Teknodaim.com

Begini Perbedaan Format MP3 dan FLAC, Bagusan Mana?

MP3 vs FLAC
MP3 vs FLAC

Di jaman ini, banyak sekali orang yang mendengarkan lagu sebagai salah satu hiburan, baik sedang melakukan aktivitas atau sedang bersantai-santai lewat aplikasi YouTube. Namun bicara soal format dan jenis-jenis lagu, kamu sudah tahu belum format lagu Seperti WAV, AAC, WMA, Ogg Vorbis, MP3 dan FLAC? Atau kamu sudah tahu apa itu FLAC, namun belum tahu apa perbedaan MP3 dan flac? Makanya simak terus ulasan berikut selengkapnya.

Mungkin kebanyakan dari kita tidak terlalu memperhatikan format dari lagu yang didengar. Apalagi sekarang yang tahunya cuman format MP3 saja, karena format tersebut begitu populer dan banyak dikenal orang.

Tetapi perlu kamu ketahui kalau format MP3 sendiri sebenarnya sudah kehilangan izinnya loh, tapi bukan berarti tidak ada lagi yang menggunakannya sekarang.

Pertanyaannya, mengapa format MP3 masih saja tetap yang paling populer di dunia dibandingkan dengan FLAC? Padahal format FLAC ini adalah format lagu diklaim paling bagus di dunia.

JANGAN LEWATKAN •
Begini Cara Download Lagu YouTube Dengan Format FLAC

Perbedaan MP3 dan FLAC

MP3 vs FLAC
MP3 vs FLAC | VOX Music Player

MP3

MPEG Audio Layer III atau lebih dikenal sebagai MP3 adalah format audio yang memiliki tingkat kompresi sekitar 95% dari ukuran asli audio yang belum dikompres. Walaupun tingkat kompresi nya terbilang sangat besar, nyatanya kualitas suaranya tetap terjaga. Entah bagaimana bisa seperti itu, namun inilah yang membuat MP3 menjadi sangat populer di dunia.

Kelebihan

  • Ukuran file sangat jauh lebih kecil daripada original namun suara tetap terjaga
  • Walaupun internet lambat, tetap lancar saat streaming online
  • Bisa menggunakan berbagai macam perangkat audio
  • Audio Bit Rate hingga 320Kbps

Kekurangan

  • Terkadang membuat pendengar sakit telinga
  • Range suara yang sempit

FLAC

Free Lossless Audio Codec atau lebih dikenal dengan nama FLAC adalah format audio yang memiliki tingkat kompresi sekitar 55% dari ukuran asli audio yang belum dikompres. Walaupun dengan kompresan yang lumayan besar, suara format audio ini hampir sangat mirip dengan versi original nya. Namun sayangnya ukuran filenya juga besar namun tidak sebesar ukuran aslinya.

JANGAN LEWATKAN •
Begini Cara Gampang Ubah MP3 Ke FLAC!

Kelebihan

  • Tidak mengeluarkan suara yang membuat telinga sakit
  • Range suara sama seperti versi aslinya
  • Audio Bit Rate hingga 4068Kbps

Kekurangan

  • Harus didengarkan dengan perangkat audio Hi-res agar suara aslinya keluar
  • Tidak cocok untuk pengguna yang streaming lagu dengan internet lambat
  • Ukuran file yang tiga kali lipat lebih besar daripada MP3

Kesimpulan dari Perbandingan MP3 dan FLAC

Jika dilihat dari spesifikasi, kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sudah jelas yang menang FLAC. Namun, walaupun begitu saat ini sendiri tidak ada situs web ataupun platform yang menyediakan streaming atau download format ini. Jadi sayang sekali, walaupun menjadi pemenang tetaplah tidak menang di hati para pendengar lagu dunia.

Perbedaan Mp3 Dan Flac
Perbedaan Mp3 Dan Flac

Tapi, kabar baiknya terdapat banyak orang yang menyimpan lagu dengan format audio ini loh. Orang-orang tersebut biasanya disebut sebagai audiophile. Jadi, jika kalian sangat penasaran dengan format FLAC ini, carilah orang tersebut sampai ketemu melalui sosial media dan platform lainnya.

JANGAN LEWATKAN •
Begini Cara Download Lagu YouTube Dengan Format FLAC

Itulah penjelasan singkat tentang perbedaan MP3 dan FLAC yang harus kamu tahu supaya nanti bakal bisa menikmati format lagu terbaik kedepannya.


Makin update dengan berita Teknologi! Yuk subscribe ke channel Teknodaim DISINI dan Instagram Teknodaim DI SINI! Bakal ada banyak hal menarik yang bakal Dibahas dan ada banyak kejutan Menarik menanti kalian 😀


 


Sumber : Jalan Tikus


Review Black Shark 3, Smartphone Gaming Terbaik saat ini?


NB: Subscribe channel Teknodaim agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.