Macam-Macam Protokol Internet Yang Perlu Kamu Ketahui

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Berikut ini terdapat 11 macam-macam atau jenis protokol internet yang penting untuk kamu ketahui. Daripada penasaran, yuk simak informasinya!

Macam-macam Protokol Internet (voi)

Macam-macam Protokol Internet (voi)

Jika sebelumnya, kita bahas mengenai Mengenal Protokol Internet: Cara Kerja Fungsi, dan Tugasnya, maka kali ini kita akan membahas mengenai macam-macam atau jenis-jenis protokol internet. Ada 11 jenis protokol internet yang penting untuk diketahui, di antaranya:

Macam-Macam Protokol Internet Yang Perlu Kamu Ketahui
Macam-Macam Protokol Internet (BAKTI Kominfo)

1. Protokol Transfer Hiperteks (HTTP)

Protocol ini merupakan salah satu cara untuk mentransfer data melalui internet pada World Wide Web (WWW), terutama dalam pembuatan situs web.

Selain itu, protokol internet ini memiliki fungsi untuk mengubah pesan agar dapat dikirim dan direspon oleh server atau klien.

BACA JUGA:  Data Game Marvel Wolverine Bocor, Simak Penjelasannya!

2. HTTPS

HTTPS adalah protokol internet yang lebih aman daripada HTTP, yang mengamankan privasi data pengguna saat mereka mengunjungi situs web.

BACA JUGA:

3. Domain Name System (DNS)

Tipe ini mencari identitas komputer dalam jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP. Biasanya, DNS terdapat pada aplikasi yang terhubung ke internet.

BACA JUGA:

4. FTP (File Transfer Protocol)

FTP adalah protokol internet standar yang berfungsi untuk mengirimkan file komputer dari satu mesin ke mesin lain dalam jaringan internet.

Di samping itu, FTP juga berfungsi untuk mengambil dan mengirim file antara pengguna dan server FTP.

5. SMTP atau Simple Mail Transfer Protocol

Jenis protokol SMTP biasanya berfungsi untuk mengirimkan email pemasaran dari pengirim ke server email, mengirimkan surel ke akun pengguna lokal, dan melakukan penyebaran surel antar server SMTP.

BACA JUGA:  Apa Itu Volte Telkomsel dan Cara Menggunakannya!

6. Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP)

Protokol internet ini menggunakan arsitektur klien dan berguna untuk memberikan alamat-alamat protokol internet di dalam satu jaringan.

Ketika DHCP beroperasi secara independen, DHCP yang ada dalam jaringan yang sama tidak akan tersalin ke server DHCP lainnya.

7. User Datagram Protocol (UDP)

Salah satu jenis protokol internet lainnya adalah UDP yang berperan dalam mendukung komunikasi yang tidak dapat kita andalkan dan komunikasi tanpa menggunakan koneksi antar host pada jaringan TCP/IP.

8. Secure Shell (SSH)

Jenis ini memiliki peran penting dalam mengirimkan data secara aman antara dua komputer atau lebih yang berjarak jauh. Dalam SSH, pertukaran data yang biasanya terjadi adalah pengiriman atau penerimaan file.

9. Internet Control Message Protocol (ICMP)

Jenis protokol internet ini berfungsi untuk memeriksa dan mengevaluasi koneksi jaringan pada perangkat yang terhubung ke internet.

BACA JUGA:  Cara Transfer Kuota Internet Telkomsel Via UMB *500*2#

Apabila protocol ini menemukan adanya kesalahan, seperti tidak dapat menghubungi komputer atau layanan yang diminta tidak tersedia, maka pesan error akan dikirimkan oleh ICMP.

10. Secure Soket Layer (SSL)

Jenis protocol ini terkenal karena kemampuannya dalam enkripsi yang sangat kuat dan tingkat keamanan yang tinggi, terutama untuk aplikasi yang memerlukan enkripsi dari awal hingga akhir.

BACA JUGA:

11. Internet Message Access Protocol (IMAP)

Protokol dasar yang berfungsi untuk mengambil dan mengakses email dari server adalah IMAP. Dengan menggunakan IMAP, pengguna dapat dengan mudah mencari, memilih, dan menghapus pesan email tanpa terkecuali.

Nah, itu dia 11 macam-macam protokol internet yang penting untuk kamu ketahui. Yuk, ikuti terus Teknodaim untuk mendapatkan informasi menarik lainnya!

EdukasiInternetInternet ProtocolMacam-Macam Internet ProtocolProtokol Internet

Related Posts