Selain KPAI Kemarin, Ini 5 Situs Tanah Air yang Pernah Jadi Sasaran Hacker Lainnya

in ,
Website yang pernah diretas by teknodaim

Hacking atau peretasan adalah aksi yang dilakukan seorang ahli atau mengerti hal-hal tak lazim seperti Coding dan semacamnya. Website yang pernah diretas biasanya menjadi tempat mereka untuk menyuarakan gagasan atau penyampaian protes.

5 Website yang Pernah di Hack (Indonesia)

Dunia digital internet menjadi alternatif beberapa orang untuk menyampaikan aspirasi mereka, yang mungkin tidak bisa disampaikan dengan cara langsung seperti Demo dan sebagainya. Bahkan mereka melakukan itu untuk mewakili banyak orang.

Aksi peretasan yang dilakukan di situs-situs tanah air juga kebanyakan bukan menyerang atau mencuri Database, karena hanya berdasarkan gerakan hati mewakili sesuatu. Termasuk yang terjadi pada situs KPAI beberapa hari lalu.

Tidak masuk ke konteks lebih dalam apalagi politik, aksi tersebut disebut sebagai bentuk unjuk gigi saja. Seperti yang dituturkan Alfons berikut:

Kebanyakan cuma show off saja bisa meretas. Baru sedikit yang menggunakannya untuk menyuarakan protes atau memberikan pesan-pesan politik.

Sebelum situs KPAI, beberapa situs dari perusahaan ternama dan badan negara yang pernah merasakan di Hack lainnya ada:


1. Situs Kemendagri

Website yang pernah diretas by teknodaim
Website yang Pernah di Hack: Kemendagri

Website yang pernah di Hack sebelumnya adalah situs dari Kemendagri atau Kementerian Dalam Negeri. Index Domain atau halaman utama situs tersebut diubah menjadi laman yang menampilkan aspirasi pelaku kalau KPK sedang dikebiri.


2. Situs Telkomsel

Website yang pernah diretas by teknodaim
Website yang Pernah di Hack: Telkomsel

Salah satu Jackpot yang cukup mengesankan dan membuat kita pengguna internet terkejut, adalah aksi peretasan yang terjadi pada situs Telkomsel. Dimana pada saat itu Deskripsi Index Google dan halaman utamanya berhasil dibobol oleh Hacker.

Dalam aksinya, pelaku menyampaikan kekecewaannya dan protes dengan menyelipkan Jokes sindiran terhadap Telkomsel. Pelaku menunjukan bentuk kemarahan terhadap mahalnya tarif internet Telkomsel. Pelakunya tidak diketahui sampai sekarang.


3. Situs PN Negara

Website yang Pernah di Hack: PN Negara

Dua tahun lalu tepatnya pada 2017, publik diberi kejutan dengan adanya aksi peretasan yang terjadi pada situs resmi Pengadilan Negeri Negara, Kabupaten Jembrana, Bali. Situs tersebut juga mendapatkan aksi Deface penyampaian aspirasi.

Pelaku menyampaikan pesan berupa foto Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang dipajang pada halaman utama, dengan pesan berbahasa Inggris terkait kasus penahanan yang diterimanya selama 2 tahun akibat dituduh telah menodai Agama.


4. Situs Tempo.co

Website yang Pernah di Hack: Tempo.co

Dari situs layanan dan milik negara, beralih ke situs Media Digital. Situs Tempo.co pernah menjadi situs yang di Deface terkait isu politik di tahun 2017 lalu. Pelaku menyampaikan permintaan untuk Bebaskan Ahok dari hukuman yang seharusnya tidak ia terima.


5. Situs SBMPTN

Website yang Pernah di Hack: SBMPTN

Di daftar terakhir ada Situs SBMPTN, dan lagi-lagi terkait isu politik yang sama. Situs SBMPTN dijadikan pelaku Deface untuk menyampaikan protesnya terhadap vonis 2 tahun yang dijatuhkan kepada Ahok. Itulah beberapa website yang pernah diretas.


Menurut penulis pribadi, sebenarnya aksi tersebut tidak salah untuk dilakukan. Karena bila bukan kita yang mengkritik apa yang ada di publik, lalu siapa lagi? Sekian sedikit pembahasan tentang Hacker dan aksi Deface di tanah air, semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan •
Duh, Ada Celah di Bluetooth yang Bisa Disusupi Hacker?