3 Cara Menjaga Keamanan Akun Gmail yang Wajib Diketahui

Dan

Dan

Menjaga keamanan akun Gmail itu wajib, oleh karena itulah berikut 3 cara menjaga keamanan akun Gmail yang gampang diterapkan khusus untukmu!

3 Cara Menjaga Keamanan Akun Gmail Yang Wajib Diketahui

3 Cara Menjaga Keamanan Akun Gmail yang Wajib Diketahui | Evabarrows

Beberapa waktu lalu, Google mengenalkan cara login baru di layanan email-nya, Gmail. Menurut klaim Google, cara login baru ini lebih mudah dan lebih menjaga keamanan akun Gmail daripada sebelumnya. Selain kata sandi, pengguna akun Gmail juga bisa menggunakan kunci sandi untuk login.

Sebagai contoh, password adalah jenis kode akses yang terdiri dari huruf, kombinasi huruf dan angka, dan dapat juga mencakup simbol. Passkey adalah tipe password yang memungkinkan pengguna untuk masuk ke sistem dengan cara yang mirip membuka kunci di ponsel pintar.

Dalam sistem ini, pengguna diberi pilihan untuk menggunakan passkeys berupa fingerprint, face scan, atau kode PIN. Meskipun cara ini terlihat lebih mudah, tingkat keamanannya justru lebih tinggi dibandingkan dengan cara login sebelumnya.

Google berusaha untuk meningkatkan keamanan layanan mereka agar pengguna terhindar dari kasus peretasan atau pencurian data. Meskipun ada fitur passkeys, pengguna masih bisa menggunakan password untuk menjaga keamanan akun Google atau Gmail mereka. Passkeys tidak menggantikan posisi password, melainkan hanya menjadi pilihan alternatif.

BACA JUGA:  Google Play Points Hadir di Indonesia, Beri Imbalan Untuk Pengguna

3 Cara Menjaga Keamanan Akun Gmail

3 Cara Menjaga Keamanan Akun Gmail yang Wajib Diketahui
3 Cara Menjaga Keamanan Akun Gmail | Google

Jika seseorang memiliki akun email di Gmail, maka alamat email dan kata sandi tersebut dapat digunakan untuk mengakses berbagai layanan Google lainnya, seperti YouTube, Google Maps, Meet, Drive, Calendar, Photos, News, dan masih banyak lagi.

1. Cek Tingkat Keamanan Akun Google Kamu

Anda dapat mengecek tingkat keamanan akun Google Anda dengan mengunjungi situs ini di komputer atau laptop. Jika sudah, klik “Pemeriksaan Keamanan”. Di sana, terdapat beberapa tanda yang harus dipenuhi oleh pengguna agar akun Google mereka terjamin aman. Google mengidentifikasi minimal enam persyaratan yang harus dipenuhi, seperti yang tertera di bawah ini.

Jika kamu berhasil memenuhi semua kriteria yang diminta, maka akan muncul ikon perisai berwarna hijau di bagian paling atas persyaratan. Ini menunjukkan bahwa akun Google-mu telah terjamin keamanannya.

BACA JUGA:  Google Akan Suntik Dana 144 Triliun ke India, Buat Apaan?

Jika beberapa persyaratan tidak terpenuhi, maka ikon perisai akan berubah warna menjadi oranye. Sebaliknya, jika semua persyaratan terpenuhi, ikon perisai akan tetap berwarna hijau. Perubahan warna tersebut memberitahu pengguna bahwa ada beberapa tindakan keamanan yang perlu diperiksa dan diaktifkan untuk memastikan keamanan akun Google.


2. Memeriksa Privasi Data Kamu di Google

Untuk memeriksa privasi data di Google, kamu dapat mengunjungi situs ini lalu mengklik “Privacy Checkup”. Pada halaman itu, terdapat beberapa opsi menu yang dapat diperiksa atau ditinjau oleh pengguna. Kamu dapat menghindari pengambilan data kamu dari catatan lokasi, catatan YouTube, maupun data dari aktivitas berselancar menggunakan Google Chrome, dan lain-lain.

Pengguna juga dapat memilih untuk tidak menggunakan fitur iklan yang dipersonalisasi oleh Google, serta memilih informasi yang ingin dibagikan ke akun lain dan aplikasi pihak ketiga mana saja yang dapat mengakses akun Google Anda.

BACA JUGA:  Google PHK Pegawai Waze Seiring Digabungnya Google Ads

Sekarang, pada halaman Privacy Checkup, pengguna bisa mengontrol seberapa jauh Google dan aplikasi dari pihak ketiga bisa melihat dan menggunakan data pribadi mereka pada akun Google. Semakin dibatasi aksesnya, semakin kecil kemungkinan data yang dibagikan akan terbuka atau bocor.


3. Rutin-lah Mengganti Password-mu

Untuk mengganti password, pengguna perlu membuka situs ini lalu klik “Personal Info” di menu pengaturannya. Kemudian, scroll ke bawah sampai menemukan opsi “Password”.

Setelah mengubah password, sebaiknya kamu mengaktifkan fitur verifikasi dua faktor di akun Googlemu. Fitur ini sangat berguna untuk meningkatkan keamanan akunmu karena sistem akan melakukan verifikasi ulang ketika Google mendeteksi aktivitas login yang mencurigakan.

Contohnya, jika ada suatu perangkat yang tidak diketahui identitasnya melakukan login dan dianggap mencurigakan, maka Google akan meminta perangkat tersebut untuk melakukan proses verifikasi kedua agar dapat masuk ke akun Google.


3 Cara Menjaga Keamanan Akun Gmail yang Wajib Diketahui
Cara Menjaga Keamanan Akun Gmail | History-Computer

Itulah tadi 3 cara menjaga keamanan akun Gmail milikmu. Karena akun tersebut sangatlah penting, sebaiknya lakukan juga tips diatas ini untuk akun Google-mu yang lain ya!

GmailGoogle

Related Posts