Internet

Mengenal Apa itu iklan Pop Up yang Sering Kali Mengganggu Para Pengguna Internet

Apa itu Iklan Pop up? kami yakin juga Iklan Pop Up adalah salah satu jenis Iklan yang paling menganggu di jagat Internet. Namun apa saja jenis iklan yang masuk dalam kategori Iklan Pop Up? darimana asal mulanya? berikut penjelasannya.

Buat kamu yang sering menjelajah dunia internet seperti browsing, buka aplikasi atau bermain game pastinya pernah nemuin yang namanya iklan pop up. Yup salah satu jenis iklan yang memang sering kali sering mengganggu para pengguna internet.

Iklan pop up yang muncul biasanya juga tidak sesuai dengan konten atau layanan yang sedang kita kunjungi. Bahkan dalam beberapa kasus yang paling parah, terdapat beberapa pengguna internet yang mendapati bahwa perangkat miliknya terkena virus Malware setelah secara tidak sengaja mengklik iklan pop up.

Nah sebenarnya apa sih itu iklan pop up dan kenapa selalu bermunculan di internet? Mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Iklan Pop Up adalah…

Iklan pop up pertama kali ditemukan oleh seorang pria bernama Ethan Zuckerman pada tahun 1990 an. Yang mana orang dapat mengiklankan produk atau jasa miliknya melalui iklan ini pada internet.

Fakta menariknya Ethan Zuckerman selaku penemu ini ternyata juga merasa menyesal karena telah menemukan iklan pop up. Menurutnya penemuannya ini telah merepotkan banyak sekali pengguna internet hingga saat ini. Bahkan banyak pihak yang justru menempatkan iklan pop up pada sebuah website secara tidak beraturan.

Ethan Zuckerman
Ethan Zuckerman | Flickr

Apa itu Iklan Pop Up

Berdasarkan informasi yang tertera pada situs Wikipedia, iklan pop up merupakan sebuah bentuk iklan yang sering pada jendela baru.

Awalnya hal tersebut hanya berlaku ketika sedang melakukan browser pada beberapa platform seperti Yahoo, Opera, Google Chrome, Mozila Firefox dan lain-lain. Namun seiring berjalannya waktu, iklan ini semakin berkembang dan kini sudah ada dimana-mana baik itu browser, aplikasi maupun game.

Ilustrasi Google Chrome
Ilustrasi Google Chrome | Google

Jendela pop up yang muncul ini biasanya berisi iklan yang dibuat oleh JavaScript yang menggunakan script XSS. Yakni suatu jenis keamanan yang dapat ditemukan pada beberapa situs web. Tujuan jendela pop up pun dapat pemilik atur dengan menggunakan script XSS ini.

3 Jenis Iklan Pop Up yang Harus Kamu Hindari

iklan pop up
ilustrasi pop up | The Opera Blog

Selain mengganggu, ternyata banyak iklan pop up yang bersifat berbahaya yang dapat membahayakan informasi data pengguna.

1. Malware

Pertama ada malicious software atau sering kita kenal dengan sebutan Malware yang merupakan sebuah program khusus berbahaya. Jika perangkat kamu sudah terkena Malware, biasanya akan terjadi beberapa kerusakan internal mulai dari eror, restart sendiri dan kondisi terparahnya semua file pada perangkat akan terkunci.

Malware sendiri memiliki banyak jenis antara lain seperti Trojan, sypware, worm, adware, ransomware, virus dan lain-lain. Nah yang termasuk dalam virus iklan pop up ialah adware yang memiliki arti iklan berbahaya.

apa itu iklan pop up
Adware | Computer Business Review

Contoh iklan pop up yang berisi adware biasanya menawarkan pengguna untuk bisa mendapatkan uang atau barang mahal secara mudah dengan cara mengklik iklannya. Namun ketika mengklik iklan tersebut, pengguna malah akan langsung masuk ke sebuah website yang sangat tidak sesuai seperti iklan yang muncul.

2. Multiple Pop Up

Buat kamu yang sering menggunakan paket internet unlimited atau wifi, maka kamu perlu mewaspadai iklan satu ini. Multiple pop up merupakan sebuah iklan pop up yang dapat muncul dalam jumlah 2-4 sekaligus atau lebih.

apa itu iklan pop up
Contoh Multiple pop up

Multiple pop up biasanya berisi gambar atau video yang akan langsung terunduh secara otomatis. Sehingga secara otomatis akan membuat browser kamu menjadi lelet karena kebanyakan muatan data.

3. Konten Dewasa 18+

Terakhir ialah konten dewasa 18+ yang sering kali muncul sebagai iklan pada beberapa situs. Hal ini sangatlah berbahaya karena internet sekarang bukanlah tempat untuk orang dewasa saja melainkan anak-anak dan remaja juga sudah dapat mengakses internet.

Ada banyak jebakan iklan pop up tentang konten dewasa dimana awalnya iklan yang muncul tidaklah berbahaya. Namun setelah pengguna mengkliknya, laman akan langsung berpindah ke situs dewasa 18+.


Apakah iklan Pop Up bisa dihilangkan?

Meskipun iklan pop up semakin berkembang, tapi teknologi juga ikut berkembang dan sekarang sudah ada banyak cara untuk dapat memblokirnya.

AD Block
AD Block | Shutterstock

Opera adalah borwser pertama yang berhasil menemukan alat untuk dapat memblokir iklan pop up yang kemudian disusul Mozila Firefox, Google Chrome dan browser lainnya. Salah satu alat yang paling banyak digunakan untuk memblokirnya hingga kini ialah AD Blocker.

Jadi sangat mungkin untuk menghilangkannya sekarang ketika sedang melakukan browser. Sementara untuk iklan pop up yang sering muncul pada aplikasi dan game, hal itu tidak dapat kamu hilangkan karena memang aturan dari pencipta aplikasi atau game tersebut.


Semoga informasi yang Teknodaim berikan kepada kalian semua kali ini bisa berguna dan bermanfaat. Kalau ada pertanyaan atau hal lainnya yang ingin kamu sampaikan, bisa tuliskan aja ke kolom komentar yang tersedia.

Related Posts