Internet

Penjelasan Tentang FUP Paket Internet dan Fungsinya

Internet kini sudah seperti menjadi salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan semenjak masuknya sistem jaringan global. Semuanya kini membutuhkan internet untuk bisa terhubung dengan berbagai teknologi jaringan.

Dalam jaringan internet sendiri ada istilah FUP paket Internet yang sering kali disebutkan oleh provider penyedia jaringan internet. Seperti Telkomsel, XL, Tri, dan provider lainnya. Lantas sebenarnya apa itu FUP IndihHome internet, FUP Telkomsel, dan FUP pada WiFi?

Apa Itu FUP Internet?

Melansir dari situs Wikipedia, FUP adalah Batasan data, sering keliru disebut sebagai batas bandwidth, yakni pembatasan buatan yang dikenakan pada transfer data melalui jaringan.

Hal ini pastinya pernah dialami terutama bagi pengguna yang sering membeli kuota internet unlimited dengan jumlah FUP tertentu.

Sebagai contoh ialah paket internet unlimited Telkomsel yang biasanya menyediakan FUP atau batasan data mulai dari 1GB hingga maksimal 15GB. Setelah penggunaan melebihi FUP, maka pengguna akan masuk ke mode unlimited dengan kecepatan internet yang turun menjadi 128Kbps.

FUP Internet
FUP Internet Telkomsel

Fungsi FUP Internet

Fungsi FUP ialah untuk memungkinkan semua pengguna internet dapat merasakan pengalaman menggunakan internet yang lancar. Hal ini dikarenakan banyak orang yang menggunakan Bandwidth atau data secara berlebihan. Sehingga berpotensi memperlambat koneksi internet pengguna lainnya.

FUP Internet
Internet | iStock

Itulah kenapa FUP paket internet sangat diperlukan untuk membatasi paket internet unlimited agar koneksi semua pengguna tetap stabil.

BACA JUGA:  Ternyata Ini Perbedaan Antara Bluetooth dan Wireless!

Tips buat yang sering membeli paket internet dengan FUP atau batasan data ialah dengan menghemat penggunaan internet. Jangan lupa pula untuk menggunakan mode hemat data pada HP.

Kamu ingin tahu tentang Bandwith? Baca juga artikel: Penjelasan Tentang Bandwidth dan Fungsinya

Kelebihan FUP Paket Internet

Mungkin ada sebagian yang tertarik dengan layanan FUP paket internet unlimited sebab punya kelebihan dimana kuotanya tidak habis-habis atau tidak terbatas.

Meskipun pengguna menggunakan internet seharian sekalipun secara terus menerus, pengguna tetap dapat mengakses internet dengan FUP paket internet. Hal ini berbeda dengan layanan internet berbasis kuota yang tidak dapat mengakses internet ketika kuotanya habis.

Kekurangan FUP Paket Internet

Meskipun tidak terbatas, tapi terdapat kekurangan dari FUP paket internet yakni punya kecepatan internet yang lambat. Pengguna masih bisa mengakses internet, tapi lelet dan tidak bekerja dengan terlalu lancar.

Hal ini mungkin tidak masala bagi pengguna yang sabar, tapi dapat menjadi masalah bagi pengguna yang membutuhkan akses internet berkecepatan tinggi. Terutama bagi yang punya aktivitas sibuk, sangat tidak dianjurkan menggunakan FUP paket internet. Lebih baik menggunakan kuota biasa dengan jumlah tertentu tapi kecepatan lancar.


Demikian itulah tadi informasi terkait penjelasan tentang FUP paket internet yang dapat Teknodaim berikan. Kalau ada pertanyaan atau hal lainnya yang ingin kamu sampaikan, bisa tuliskan aja ke kolom komentar yang tersedia.

Related Posts