Internet

Banyak Orang Indonesia Jual Foto KTP NFT Sembarangan, ini Konsekuensinya

Penjualan aset NFT di Indonesia kini menjadi semakin ramai usai viralnya Ghozali Everyday yang untung miliaran rupiah. Jutaan orang Indonesia ramai menyerbu menjual berbagai jenis NFT.

Mirisnya ada banyak sekali orang Indonesia yang menjual foto KTP NFT. Tanpa mereka ketahui bahwa hal itu sangatlah berbahaya sebab dapat menyebabkan kebocoran data.

Kominfo sendiri telah memberitahukan kepada pengguna Indonesia untuk bijak dalam menjual aset NFT.

Konsekuensi Jual Foto KTP NFT

Hal paling parah dari penjualan foto KTP sebagai NFT ialah menunjukkan identitas pemilik KTP tersebut. Sehingga dapat menyebabkan identitas pemiliki KTP diketahui oleh banyak orang dan bisa saja dipersalah gunakan.

KTP NFT
Ilustrasi KTP

Salah satu konsekuensi dari mengupload foto KTP NFT yaitu mungkin saja identitas kamu digunakan untuk melakukan pinjaman online. Seperti yang diketahui bahwa pinjaman online kini hanya memerlukan informasi berupa identitas KTP saja.

Ujung-ujungya kamu malah terpaksa harus membayar hutang yang bahkan tidak pernah kamu pinjam akibat asal-asalan memberikan identitas di Internet.

KTP NFT
KEMENDAGRI | dukcapil.kemendagri.go.id

Terkait hal ini, KEMENDAGRI memperingatkan akan mulai memberikan ancaman hukuman pidana kepada para pengguna yang masih mengupload foto KTP.

Bagi yang belum tahu, menyebarkan dokumen pribadi seperti foto KTP di Internet tanpa hak atau izin. Dapat diancam hukuman pidana maksimal 10 tahun dan denda paling banyak Rp 1 Miliar sesuai pasal 96 dan 96A UU No 24/2013 tentang perubahan UU No 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Baca juga:


Hayo loh masih mau menjual foto KTP NFT sembarangan, bukannya malah untung kamu bisa-bisa malah buntung. Jadi bijaklah dalam menjaga identitas pribadi karena itu sangatlah penting.

What's your reaction?

Related Posts