InternetBerita

Alasan Kenapa NFT Bisa Sangat Mahal Bahkan Sampai Miliran

NFT atau Non Fungible Token kini perlahan sudah mulai ramai digunakan oleh orang Indonesia. Tanpa diduga-duga, banyak NFT yang telah dijual dengan harga yang mahal dan menariknya bisa laku.

Penjualan pertama di NFT terjadi pada bulan Maret 2021 oleh seorang bernama Christie’s. Dia menjual sebuah aset seharga 69 juta US Dollar untuk artis Beeple yang sekaligus menjadikannya sebagai NFT paling mahal yang pernah dijual.

Sebenarnya terdapat beberapa alasan kenapa NFT mahal, kebanyakan diantaranya ialah karena fungsinya yang begitu berguna.

Kenapa NFT Mahal?

Sederhananya, NFT adalah sebuah aset digital tidak dapat diubah atau dipertukarkan, namun bisa diperjual belikan. Aset ini dapat berupa apa saja mulai dari karya seni asli, kartu perdagangan, musik, fotografi, klip video dan koleksi lainnya.

Dengan kata lain, NFT tidak dapat saling dipertukarkan dengan NFT atau aset digital lainnya. Oleh karena itulah mereka memiliki nilai yang sangat tinggi sebab tidak dapat tergantikan dan tidak dapat diduplikasi atau direplikasi. NFT tidak hanya menghasilkan uang untuk penjual, mereka juga memiliki nilai yang begitu unik.

Kenapa NFT Mahal
NFT | Shutterstock

Di sisi lain, NFT termasuk dalam fenomena Cryptocurrency terbaru yang kini telah menjadi mainstream. Dengan demikian, sebenarnya akses untuk bisa mendapatkan NFT jadi lebih mudah dan memungkinkan barang ini mungkin tidak unik lagi. Untuk itulah, aset NFT juga harus dituntut untuk memiliki keunikan tersendiri agar bisa terjual mahal.

Objek apa pun dapat diperjual belikan dalam NFT asalkan dia memiliki nilai dan unik yang dapat menyatakan keaslian dan kelangkaannya.

Intinya alasan kenapa NFT mahal ialah karena memiliki nilai yang begitu tinggi sebab tidak dapat dipertukarkan, diduplikasi atau direplikasi. Tapi tetap bisa diperjual belikan dan memiliki nilai unik untuk membuktikan keaslian dari pemilik NFT tersebut.

Baca juga:


Demikian itulah tadi informasi alasan kenapa NFT mahal yang dapat Teknodaim berikan. Kalau ada pertanyaan atau hal lainnya yang ingin kamu sampaikan, bisa tuliskan aja ke kolom komentar yang tersedia.

What's your reaction?

Related Posts