InternetBerita

Apakah Tagar Blokir Kominfo Masih Trending Jika PSE Dihapus?

Tagar Blokir Kominfo sangat ramai digunakan saat ini oleh orang-orang di dunia maya ataupun dunia nyata. Soalnya Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) sudah melakukan hal yang sangat merugikan orang-orang dan menutup sumber rejeki mereka.

Contohnya ketika Paypal diblokir oleh Kominfo, banyak freelancer yang kehilangan rejeki dan pelanggan. Karena rata-rata freelancer jaman sekarang itu bekerja dengan orang luar Indonesia. Oleh karena itulah transaksi mereka hanya dapat dilakukan lewat Paypal saja.

Ilustrasi Paypal Freelancer
Ilustrasi Paypal Freelancer | Suara

Namun karena Kominfo memblokir Paypal, banyak orang luar Indonesia yang ingin menggunakan jasa freelancer tersebut tidak memiliki pilihan lain selain membatalkannya. Oleh karena itulah banyak sekali orang-orang yang marah terhadap Kominfo dan disaat itulah muncul #Blokir Kominfo.

PSE Dihapus, Tagar Blokir Kominfo Hangus?

Setelah membaca hal diatas, yang jadi pertanyaannya adalah: apakah tagar Blokir Kominfo akan dihapus bila Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dihapus? Tentu saja tidak, karena sudah banyak sekali orang-orang yang marah terhadap Kominfo karena sistem PSE mereka ini dirilis.

Orang-orang mengatakan bahwa Kominfo hanya ingin uang saja dengan merilis sistem PSE di Indonesia. Soalnya terdapat RUMOR yang berkata: untuk mendaftarkan situs mereka ke PSE, CEO tersebut harus membayar agar diperbolehkan layanannya di Indonesia. Masih belum diketahui harus membayar berapa, namun sepertinya semakin besar layanannya, semakin besar pula pembayarannya.

Namun Kominfo sendiri sudah mengklarifikasi bahwa tidak dipungut biaya dalam bentuk apapun untuk mendaftarkan layanan ke PSE. Jadi itu memang adalah rumor belaka yang membuat orang-orang melihat Kominfo sebagai mata-duitan.

Tetapi klarifikasi dibawah ini menunjukkan pendaftaran Lingkup Privat, jadi kita masih belum bisa memastikannya. Namun setelah dicari lebih dalam lagi, layanan yang sudah mendaftar ke PSE mengatakan bahwa terdapat pembayaran untuk daftar ke PSE, yaitu PAJAK. Hal ini memang masuk akal, karena terdapat berita yang mengatakan bahwa Paypal sudah membayar pajak, namun tidak kunjung terdaftar di PSE.

Biaya Pendaftaran Pse Blokir Kominfo
Biaya Pendaftaran PSE Kominfo | Teknodaim

Selain itu, kabar baiknya saat ini Kominfo sudah mulai membuka pemblokiran satu-persatu terhadap layanan yang sebelumnya diblokir. Contohnya Steam beserta game didalamnya, Yahoo masih banyak lagi dalam waktu mendatang.

What's your reaction?

Related Posts