coba.

Buat kalian yang belum tau, iOS merupakan sistem operasi seluler yang dibuat dan dikembangkan oleh Apple, khusus untuk perangkat mereka. iOS ini sama seperti Android, dan iPhone merupakan perangkat yang menggunakan iOS.

BACA JUGA:

Berikut Fitur Baru iOS 16 yang Wajib Kamu coba

Penasaran bukan fitur baru apa saja yang dimiliki oleh iOS 16? Kalau begitu mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

1. Modifikasi Lock Screen

Modifikasi Lock Screen | Fitur Baru iOS 16
Modifikasi Lock Screen | Tekno Kompas

Fitur baru iOS 16 yang pertama adalah bisa memodifikasi lock screen. Jadi pada iOS 16 ini Apple memasukkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan lock screen sesuka hati mereka.

Tentunya fitur ini mirip dengan yang ada di ponsel berbasis Android. Dengan fitur ini pengguna tidak cuman mengganti wallpaper saja, tapi mereka juga bisa mengubah desain tampilan jam dan tanggal, termasuk font warnanya. Selain itu pada lock screen iOS 16, pengguna juga bisa menambahkan widget yang lain.

2. Berbagi Galeri Foto via iCloud

Berbagi Galeri Foto Via Icloud
Berbagi Galeri Foto Via Icloud | Today Line Me

Fitur baru iOS 16 selanjutnya adalah berbagi galeri foto via iCloud. Jadi di iOS 16 ini pengguna bisa membuat galeri foto khusus secara terpisah, untuk dibagikan kepada pengguna lain via iCloud.

Bukan cuman itu saja, galeri tersebut juga bisa sampai maksimal lima orang. Tentunya setiap anggota bisa mengedit, menambahkan dan menghapus foto yang ada di galeri tersebut.

3. Apple Pay Later

Apple Pay Later | Fitur Baru iOS 16
Apple Pay Later | ithinkdiff.com

Fitur baru iOS 16 berikutnya adalah Apple Pay Later. Jadi pada iOS 16 ini, Apple menambahkan fitur Pay Later atau beli sekarang bayar nanti. Jadi ketika pengguna iPhone atau produk Apple belanja, mereka akan disediakan pilihan pembayaran menggunakan Apple Pay Later.

4. Live Text

Live Text
Live Text | Voi.id

Kemudian iOS 16 menyediakan fitur baru Live Text. Jadi fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyalin teks dari video yang dijeda. Bukan cuman menyalin teks saja, tapi data dari video tersebut juga dapat ditindaklanjut dalam beberapa perintah, seperti penerjemah bahasa.

5. Passkeys

Passkeys
Passkeys | newssite24.com

Fitur iOS 16 selanjutnya yaitu Passkeys. Buat kalian yang belum tau, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan Face ID atau Touch ID ketika akan login atau autentikasi akun pada sebuah situs web. Tentunya fitur keamanan ini sangat berguna, karena kalau cuman menggunakan password saja cukup rawan.

6. Share Tab Grup Safari

Share Tab Grup Safari
Share Tab Grup Safari | 9to5mac.com

Fitur iOS 16 berikutnya yaitu Share tab grup safari. Buat kalian yang belum tau, Safari ini merupakan browser yang sering digunakan oleh pengguna Apple. Nah lewat fitur baru ini, pengguna bisa membagikan tab browser yang sedang mereka buka ke pengguna lain. Dengan begitu pengguna lain juga bisa melihat dan ikut mengubah tab tersebut secara real time.

7. Kirim Email Terjadwal

Kirim Email Terjadwal
Kirim Email Terjadwal | bekasi.pikiran-rakyat.com

Kemudian bisa mengirim email terjadwal. Jadi aplikasi email bawaan Apple di iPhone juga mendapat pembaruan di iOS 16 ini, salah satu fitur menarik di aplikasi email Apple yaitu bisa mengirim pesan terjadwal layaknya gmail.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengatur jadwal pengiriman email terlebih dulu. Dengan begitu kalian bisa membatalkannya bila suatu saat nanti terdapat kesalahan yang perlu diperbaiki.

8. Handoff FaceTime

Handoff Facetime | Fitur Baru iOS 16
Handoff Facetime | macrumors.com

Fitur baru iOS 16 selanjutnya adalah Handoff FaceTime. Jadi selain aplikasi email dan safari yang mendapat pembaruan dari Apple. ternyata aplikasi FaceTime juga mendapat pembaruan pada iOS 16 ini.

Lewat fitur tersebut, pengguna bisa memindahkan panggilan FaceTime yang tengah berlangsung ke iPad atau Macbook, secara bersamaan.

9. Membatalkan Pesan yang Sudah Terkirim

Membatalkan Pesan Yang Sudah Terkirim | Fitur Baru iOS 16
Membatalkan Pesan Yang Sudah Terkirim | mainmain.id

Fitur baru iOS 16 berikutnya adalah bisa membatalkan pesan yang sudah terkirim. Nah fitur yang satu ini merupakan salah satu fitur baru yang sangat berguna, soalnya dengan fitur ini pengguna bisa membatalkan pesan apa pun yang telah terkirim sampai 15 menit sebelumnya.

10. Mengedit Pesan yang Sudah Terkirim

Mengedit Pesan Yang Sudah Terkirim | Fitur Baru iOS 16
Mengedit Pesan Yang Sudah Terkirim | Kompas Tekno

Terakhir yaitu bisa mengedit pesan yang sudah terkirim. Nah fitur yang satu ini juga termasuk ke dalam fitur yang sangat berguna dan juga wajib kamu coba. Jadi dengan fitur ini pengguna bisa mengedit pesan apa pun yang sudah terkirim, dengan begitu kalian bisa memperbaiki pesan yang sudah kalian kirim kepada orang lain.


Demikianlah pembahasan soal fitur baru iOS 16 yang wajib kamu coba. Nah setelah membaca artikel ini, kira-kira nih menurut kalian fitur mana yang sangat berguna? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Teknodaim.

What's your reaction?

Related Posts