Susah Scan Barcode WiFi? Intip Tips Mudahnya Disini

Hervi Nurul

Hervi Nurul

Untuk dapat terhubungjaringan internet, salah satu cara yang kita gunakan adalah dengan melakukan pemindaian atau scan pada barcode WiFi.

Susah Scan Barcode WiFi? Intip Tips Mudahnya Disini

Susah Scan Barcode WiFi? Intip Tips Mudahnya Disini

Untuk dapat terhubung dengan jaringan internet, salah satu cara yang dapat kita gunakan adalah dengan melakukan pemindaian atau scan pada barcode WiFi. Namun, bagaimana sebenarnya cara melakukan pemindaian atau scan barcode WiFi tersebut?

Penggunaan scan barcode WiFi untuk membagikan password jaringan WiFi kepada orang-orang yang ingin menggunakannya. Barcode WiFi ini biasanya dapat ditemukan di tempat-tempat umum atau kantor.

Ada beberapa metode untuk memindai barcode menggunakan laptop dan smartphone. Namun, jika Anda ingin menggunakan fitur scan barcode untuk terhubung ke jaringan, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Susah Scan Barcode WiFi? Intip Tips Mudahnya Disini
Cara Scan Barcode WiFi

Cara Scan Barcode WiFi

Untuk melakukan scan, ada beberapa metode, yaitu melalui website atau HP. Berikut adalah penjelasan tentang masing-masing metode tersebut.

1. Cara melakukan Scan Barcode di Website

Pada website ini, terdapat dua metode untuk melakukan scan, yaitu menggunakan kamera dan menggunakan foto secara langsung. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk melakukan scan.

BACA JUGA:  Data Game Marvel Wolverine Bocor, Simak Penjelasannya!

Menggunakan Kamera

Langkah pertama yang dilakukan adalah Anda dapat mengklik link https://qrcodescan.in/ untuk membuka halaman yang diperlukan. Di halaman tersebut, Anda akan diminta untuk mengizinkan penggunaan kamera laptop dengan memilih opsi “Allow”.

Setelah itu, Anda perlu mengarahkan kode QR WiFi ke kamera laptop Anda. Sebuah jendela akan muncul menampilkan informasi yang terkandung dalam kode QR WiFi, termasuk nama WiFi, tipe autentikasi, dan password. Anda kemudian harus memasukkan password yang tertera untuk terhubung ke WiFi tersebut.

Menggunakan foto

Untuk memulai, Anda perlu menekan tombol “Image Scan” atau ikon kamera yang terletak di pojok kanan bawah layar. Setelah itu, Anda dapat memilih gambar QR WiFi dari file explorer Anda.

Setelah gambar berhasil discan, akan muncul sebuah pop up seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Selanjutnya, Anda hanya perlu memasukkan password yang tertera di pop up tersebut.

BACA JUGA:  Jokowi Resmikan Stasiun Bumi Satria-1 dan Proyek BTS 4G, Nih!

2. Cara Scan di HP

Untuk memulai, bukalah pengaturan di ponsel Anda. Setelah itu, carilah opsi untuk mengakses WiFi dan aktifkan fitur pencarian WiFi dengan menggeser ikon ke arah kanan. Selanjutnya, pilihlah ikon yang menampilkan gambar barcode. Dengan menggunakan kamera ponsel Anda, arahkan kamera tersebut ke gambar barcode WiFi yang ingin Anda scan.

Setelah mendeteksi barcode dengan tepat, WiFi akan secara otomatis terhubung dengan jaringan yang sesuai. Dengan demikian, Anda telah berhasil scan barcode WiFi baik di laptop maupun ponsel Anda. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi Anda.

Baca juga:

Internetkecepatan wifikoneksi wifiWiFi

Related Posts