Mengenal 5.5G, Apa yang Membuatnya Lebih Baik dari Jaringan 5G?

Neli Rahmawati

Neli Rahmawati

Meskipun belum ada kepastian perilisan jaringan 5.5G, kamu bisa baca artikel berikut mengenai perbedaannya dengan jaringan 5G yang belum merata di Indonesia.

Walaupun perusahaan telekomunikasi belum selesai meluncurkan jaringan 5G, Tiongkok secara maju sudah memimpin perkembangan teknologi nirkabel berikutnya.

Mengutip informasi dari GizChina, baru-baru ini China Mobile, sebuah perusahaan milik negara Tiongkok, mengumumkan peluncuran jaringan komersial 5.5G mereka.

Namun sebenarnya apa yang dimaksud dengan 5.5G dan apa perbedaannya dengan jaringan 5G biasa? Artikel ini akan memberikan informasi lengkap tentang 5.5G.

Baca Juga: 3 Cara Cek Kecepatan Internet dengan Mudah Lewat HP dan PC

Perbedaan Jaringan 5G dengan 5.5G

Mengenal 5.5G, Apa yang Membuatnya Lebih Baik dari Jaringan 5G?

Teknologi 4.5G dikembangkan dari jaringan 4G yang sudah ada. Begitu pula dengan teknologi 5.5G yang menggunakan konektivitas 5G standar, namun dengan peningkatan yang signifikan dalam hal latensi dan kecepatan.

Jaringan 5.5G menawarkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan konektivitas 5G biasa. Dengan jaringan ini, pengguna dapat menikmati kecepatan unduh hingga 10Gbps, dan kecepatan unggah hingga 1Gbps.

BACA JUGA:  Tahukah Kamu, Indonesia Masuk 10 Besar Pengguna Internet Teraktif di Dunia

Walaupun 5G telah hampir memenuhi kebutuhan ponsel pintar dengan meningkatkan kecepatan unduh dan unggah, namun 5G belum memberikan dampak yang signifikan di industri.

Di dunia industri, aplikasi memerlukan latensi yang lebih rendah, unggahan yang sangat cepat, keamanan tambahan, kinerja yang mumpuni, dan konsumsi daya yang lebih rendah, di antara hal lainnya.

Teknologi 5.5G memiliki peran penting dalam mengatasi kesenjangan tersebut dan akan berperan sebagai penghubung yang sangat manusia butuhkan menuju teknologi 6G.

Anda mungkin penasaran kapan teknologi jaringan terbaru ini akan rilis dan apakah saya perlu membeli perangkat baru untuk mencobanya. Untuk mengetahui jawabannya, silakan lihat bagian berikutnya di bawah ini.

Baca Juga: Starlink Resmi Hadir di Indonesia, Internet Cepat dan Stabil

Peluncuran Jaringan 5.5G dan Perangkat yang Mendukungnya

Mengenal 5.5G, Apa yang Membuatnya Lebih Baik dari Jaringan 5G?
GizChina

China Mobile menjadi perusahaan pertama yang mengumumkan peluncuran jaringan 5.5G. Dalam pengumumannya, perusahaan telekomunikasi ini mengungkapkan bahwa jaringan 5.5G akan mencakup lebih dari 300 kota pada akhir tahun ini.

BACA JUGA:  Penjelasan Tentang Bandwidth dan Fungsinya

Saat ini, belum ada perusahaan telekomunikasi lain yang mengumumkan rencana untuk meluncurkan 5.5G. Kita perlu bersabar dan melihat kapan teknologi ini akan mulai diperkenalkan di luar Tiongkok.

Beberapa bulan yang lalu, Presiden AT&T Chris Samber menyatakan kegembiraannya terhadap 5.5G, namun kami tidak berharap melihatnya sebelum tahun 2025.

Walau belum ada kepastian apakah semua ponsel pintar 5G akan mendukung 5.5G, yang pasti tidak semua individu membutuhkan ponsel baru. Baru-baru ini, Pete Lau, Kepala Produk OPPO, membagikan petunjuk yang menunjukkan bahwa OPPO Find X7 Ultra memiliki fitur “5GA” dalam status bar-nya.

Sebuah postingan di Weibo menyebutkan bahwa Oppo Find X7 versi vanilla juga akan memiliki teknologi 5.5G. Dengan demikian, seri OPPO Find X7 menjadi ponsel pertama di dunia yang memiliki dukungan untuk jaringan 5.5G.

Vivo X7 Ultra memiliki chipset Snapdragon 8 Gen 3 yang sama dengan seri Samsung Galaxy S24 Ultra, OnePlus 12, dan Xiaomi 14.

BACA JUGA:  Google Contacts Ada Fitur Baru, Bisa Cek Lokasi Kontak Real Time

Selain itu, Vivo X100 Pro dan OPPO Find X7 yang menggunakan chipset Dimensity 9300 juga mendukung 5.5G. Jadi, setidaknya perangkat yang menggunakan salah satu dari kedua chipset tersebut harus mendukung 5.5G.

Baca Juga: Ini Dia Provider Internet Tercepat Di Indonesia Saat ini!

InternetJaringan 5.5GJaringan 5G

Related Posts