Internet

5 Alasan Koneksi Internet Jadi Lemot Saat Hujan Tiba

Koneksi Internet yang lemot, merupakan salah satu hal yang membuat jengkel dan Hujan merupakan salah satu kondisi yang sering membuat koneksi internet menjadi lambat. Nah oleh karena itu kali ini kita akan membahas alasan internet lemot saat hujan tiba.

Perlu kalian ketahui cuaca buruk seperti hujan deras, badai memang bisa membuat koneksi internet menjadi lambat. Buat kalian yang penasaran kenapa hal itu bisa terjadi, kalian bisa membaca pembahasannya di bawah yah.

Baca Juga:

5 Alasan Internet Lemot Saat Hujan Tiba

Sebelum masuk kedalam pembahasan utama, seperti biasa kita akan membahas secara singkat apa itu Internet. Nah menurut informasi yang kami dapatkan Internet adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia.

1. Banyak Orang yang Mengakses Internet Bersamaan

Banyak Orang Yang Mengakses Internet Bersamaan | Alasan Internet Lambat Saat Hujan Tiba
Banyak Orang Yang Mengakses Internet Bersamaan | kompas.com

Alasan internet lemot saat hujan tiba yang pertama yaitu karena banyak orang yang mengakses secara bersamaan. Menurut beberapa laporan, hujan yang tidak terlalu deras sebenarnya tidak begitu mempengaruhi koneksi internet.

Namun kenapa ketika hujan deras bisa jadi lemot, itu karena lalu lintas atau traffic jadi lebih pada ketimbang biasanya. Pasalnya ketika hujan deras kebanyakan orang tidak akan melakukan aktivitas di luar, alhasil kebanyakan orang akan memilih di dalam ruangan sambil seperti menonton video, bermain sosial media atau aktivitas lainnya.


2. Cuaca yang Merusak Infrastruktur Internet

Cuaca Yang Merusak Instrafuktur Internet | Alasan Internet Lambat Saat Hujan Tiba
Cuaca Yang Merusak Instrafuktur Internet | tutorfiber.com

Alasan internet lambat saat hujan tiba selanjutnya yaitu karena cuaca bisa merusak Infrastruktur internet. Buat kalian yang belum tau, ketika internet kabel terganggu karena bajir, air bisa menyebabkan kerusakan fisik pada kabel.

Terutama jika jaringan telekomunikasi menggunakan infrastruktur lama. Misalnya seperti akses internet berbasis teknologi ADSL. Hal ini karena sebagian besar pemasangan kabel di bawah tanah, jadi ketika hujan deras sampai banjir, uap air bisa masuk ke kabel atau konektor.

3. Sinyal Lemah Pada Internet Satelit

Sinyal Lemah Pada Internet Satelit
Sinyal Lemah Pada Internet Satelit | suara.com

Alasan internet lemot saat hujan tiba berikutnya yaitu karena sinyal lemah pada layanan internet satelit. Jadi selain karena kabel bawah tanah terganggu akibat banjir, layanan internet satelit jauh lebih rentan terkena gangguan.

Pasalnya satelit itu letaknya jauh dari bumi, Jadi, sinyal satelit biasanya ditransmisikan melalui gelombang radio yang berjalan melalui udara terbuka dan dapat terhambat ketika menghadapi air, bangunan, bahkan dedaunan lebat.

4. Sinyal Akan Mengikuti Arah Angin

Sinyal Akan Mengikuti Arah Angin
Sinyal Akan Mengikuti Arah Angin | halloriau.com

Kemudian sinyal akan mengikuti arah angin, jadi ketika kondisi cuaca buruk seperti hujan dengan angin kencang sudah pastinya akan memperlambat jaringan internet. Pasalnya kondisi angin yang kencang akan memengaruhi arah jaringan internet. Sehingga pada akhirnya jaringan internet akan tidak beraturan dan melambat.

5. Sinyal Terhalang oleh Ion

Sinyal Terhalang Oleh Ion
Sinyal Terhalang Oleh Ion | orami.co.id

Alasan internet lemot saat hujan tiba terakhir yaitu sinyal terhalang oleh Ion, jadi ketika hujan semakin lebat, bahkan menjadi badai, atmosfer di udara akan melepaskan ion yang bisa mengganggu penerimaan sinyal. Tentunya cuaca yang buruk dan hujan yang deras akan menghalangi jalannya berbagai macam gelombang radio yang dipancarkan.


Demikianlah alasan internet lemot saat hujan tiba. Nah setelah membaca artikel ini, kira-kira nih informasi yang kami sampaikan sangat bermanfaatkah? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Teknodaim yah.

Related Posts